Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

2 Cara Membuat Penetas Telur Tanpa Listrik, Biaya Murah!

Cara Membuat Penetas Telur Tanpa Listrik
Advertisements

Cara Membuat Penetas Telur Tanpa Listrik – Memelihara ayam memang kini seperti menjadi sebuah hobi bagi sebagian besar masyarakat di Indonesia. Bahkan mereka juga seringkali memanfaatkan ayam peliharaan untuk dijadikan sebagai peluang usaha atau bisnis yang cukup menguntungkan, entah itu ayam pedaging maupun petelur.

Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya tingkat permintaan ayam pedaging maupun petelur di Indonesia sendiri masih sangat tinggi. Oleh sebab itu, tak heran jika saat ini banyak orang memelihara ayam dengan tujuan untuk dijadikan sebagai hewan ternak yang mampu memberikan keuntungan cukup besar.

Advertisements

Namun sayangnya, masih ada beberapa orang khususnya para pemula yang mengalami kendala terkait biaya saat hendak memulai bisnis tersebut, salah satunya tentang penetasan telur ayam. Untungnya, kini sudah tersedia beberapa teknik ataupun tips yang bisa dilakukan untuk menetaskan telur tanpa listrik sehingga bisa lebih menghemat budget.

Secara garis besarnya, proses penetasan telur tanpa listrik dapat dilakukan dengan mudah asalkan mengetahui tahapan-tahapannya. Maka dari itu, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai tata cara membuat penetas telur tanpa listrik biaya murah menggunakan bahan sederhana.

Syarat Menetaskan Telur Tanpa Listrik

Apabila kalian termasuk sebagai pemula di dalam dunia peternakan ayam, ada baiknya ketahui terlebih dahulu bahwa terdapat beberapa syarat penting yang harus diperhatikan ketika hendak menetaskan telur. Artinya, ada sejumlah kriteria khusus yang dibutuhkan oleh telur ayam supaya bisa menetas dengan sempurna.

Maka dari itu, sebelum pembahasan poin utama mengenai cara membuat penetas telur tanpa listrik biaya murah lebih lanjut, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu beberapa syaratnya. Adapun sejumlah syarat agar telur dapat menetas secara sempurna tersebut diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

Advertisements
  • Bobot telur minimal 50 sampai 65 gram.
  • Tingkat keutuhan kulit telur.
  • Warna kulit telur sebelum atau setelah menetas.
  • Kebersihan telur dari kotoran yang menempel.
  • Kualitas cangkang telur.
  • Bentuk telur oval dengan perbandingan kurang lebih sekitar 2:3.

Cara Membuat Penetas Telur Tanpa Listrik

Tata Cara Membuat Penetas Telur Tanpa Listrik
Advertisements

Setelah mengetahui beberapa syarat supaya telur bisa menetas secara sempurna, maka selanjutnya kalian juga harus mengetahui bagaimana cara membuat mesin penetas telur tanpa menggunakan bantuan tenaga listrik. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, salah satu tujuan dibuatnya penetas telur tanpa listrik yaitu supaya bisa menghemat anggaran biaya.

Akan tetapi, perlu diingat bahwa tingkat keberhasilan penetasan telur tanpa listrik tersebut juga dipengaruhi oleh beberapa faktor. Secara garis besarnya, pembuatan penetas telur tanpa listrik ini nantinya akan menggunakan barang-barang bekas sederhana yang bisa ditemukan dengan mudah di lingkungan sekitar.

Pada umumnya, telur ayam akan mulai menetas pada saat mereka memasuki usia ke 21 hari. Namun, terdapat juga beberapa kasus penetasan telur ayam lebih cepat dari hari tersebut. Daripada penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik tata cara membuat penetas telur tanpa listrik hemat biaya di bawah ini.

1. Persiapkan Alat dan Bahan

Langkah pertama pada saat ingin membuat penetas telur tanpa listrik yaitu mempersiapkan semua kebutuhan alat dan bahan. Seperti sudah kami singgung sebelumnya, alat dan bahan pembuatan penetas telur tanpa listrik bisa didapatkan secara mudah di lingkungan sekitar, diantaranya yaitu seperti berikut ini.

  • Box atau kotak styrofoam.
  • 4 lembar kain tebal.
  • Beras.

2. Masukkan Kain ke Dalam Kotak

Setelah semua alat dan bahan sudah dipersiapkan, maka cara selanjutnya yaitu masukkan 2 lembar kain ke dalam kotak styrofoam. Sebelum memasukkannya, pastikan bahwa kain tersebut tidak terdapat kotoran ataupun debu yang menempel.

3. Masukkan Telur ke Dalam Kotak

Cara membuat mesin penetas telur berikutnya yaitu memasukkan telur ke dalam kotak styrofoam secara perlahan. Seperti halnya saat menetaskan telur ayam dengan beras, kalian juga bisa menambahkan bahan tersebut ke dalam kotak styrofoam. Tujuan pemberian beras secukupnya ke dalam kotak styrofoam yaitu untuk membuat telur nantinya bisa tetap hangat.

4. Tutup Telur dengan Kain

Setelah semua telur dimasukkan ke dalam kotak styrofoam, maka cara berikutnya yaitu tinggal menutupnya menggunakan kain tebal. Silahkan tutup telur menggunakan 2 atau 3 lembar kain tebal di atasnya. Pastikan kembali bahwa kain tersebut sudah terbebas dari kotoran yang menempel.

5. Tutup Rapat Kotak

Kemudian langkah terakhir yaitu tinggal menutup kotak atau box styrofoam secara rapat. Pastikan tidak ada celah atau lubang yang terbuka supaya suhu di dalam kotak styrofoam tetap terjaga. Pada tahap ini, kalian hanya perlu menunggu kurang lebih sekitar 21 hari sampai telur menetas.

Penyebab Telur Gagal Menetas

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai beberapa cara membuat penetas telur tanpa listrik dengan biaya murah menggunakan bahan-bahan sederhana di lingkungan sekitar. Meskipun terbilang mudah dilakukan, namun tetap saja masih ada beberapa orang di luar sana mengeluhkan bahwa mereka gagal melakukannya.

Adapun kegagalan penetasan telur tersebut sebenarnya dapat disebabkan oleh berbagai macam hal, entah itu karena faktor internal maupun eksternal. Sebagai bahan pertimbangan, di bawah ini akan kami jelaskan secara lengkap sejumlah penyebab telur ayam gagal menetas.

  • Penyimpanan telur terlalu lama.
  • Suhu pengeraman telur kurang tepat.
  • Pejantan ataupun betina kurang subur.
  • Proses penetasan telur terlalu cepat atau terlalu lama.
  • Bentuk telur sebelum menetas tidak normal.
  • Faktor kualitas pakan kurang sesuai.
  • Proses pemantauan penetasan telur tidak benar.
  • Kekurangan gizi dan nutrisi.

Kesimpulan

Itulah sekiranya penjelasan dari Birdsny.com seputar tata cara membuat penetas telur tanpa listrik hemat biaya menggunakan bahan-bahan sederhana di lingkungan sekitar. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin membuat mesin penetas telur sederhana dan hemat biaya.

Sumber gambar : youtube.com

Advertisements
Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.