Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Cara Pemberian Rudjak Nektar Untuk Burung

Cara Pemberian Rudjak Nektar Untuk Burung

Cara Pemberian Rudjak Nektar Untuk Burung – Tahukan sobat mengenai apa itu nektar? Nektar merupakan cairan manis di dalam bunga, memiliki kegunaan untuk memikat seserangga seperti kupu,lebah dan lain sebagainya.

Selain seserangga, ternyata terdapat salah satu jenis burung pemakan nektar yaitu sepert burung kolibri, sogon, pleci dan lainnya. Apakah diantara sobat semua ada yang memelihara jenis burung-burung tersebut?

Jika diantara sobat memelihara jenis burung tersebut, pastinya akan merasa kesulitan untuk pemberian makananya. Namun, sobat tidak perlu khawatir, sekarang sudah tersedia untuk pakan sejenis nektar di kios pakan burung terdekat.

Biasanya pakan tersebut memiliki beberapa merk terkenal diantaranya yaitu rudjak nektar. Jenis pakan tersebut memiliki kandungan protein tinggi, serta berbagai manfaat penting lainnya untuk burung kicauan.

Cara Pemberian Rudjak Nektar Untuk Burung

Cara Pemberian Rudjkak Nektar Untuk Burung Kolibri

Silahkan kalian bisa mendapatkannya di kios burung terdekat, biasanya dijual dengan harga berkisar antara Rp 35.000 hingga Rp 50.000. Rudjak nektar dikemas pada botol plastik berkapasitas tersedia 130ml dan 250ml.

Jika sudah mendapatkannya, maka langsung saja lakukan pemberian rudjak nektar untuk burung kicauan supaya lebih sehat dan gacor. Untuk lebih jelas mengenai cara pemberiannya yaitu dengan menggunakan 3 metode, silahkan simak pembahasan selengkapnya pada ulasan berikut ini.

1. Pemberian Untuk Harian

Pemberian Untuk Harian

Pemberian untuk jenis burung berukuran kecil yaitu lebih baiknya sekitar satu sendok makan perhari. Sedangkan untuk jenis burung berukuran besar, berikan tiga sendok makan saja, maksimal pemberian dilakukan selama dua kali dalam satu minggu.

Jumlah pemberian juga harus diatur sesuai porsinya, jika tidak ingin burung kalian mengalami kerusakan. Lebih baik untuk settingan harian kalian bisa terapkan cara pemberian diatas, untuk mencegah terjadinya kerusakan akibat pemberian berlebihan.

2. Pemberian Untuk Setting Lomba

Pemberian Untuk Setingan Lomba

Pada saat burung kicau kalian akan mengikuti perlombaan, pastinya lebih membutuhkan dongkrakan stamina serta birahi untuk membuatnya menjadi gacor. Pastinya dapat memenangkan perlombaan dan akan membanggakan kalian pastinya sebagai pemilik.

Pemberian untuk segala jenis burung lomba berukuran kecil yaitu sekitar tiga sendok makan perhari. Sedangkan untuk jenis burung berukuran besar, berikan lima sendok makan saja, maksimal pemberian selama dua kali dalam seminggu.

3. Pemberian Untuk Ternak

Pemberian saat Ternak

Pemberian dalam rencana beternak yaitu untuk segala jenis burung berukuran kecil yaitu sekitar dua sendok makan perhari. Sedangkan untuk jenis burung berukuran besar, berikan tiga atau empat sendok makan saja, maksimal dua kali dalam seminggu.

Dengan pemberian rudjak nektar demikian, maka dapat memudahkan kalian dalam melakukan proses untuk beternak jenis burung kecil atau pun besar. Untuk cara pemberian tersebut telah diatur sesuai dengan takaran kebutuhan stamina serta birahi yang cukup.

Itulah beberapa informasi untuk cara pemberian dilakukan sesuai dengan kebutuhan. Untuk meminimalisir terjadinya kerusakan pada burung, sebab kandungan protein didalam rudjak nektar cukup tinggi.

Kemudian, untuk lebih lengkapnya kalian bisa simak pembahasan mengenai komposisi dari rudjak nektar. Langsung saja kalian untuk simak baik-baik pada ulasan berikut ini.

Komposisi Rudjak Nektar

Komposisi Rudjak Nektar

Setelah sobat mengetahui mengenai cara pemberian rudjak nektar, supaya lebih lengkapnya kalian juga perlu mengetahui komposisinya. Nah, untuk bahan-bahan terkandung dalam rudjak nektar diantaranya adalah seperti berikut ini.

  • Protein.
  • Asam amino.
  • Fruktosa.
  • Glukosa.
  • Sukrosa.
  • Minyak ikan.
  • Omega 3.
  • Vitamin.
  • Ekstrak daun saga, suji, dan pandan.

Itulah beberapa kandungan di dalam pakan rudjak nektar. Beberapa manfaatnya akan didapatkan burung kicauan, tanpa harus mengkonsumsi kroto burung tetap sehat dan berisi.

Manfaat Rudjak Nektar

Rudjak nektar sendiri memiliki manfaat atau kegunaan tersendiri bagi jenis burung yang mengkonsumsinya, MANFAAT RUDJAK NEKTAR diantaranya yaitu seperti :

  1. Pakan sehat kaya akan kandungan protein.
  2. Mengobati burung nyilet atau kurus.
  3. Mengatasi botak dan kerusakan bulu.
  4. Mengatasi gejala macet bunyi.
  5. Mencegah burung cacingan.
  6. Memenuhi kebutuhan nutrisi burung.
  7. Membuat burung lebih rajin berkicau.
  8. Meningkatkan kecerdasan burung kicau.
  9. Mengatasi burung lesu.
  10. Menambah stamina burung.
  11. Menjadikan burung tampil lebih prima.

Beberapa manfaat tersebut dapat sobat rasakan setelah melakukan pemberian rudjak nektar pada burung kicauan. Lakukan pemberian sesuai aturan dan juga sesuai dengan porsinya masing-masing, supaya kalian bisa mendapatkan hasil maksimal.

Cocok Untuk Jenis Burung

Kemudian, setelah mengetahui komposisi serta manfaat rudjak nektar untuk jenis burung kicauan, maka sobat juga perlu mengetahui untuk jenis burung apa saja rudjak nektar dapat diberikan. Rudjak nektar dapat diberikan pada jenis Sunbird, Kolibri, Pleci, Cucak Ijo, dan segala jenis pemakan buah.

Pemberian rudjak nektar sendiri memiliki manfaat diatas, hanya akan didapatkan ketika kalian melakukan pemberian dengan cara sesuai aturan serta batasan tertentu. Apabila pemberian dilakukan secara berlebihan, maka bisa saja merugikan burung kicauan sobat.

Cara Penyimpanan

Untuk cara penyimpanan rudjak nektar sendiri yaitu seperti ditaruh pada kulkas. Sebab, jika tidak didinginkan bisa saja membuat cairan atau pakan rudjak nektar menjadi tidak awet.

Selain itu, jangan letakan rudjak nektar di bawah terik matahari secara langsung. Karena, hal tersebut bisa saja akan membuat cairan rudjak nektar lebih mudah untuk basi.

Kesimpulan

Jadi, rudjak nektar sendiri merupakan salah satu jenis pakan sekaligus mulitivitamin, tersedia di berbagai kios burung serta situs jual beli online terpercaya. Untuk pemberian dilakukan dengan baik dan benar, akan memberikan efek positif untuk burung kicau sobat.

Itulah informasi dari birdsny.com mengenai cara pemberian rudjak nektar untuk burung kicauan, sesuai porsi dan aturan. Lengkap dengan sejumlah komposisi terkandung didalamnya, serta segala manfaatnya. Terimaksih dan semoga bermanfaat.

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Lovebird Cepat Bertelur

Hidayat
3 min read

Cara Ternak Burung Puyuh

Hidayat
2 min read

Cara Meloloh Lovebird

Hidayat
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *