Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Harga Burung Sriti Semua Jenis 2023: Anakan & Dewasa

Harga Burung Sriti
Advertisements

Harga Burung Sriti – Seperti diketahui, burung Sriti termasuk ke dalam jenis burung layang-layang yang mempunyai cukup banyak keistimewaan. Meskipun tidak sepopuler burung Walet, namun sarang burung Sriti juga memiliki nilai ekonomis di pasaran Indonesia, walaupun tidak semahal sarang Walet.

Jika dibandingkan dengan Walet, burung Sriti lebih mudah dikembangbiakkan dan perawatannya juga jauh lebih mudah. Dimana burung Sriti membuat sarang tidak murni menggunakan air liur, namun terdapat tambahan berupa rumput, daun cemara atau bahan lainnya.

Advertisements

Selama ini, burung Sriti hanya dimanfaatkan untuk meningkatkan populasi burung Walet dengan cara mengganti telur Sriti dengan telur Walet agar dierami lalu di tetaskan oleh induk Sriti. Namun, kini burung Sriti mempunyai komoditas tersendiri karena sarangnya mempunyai nilai jual.

Maka dari itu, apabila diantara kalian berencana ingin memelihara ataupun membudidayakan burung Sriti, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu besaran harganya. Untuk membantunya, kali ini kami akan menjelaskan mengenai daftar harga burung Sriti untuk semua jenis di pasaran Indonesia.

Jenis Burung Sriti

Sebelum pembahasan poin utama mengenai daftar harga burung Sriti lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu beberapa jenis-jenisnya. Di pasaran Indonesia sendiri, kini terdapat dua jenis burung Sriti dengan karakteristiknya masing-masing, diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

1. Sriti Kembang Kalung

Jenis burung Sriti pertama yaitu ada Sriti Kembang Kalung (Hirundo Rustica). Burung jenis ini mempunyai ciri-ciri tubuh sebagian besar berwarna hitam kebiruan dengan panjang tubuh dari paruh hingga ekor sekitar 17 cm. Leher burung jenis ini mempunyai kalung hitam dan dada berwarna putih. Adapun habitat asli burung Sriti Kembang Kalung yaitu berada di lereng, bebatuan, gua dan di bawah jembatan.

Advertisements

2. Sriti Kembang Tidak Berkalung

Kemudian jenis burung Sriti selanjutnya mempunyai postur tubuh lebih kecil, yaitu sekitar 13 cm bernama Sriti Kembang Tidak Berkalung. Burung Sriti jenis ini mempunyai dada berwarna coklat muda dan ekor tidak bercagak. Burung Sriti Kembang Tidak Berkalung biasanya bersarang di atap-atap rumah penduduk, gua alam hingga di bawah jembatan.

Harga Burung Sriti

Daftar Harga Burung Sriti

Setelah memahami beberapa jenis burung Sriti, maka selanjutnya tinggal masuk ke pembahasan utama mengenai harga jualnya di pasaran Indonesia. Perlu diketahui, sebenarnya untuk membeli burung jenis layang-layang ini terbilang cukup sulit.

Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya hingga kini pembudidaya burung Sriti masih tergolong sedikit. Oleh sebab itu, kebanyakan orang biasanya tidak menjual burungnya, namun menjual sarang hasil budidaya burung Sriti itu sendiri.

Meskipun demikian, bukan berarti di pasaran Indonesia tidak ada yang menjual burung Sriti sama sekali. Untuk saat ini, kalian bisa mendapatkan burung Sriti yang sudah dewasa dan siap dibudidayakan berada di kisaran Rp 50.000 sampai ratusan ribu rupiah.

Mungkin banyak orang lebih menyarankan bahwa kalian bisa mendapatkan burung Sriti secara gratis dengan cara menangkapnya sendiri. Seperti sudah disinggung sebelumnya, habitat asli burung Sriti sendiri kini sudah dapat ditemukan dengan mudah di area bebatuan, atap-atap rumah hingga bawah jembatan.

Harga Sarang Burung Sriti

Terlepas dari banyaknya mitos burung Sriti yang beredar di tengah-tengah masyarakat Indonesia, kini sudah banyak orang yang mulai membudidayakan sarang burung Sriti. Bahkan di atas juga sudah dijelaskan bahwa sarang burung Sriti sendiri mempunyai nilai jual ekonomis di pasaran Indonesia.

Meskipun memang harga sarang burung Sriti sendiri tidak semahal seperti sarang burung Walet pada umumnya. Nah, sebagai bahan gambaran, di bawah ini akan kami jelaskan secara lengkap mengenai daftar harga sarang burung Sriti di pasaran Indonesia.

Jenis Sarang Burung SritiHarga
Sarang Sriti CampuranRp 110.000
Sarang Sriti IjukRp 115.000
Sarang Sriti LumutRp 215.000
Sarang Sriti PinusRp 325.000
Sarang Sriti Rumput LautRp 350.000
Advertisements

Catatan : Besaran harga sarang burung Sriti di atas bisa saja berbeda di sejumlah wilayah karena terpengaruh oleh beberapa faktor.

Cara Merawat Burung Sriti

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai besaran harga burung Sriti di pasaran Indonesia untuk semua jenis disertai kisaran harga sarangnya. Supaya proses budidaya burung Sriti berjalan lancar dan berhasil, tentunya dibutuhkan adanya perawatan yang baik dan benar oleh pemiliknya.

Biasanya setelah telur menetas, burung Sriti belum mampu makan sendiri sehingga perlu disuapi (loloh) dengan kroto sebanyak 3 kali sehari. Selain itu, burung Sriti baru menetas membutuhkan udara hangat selama 2 sampai 3 hari di mesin tetas.

Namun, suhu di mesin tetas itu sendiri dapat diturunkan dengan cara membuka lubang udara. Kemudian cara selanjutnya yaitu pindahkan anak burung Sriti ke kotak khusus yang diberi penghangat di samping ataupun di tengahnya setelah berusia 10 hari.

Setelah anakan burung Sriti memasuki usia 43 hari, sebaiknya pindahkan burung ke gedung atau kandang produksi pada malam hari. Tempatkan dalam sangkar produksi dengan ketinggian minimal 2 meter supaya anakan burung Sriti bisa belajar terbang mengikuti cara terbang burung dewasa.

Kesimpulan

Demikian sekiranya penjelasan dari Birdsny.com seputar daftar harga burung Sriti semua jenis di pasaran Indonesia dilengkapi dengan tata cara perawatannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin membeli dan membudidayakan burung Sriti di rumah.

Sumber gambar : rimbakita.com

Advertisements
Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *