Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Cara Membuat Rujak Nektar

Cara Membuat Rujak Nektar

Cara Membuat Rujak Nektar – Jenis burung di Indonesia tentunya sangat banyak, serta memiliki menu pakan berbeda-beda. Seperti halnya kolibri yang menjadikan nektar sebagai pakan utamanya di alam bebas.

Pada umumnya jenis ini memang lebih memakan nektar dibandingkan serangga, biasanya berada di bagian bunga. Nektar sendiri berupa cairan manis dan berwarna bening, biasanya malah ada yang sedikit kekuningan.

Nektar sendiri memiliki kandungan kalori cukup melimpah, tapi tidak dengan kandungan nutrisi dan vitaminnya. Selain menjadi pakan burung penghisap nektar, juga merupakan bahan utama madu lebah.

Namun, untuk kalian yang sudah memelihara jenis pemakan nektar, pastinya akan kesulitan mencari nektar. Untuk menggantikan nektar alam, kalian bisa membuatnya sendiri dengan berbagai cara.

Bahan Membuat Rujak Nektar

Bahan Membuat Rujak Nektar

Nah, jika diantara kalian masih ada yang belum mengerti mengenai bagaimana cara membuatnya, maka silahkan langsung saja persiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Bahan pokok membuat rujak nektar diantaranya yaitu seperti :

1. Gula Pasir

Gula Pasir

Bahan membuat rujak nektar pertama adalah gula pasir. Siapkan secukupnya saja sesuai kebutuhan. Caranya dengan menggunakan gula pasir yang sudah dipastikan terbebas dari kotoran.

2. Gula Jawa

Gula Jawa Untuk Membuat Rujak Nektar

Jika ada gula jawa, maka kalian bisa tambahkan sedikit saja, cara ini bertujan untuk memberikan rasa manis. Siapkan gula jawa supaya bisa mempermanis racikan rujak nektar.

3. Air Putih

Air Putih

Bahan membuat rujak nektar berikutnya yaitu air putih satu gelas saja. Kalian bisa menggunakan air putih yang sudah dimasak, atau pun belum dimasak sebelumnya.

4. Kuning Telur Ayam Kampung

Kuning Telur Ayam Untuk Membuat Rujak Nektar

Bahan selanjutnya untuk membuat rujak nektar adalah menggunakan kuning telur. Lebih baiknya menggunakan telur jawa, sebab memiliki kandungan protein tinggi.

5. Susu Bubuk

Susu Bubuk

Untuk mengurangi bau amis dari kuning telur, sobat bisa menambahkan susu bubuk. Siapkan secukupnya saja hanya untuk perasa dan alat supaya mengalihkan bau amis tersebut.

6. Sirup

Sirup

Bahan membuat rujak nektar terakhir adalah dengan menambahkan sedikit sirup, untuk merknya terserah kalian. Sediakan secukupnya saja untuk menambah rasa manis pada rujak nektar buatan.

7. Gingseng

Gingseng

Untuk mendapatkan gingseng pastinya sangat sulit. Namun, kalian bisa mendapatkan yang sudah diolah di pasar rempah-rempah atau pun di kios pakan burung terdekat.

Gingseng sendiri memiliki kandungan penting untuk meningkatkan stamina burung. Serta bisa meningkatkan kualitas kicauannya setelah beberapa hari pemberian.

Itulah beberapa bahan dasar membuat racikan rujak nektar, siapkan terlebih dahulu sebelum membuat. Sehingga, proses pembuatan rujak nektar menjadi lebih mudah.

Cara Membuat Rujak Nektar

Cara Membuat Racikan Rujak Nektar

Setelah mengetahui sejumlah bahan yang diperlukan, selanjutnya adalah masuk ke bagian pembuatannya. Cara membuat nektar buatan yang baik dan bagus bagi burung kicauan adalah :

1. Siapkan Panci untuk Merebus

Siapkan Panci Untuk Merebus

Cara pertama membuat nektar buatan yaitu menyiapkan peralatan seperti panci, kompor gas dan gelas kecil. Beberapa peralatan tersebut nantinya akan digunakan untuk memasak air putih.

2. Masak Air Putih

Masak Air Putih Untuk Rujak Nektar

Setelah peralatan membuat rujak nektar sudah tersedia, maka silahkan kalian bisa memasukan air putih. Selanjutnya yaitu dengan cara nyalakan api dan tunggu hingga air mendidih.

3. Cairkan Gula Pasir dan Jawa

Cairkan Gula Pasir dan Jawa

Jika air membuat sudah mendidih, maka masukan gula pasir dan gula jawa untuk dicairkan. Takaran gula pasir yaitu sebanyak 3 sendok makan, serta 50 gram gula jawa.

4. Aduk Hingga Merata

Aduk Hingga Merata

Supaya gula mencair sempurna, maka caranya harus terus aduk hingga ketiga bahan tersebut tercampur merata. Terus aduk hingga air berubah warna menjadi sedikit kekuningan.

5. Angkat Bahan

Angkat Bahan Rujak Nektar

Setelah itu, silahkan angkat panci untuk didinginkan sembari terus diaduk. Cara ini bertujuan supaya larutan gula tidak menggumpal atau tidaj mencair sempurna.

6. Campurkan Bahan Lainnya

Campurkan Bahan Rujak Nektar Lainnya

Setelah cairan sudah mulai dingin, maka langkah selanjutnya untuk membuat nektar yaitu mencampurkan bahan lainnya. Masukan kuning telur, susu bubuk, dan sirup hingga merata.

7. Aduk Kembali Hingga Merata

Aduk Kembali Hingga Merata

Kemudian, kalian bisa terus mengaduk racikan nektar hingga tercampur merata. Jangan hentikan pengadukan semua bahan, agar mendapatkan cairan nektar sempurna.

8. Masukan Rujak Nektar ke Botol

Masukan Rujak Nektar Ke Botol

Setelah semua tercampur merata, langkah selanjutnya yaitu masukan rujak nektar ke botol supaya bisa lebih mudah saat pemberian pada burung kicau peliharaan.

Supaya nektar tetap awet atau tidak mudah basi, sobat bisa meletakannya di dalam lemari pendingin atau kulkas. Sehingga, racikan bisa bertahan lebih lama.

Itulah beberapa tahapan dalam membuat rujak nektar termudah, bahkan bagi pemula. Nektar buatan memiliki kualitas lebih baik dengan sejumlah kandungan nutrisi baik didalamnya.

Kesimpulan

Nah, jadi pemberian nektar sendiri memiliki tujuan supaya mencegahnya dari penyakit nyilet. Selain itu, jika pemberian dilakukan secara rutin, bisa membuatnya lebih gacor dan sehat.

Rujak nektar sendiri dapat diberikan pada sejumlah jenis burung kicauan. Diantaranya yaitu kolibri, pleci, cucak kombo, nuri, serta srindit. Namun, perlu diingat untuk memberikan secukupnya saja.

Pemberian pakan racikan tersebut dapat membuat kolibri menjadi tetap sehat. Namun, harus tetap diimbangi dengan CARA MERAWAT KOLIBRI BIAR CEPAT GACOR dan tidak nyilet.

Cairan nektar sendiri memiliki batasan waktu penggunaan. Sebab, sangat mudah terkontaminasi oleh jamur dan bakteri, hindarkan cairan dari paparan terik matahari secara langsung.

Agar cairan bisa bertahan lebih lama atau tidak basi, maka bisa menyimpannya di dalam kulkas. Pastinya racikan tersebut bisa bertahan beberapa hari kedepan.

Kemudian, cairan ini memiliki rasa manis, pastinya akan lebih mudah memancing kedatangan semut. Jadi, sebisa mungkin kalian menempatkan nektar ditempat aman terbebas dari kawanan semut.

Untuk cara pemberian pakan racikan sendiri harus dilakukan dengan baik dan benar. Sesuaikan dengan kebutuhan dengan jumlah diberikan untuk burung peliharaan sobat.

Akhir Kata

Demikian informasi dari birdsny.com mengenai cara membuat rujak nektar sederhana dan mudah. Bahkan pemula sekalipun bisa membuatnya dengan alat serta bahan seadanya di rumah. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Lovebird Cepat Bertelur

Hidayat
3 min read

Cara Ternak Burung Puyuh

Hidayat
2 min read

Cara Meloloh Lovebird

Hidayat
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *