Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Cara Membuat Jebakan Burung dari Botol

Cara Membuat Jebakan Burung dari Botol

Cara Membuat Jebakan Burung dari Botol – Seiring berkembangnya jaman, kekreativan dalam berinovasi juga semakin banyak. Salah satunya adalah jebakan burung berbahan dasar dari botol bekas.

Pemanfaatan barang bekas sendiri dapat menjadikan berkurannya limbah plastik. Selain itu, bisa menjadi bahan permainan sekaligus menguji keterampilan dalam memperdaya barang tidak terpakai.

Penggunaan botol plastik berukuran kecil yaitu dijadikan sebagai perangkap spesies berukuran kecil. Jenis diantaranya yaitu seperti emprit, gereja, pipit, walet dan lain sebagainya.

Namun, sebelum digunakan botol harus melewati tahap modifikasi terlebih dahulu. Yaitu seperti dengan memotong, melubani, mengikat, dan juga menyatukan beberapa bagian tersebut.

Bahan dan Alat Yang Diperlukan

Bahan dan Alat yang Dibutuhkan

Sebelum melakukan modifikasi atau pembuatan perangkap dari botol bekas, persiapkan bahan serta peralatan yang dibutuhkan. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak beberapa diantaranya seperti berikut ini.

1. Botol Plastik Bekas

Botol Plastik Bekas

Bahan membuat jebakan pertama adalah botol bekas. Usahakan botol plastik tersebut berwarna bening, agar lebih mudah melihat mangsa nantinya.

2. Gantungan Baju

Gantungan Baju

Selanjutnya adalah dengan menyiapkan gantungan baju bekas serta tidak terpakai, pastikan gantungan baju berbahan dasar dari besi. Sebab pembuatannya jauh bebeda dengan JEBAKAN BURUNG DARI TALI atau benang nilon.

3. Solder

Solder

Siapkan sebuah solder untuk nantinya digunakan agar bisa menyatukan bahan berupa besi. Bertujuan agar lebih kuat saat nantinya mendapat guncangan dari perlawanan.

4. Baut

Buat

Baut juga diperlukan saat pembuatan jebakan satu ini, berjumlah dua buah. Nantinya digunakan untuk menyatukan kawat dengan bagian sisi samping botol bekas.

5. Gergaji

Siapkan Gergaji untuk Mempermudah Cara Membuat Jebakan Burung dari Botol

Kemudian, siapkan pula gergaji untuk memotong botol bekas nantinya. Gunakan gergaji yang memiliki ukuran kecil, supaya mempermudah dalam pemotongan.

6. Kawat Pengikat

Cara Membuat Jebakan Burung dari Botol dengan menyiapkan Kawat Pengikat

Siapkan pula kawat besi lentur untuk digunakan sebagai alat untuk menyatukan bahan satu dengan lainnya.

7. Pakan

Pakan

Persiapkan pula pakan kesukaanya, biasanya berupa biji-bijian sejenis milet. Sebagai alat untuk menarik perhatian mangsa saat disekitar botol penjebakan.

Itulah sejumlah bahan serta peralatan yang dibutuhkan saat membuat jebakan dari botol. Pastikan pula semuanya sudah tersedia, sehingga pada saat pembuatan dapat berjalan dengan maksimal.

Cara Membuat Jebakan Burung dari Botol

Cara Membuat Jebakan Burung Menggunakan Botol

Setelah berhasil mengumpulkan sejumlah bahan serta peralatan yang dibutuhkan, selanjutnya adalah langkah pembuatannya. Tahapan pembuatan jebakan dari botol bekas diantaranya yaitu seperti :

1. Potong Gantungan Baju

Gantungan Baju 1

Langkah membuat jebakan dari botol yang pertama adalah dengan memotong gantungan baju tersebut sesuai dengan pola botol. Kemudian, lakukan pemotongan kawat dibentuk menyerupai engsel pintu.

2. Buat Dua Lubang Pada Botol

Buat Dua Lubang pada Botol

Tahapan membuat jebakan dengan melubangi bagian botol dari kedua sisinya untuk menempatkan kawat tersebut. Penempatan kawat sebelumnya dibentuk mirip dengan engsel, dijadikan alat penyangga antara pintu penjebakan dari badan botol.

3. Potong Bagian Bawah Botol

Potong Bagian Bawah Botol

Kemudian, langkah selanjutnya adalah dengan memotong dari bagian bawah botol, dijadikan pintu masuk.

4. Potong Bagian Tutup Botol

Cara Membuat Jebakan Burung dari Botol Potong Bagian Tutup

Langkah membuat jebakan selanjutnya yaitu memotong bagian atas atau tutup botol dijadikan pengunci perangkap. Selain itu, nantinya juga digunakan untuk menyelipkan sedikit pakan kesukaannya di alam liar.

5. Satukan Semua Bahan

Satukan Semua Bahan

Saat membuat jebakan langkah terakhirnya adalah menyatukan dari semua bahan tersebut hingga benar-benar selesai atau siap digunakan.

Itulah beberapa tahapan atau pembuatan jebakan berbahan dasar dari botol bekas. Lakukan setiap tahapan membuat secara benar, agar bisa mendapatkan hasil maksimal.

Cara Menangkap Burung dari Botol Bekas

Cara Menangkap Burung Menggunakan Botol Bekas

Setelah kalian mengetahui dari bagaimana tips membuat jebakan, silahkan lakukan penjebakan. Apabila belum mengetahui bagaimana tahapan melakukannya, silahkan bisa langsung simak dan ikuti setiap langkah-langkahnya berikut ini.

1. Letakan Perangkap di Tempat yang Sesuai

Pemilihan Tempat yang Sesuai

Penentuan tempat sesuai untuk diletakannya media penjebakan adalah langkah tepat untuk mendapatkan hasil maksimal. Pilih tempat atau area penjebakan yang terdapat banyak burung liar hinggap atau mencari makan.

2. Berikan Pakan di Sekitar Perangkap

Berikan Pakan di Sekitar Perangkap

Kemudian, setelah mengetahui dimana letak media penjebakan terbaik, selanjutnya adalah memberikan pakan. Tujuannya yaitu untuk membuatnya lebih tertarik sehingga mau mendekat dan masuk ke perangkap.

3. Tunggu Hingga ada Burung Terperangkap

Tunggu Hingga Burung Terperangkat

Setelah itu, kalian hanya tinggal menunggu hingga terdapat burung mendekati atau masuk ke dalam botol penjebakan. Pastikan menebar pakan secara merata supaya membuatnya lebih tertarik.

4. Ambil Burung Agar Tidak Tersiksa

Tangkap Burung Gereja

Pada saat sudah berhasil masuk dan terperangkap dalam botol penjebakan, maka segera mengambilnya supaya tidak lama tersiksa. Ukuran botol sempit dapat membuatnya tersiksa.

Di atas ini adalah langkah-langkah saat menjebak menggunakan barang bekas yaitu dari botol plastik. Lakukan setiap tahapan dengan baik supaya bisa mendapatkan hasil melimpah.

Waktu Yang Tepat Menjebak Burung

Menjebak Burung Menggunakan Jebakan Botol Jam Tujuh Pagi

Ternyata dari menjebak saja juga memiliki waktu tersendiri, sebagai pendukung agar bisa lebih maksimal lebih dari biasanya. Silahkan bisa simak penjelasan mengenai waktu paling tepat berikut ini.

Menjebak menggunakan bahan dasar dari botol bekas, lebih baiknya dilakukan dari waktu pukul 7 pagi sampai 10 saja. Dari waktu tersebut biasanya sedang mencari makan serta berterbangan.

Udara serta suasana yang belum terlalu panas adalah salah satu kunci untuk melakukan penjebakan dengan hasil memuaskan. Pastikan tidak menjebak melebihi dari jam tersebut.

Apalagi mulai dari jam 12 siang hingga jam 2, waktu tersebut merupakan saatnya untuk beristirahat serta berteduh. Pastinya tidak akan berhasil, maka dari itu lakukan penjebakan saat di waktu yang tepat.

FAQ

Alasan Membuat Jebakan Burung Menggunakan Botol Plastik?

Mudah didapatkan serta tidak mudah pecah. Kemudian, saat pembuatan menjadi lebih mudah, terutama pada bagian potong-memotong.

Apa Alat Penjebakan Sederhana, Tapi Bisa Mendapatkan Hasil Maksimal?

Penjebakan menggunakan bahan dasar dari pulut dan bilah lentur. Itulah media penangkapan terbaik dan bisa mendapatkan hasil memuaskan.

Sebutkan Apa Tujuan Penjebakan Burung?

Menjebak burung sendiri dapat dijadikan sebagai ladang bisnis. Disisi lain penjebakan tersebut juga berguna sebagai pembasmian hama padi oleh para petani.

Akhir Kata

Demikian informasi dari birdsny.com mengenai cara membuat jebakan burung dari botol sederhana. Mulai dari bahan dan alat pembuatan, langkah pembuatan, tahap penjebakan, hingga waktu paling tepat. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *