Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Cara Membuat Jebakan Burung dari Tali

Cara Membuat Jebakan Burung dari Tali

Cara Membuat Jebakan Burung dari Tali – Pernahkah sobat kicau berfikir untuk mencoba memikat burung dari alam bebas? Pastinya akan membutuhkan peralatan khusus untuk memikat.

Saat membuat jebakan untuk menangkap burung tak sesulit dibayangkan. Sobat bisa membuatnya sendiri menggunakan peralatan atau pun bahan mudah ditemukan di sekitar rumah.

Seperti halnya memakai getah, kandang jebak, jaring, bahkan hingga jebakan tali. Keuntungan penggunaan peralatan pikat tersebut diantaranya yaitu bertujuan agar lebih mudah dalam membuat.

Selain itu, alat jebak yang paling banyak digunakan yaitu terbuat dari tali. Proses saat membuatnya juga cukup sederhana, sehingga bisa dibuat dengan cepat, bahkan bagi pemula sekalipun.

Cara Membuat Jebakan Burung dari Tali Sederhana

Cara Membuat Jebakan Burung dari Tali Sederhana

Dengan membuat sendiri, bisa dijadikan alat sesuai untuk mendapatkan nya, selain harus membeli dan menangkarkan. Agar mendapatkan hasil maksimal, pastikan sobat mempraktekan sesuai tahapan membuat jebakan.

Karena, jika tips membuat jebakan sendiri salah selangkah, maka akan terjadi kegagalan dari prosesi pemikatan di alam bebas. Untuk lebih jelasnya silahkan simak dari setiap tahapan berikut ini.

Siapkan Bahan dan Peralatan

Siapka Bahan dan Peralatan untuk Membuat Jebakan dari Tali

Sebelum memulai tahapan cara membuat dari bahan tali, siapkan terlebih dahulu peralatan beserta bahan yang akan digunakan, diantaranya yaitu seperti :

  1. Kayu kecil
  2. Tali
  3. Gunting
  4. Batu kecil
  5. Pisau

Itulah dari sejumlah peralatan yang dibutuhkan untuk cara membuat alat penjebakan. Kemudian, mari lanjutkan melihat bagaimana langkah-langkah membuatnya seperti berikut ini.

Cara Membuat Jebakan Tali

Cara Membuat Jebakan dari Tali

Cara membuat jebakan dari tali memang tak kalah mudah dan menarik dengan jenis alat pikat lainnya. Jika kalian belum mengetahui bagaimana tips pembuatannya, maka untuk lebih jelasnya silahkan bisa simak tahapan-tahapannya seperti :

1. Tancapkan Kayu ke Tanah

Tancapkan Kayu ke Tanah Langkah Jebakan dari Tali

Langkah pertama membuat jebakan dari tali adalah dengan menajamkan kedua ujung kayu agar runcing. Lalu, tancapkan ketanah setelah terlebih dahulu membuat lubang di bagian atas.

Lubang tersebut memiliki kegunaan atau fungsi tersendiri, yaitu digunakan untuk lubang masuk talinya. Dari seutas tali ini berguna untuk dijadikan alat terpenting.

2. Potong Tongkat Kayu

Potong Kayu

Selanjutnya potong tongkat kayu sepanjang 6 inchi. Sebelumnya sudah ditancapkan terlebih dahulu ke tanah untuk membuat pengganjal dari tali. Sedangkan tali tersebut berguna sebagai pijakan .

3. Ikat Batu Kecil

Ikat Batu Kecil

Bagian tersebut juga memiliki peran penting sebagai pijakan. Lalu, silahkan ikatkan batu kecil pada bagian ujung tali untuk dijadikan sebagai beban untuk mengikat nantinya.

Sedangkan ujung tali lainnya untuk dijadikan simpul, bisa diletakan pada bagian tangkringan. Tangkringan tersebut memiliki fungsi untuk menahan agar batu tidak jatuh dari alat penjebakan.

4. Rapihkan Tali pada Tangkringan

Rapihkan Tali pada Tangkringan

Agar bisa berfungsi normal, sobat bisa memasukan sedikit dari bagian kayu tangkringan ke lubang. Nantinya saat ada mangsa mendekati dan menginjak tepi jebakan, maka akan secara otomatis menarik simpul jerat.

Tali akan mengangkat kedua kakinya, sehingga tidak bisa kabur karena sudah terjerat. Jika sudah, maka sobat bisa langsung mengambil dari alat penjebakan tersebut, jika terlalu lama maka akan menyakiti atau menyiksanya.

Sobat hanya memanfaatkan tali bersimpul dan diikatkan dari tiang kayu. Itulah tahapan dalam membuat jebakan dari tali. Lakukan setiap tahapan dengan benar, supaya bisa penangkapan bisa berjalan dengan maksimal.

Cara Menangkap Burung Menggunakan Jebakan dari Tali

Cara Menangkap Burung Menggunakan Jebakan Tali

Setelah berhasil membuat jebakan dari tali, lebih baiknya simak bagaimana langkah penjebakannya. Sehingga bisa mendapatkan hasil tangkapan dari alat penjebakan ini dengan jumlah cukup banyak.

1. Siapkan Alat Penjebakan

Siapkan Alat Penjebakan

Alat penjebakan dari tali lebih baik dipersiapkan terlebih dahulu, sebelum memulainya. Pastikan alat penjebakan tidak mengalami trouble, agar membuat proses penjebakan bisa berjalan dengan baik.

2. Pilih Tempat yang Sesuai

Pilih Tempat yang Sesuai 1

Kemudian, pilihlah tempat sesuai untuk melakukan penjebakan. Seperti dengan memperhatikan dari ukuran tempat, situasi, hingga banyak atau tidaknya mangsa.

Pemilihan tempat sesuai bisa memungkinkan kalian bisa menjebak dengan sesuai waktu. Namun, dari segala perlengkapan tentunya harus dipersiapkan secara matang terlebih dahulu.

3. Pasang Alat Jebak

Pasang Alat Jebak

Langkah penjebakan selanjutnya adalah dengan memasang peralatan yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Alat jebak tersebut dipasang sesuai prosedur, lalu dipasangkan ditempat sesuai.

4. Tunggu Hingga Dapat

Tunggu Hingga Dapat

Setelah peralatan penjebakan berhasil dipasang, maka selanjutnya kalian hanya tinggal menunggu hasil penjebakan di tempat tersebut. Jika pemasangan dilakukan dengan baik, maka memungkingkan tidak membutuhkan waktu lama untuk mendapatkan hasil pejebakan.

5. Ambil burung Hasil Jebak

Ambil Burung Hasil Jebak

Jika sudah terlihat ada mangsa terperangkap, maka silahkan ambil dan masukan ke wadah yang sudah disiapkan sebelumnya. Setelah mengambil hasil, kalian bisa melakukan pemasangan seperti semula.

Itulah beberapa tahapan penting, bisa kalian ikuti untuk melakukan penjebakan menggunakan tali. Agar bisa mendapatkan hasil sesuai, pastikan kembali kalian melakukan pemasangan peralatan dengan baik dan benar.

Waktu Yang Tepat Menangkap Burung Pakai Jebakan Tali

Waktu yang Tepat Untuk Jebak Burung

Untuk waktunya sendiri yaitu disarankan untuk melakukan penjebakan pada saat dari jam 07.00 hingga 10.00. Sebab, saat tersebut terik matahari belum terlalu panas, serta memiliki situasi tenang nyaman.

Kemudian, sudah mulai mencari makan dan beterbangan. Pada saat tersebut, bukanlah waktu beristirahat atau berteduh baginya. Sebab, jam istirahat bisasanya dari jam 12 siang hingga pukul 2. Maka, jangan lakukan penjebakan pada saat waktu demikian.

Akhir Kata

Demikian informasi dari birdsny.com mengenai cara membuat jebakan burung dari tali. Selain alat penjebakan memakai tali, ada juga jebakan dari BOTOL BEKAS. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *