Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

4 Cara Membuat Pakan Ayam Supaya Cepat Besar & Gemuk

Cara Membuat Pakan Ayam Supaya Cepat Besar

Cara Membuat Pakan Ayam Supaya Cepat Besar – Bagi para peternak ayam yang menjadikannya sebagai sumber penghasilan sehari-hari, tentunya mereka harus berpikir bagaimana cara mengelola keuangan. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya kebutuhan hidup pastinya menuntut seorang peternak untuk menjaga margin keuntungan dari bisnis penjualannya.

Seperti diketahui, beberapa tahun belakangan ini memang harga pakan ayam ternak semakin melambung tinggi. Maka dari itu, apabila seorang peternak tidak pintar dalam mengaturnya, maka risiko terbesarnya adalah mereka mengalami kebangkrutan.

Berbicara mengenai tingginya harga pakan pabrikan untuk ayam ternak, sebenarnya masih ada beberapa solusi yang bisa dilakukan untuk mengatasinya, salah satunya yaitu dengan meracik atau membuat pakan sendiri. Namun sayangnya, masih ada beberapa orang diluar sana mengeluhkan bahwa mereka kebingungan bagaimana cara meraciknya.

Maka dari itu, apabila kalian berencana membuat racikan pakan ayam agar membantu mempercepat pertumbuhannya, ada baiknya cari tahu bagaimana caranya. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai cara membuat pakan ayam supaya cepat besar, entah itu untuk ayam kampung, pedaging, petelur hingga ayam aduan.

Faktor Penentu Pertumbuhan Ayam

Sebelum membahas poin utama mengenai cara membuat pakan ayam supaya cepat besar lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu beberapa faktor yang memengaruhi masa pertumbuhan salah satu hewan peliharaan tersebut. Seperti diketahui, ayam mengikuti perubahan bentuk dari telur sampai menjadi ayam dewasa dan bertumbuh dengan cara diberi asupan makanan serta minuman.

Akan tetapi, ternyata terdapat beberapa faktor lain yang memengaruhi bagaimana seekor unggas dapat bertumbuh dengan baik. Dimana faktor tersebut diantaranya yaitu berasal dari internal dan eksternal. Faktor internal adalah beberapa hal yang memengaruhi masa pertumbuhan ayam, seperti gen dan hormon.

Sementara faktor eksternal yaitu faktor luar yang mendorong pertumbuhan ayam seperti pada asupan gizi makanan, lingkungan serta faktor penghambat seperti virus ataupun jenis penyakit lainnya. Oleh sebab itu, pemberian makanan pada ayam harus mengandung sejumlah zat nutrisi seperti protein, asam amino lisin hingga energi metabolis.

Cara Membuat Pakan Ayam Supaya Cepat Besar

Setelah mengetahui bahwa makanan dan minuman memengaruhi cepat atau lambatnya pertumbuhan ayam, selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana cara membuatnya. Akan tetapi, pastinya hal tersebut cukup menyulitkan bagi beberapa peternak ayam pemula yang mungkin hanya mempunyai anggaran dana terbatas.

Meskipun demikian, kalian jangan khawatir karena ternyata pembuatan makanan ayam agar cepat besar tidak sesulit seperti yang dibayangkan. Daripada penasaran, langsung saja simak baik-baik tata cara membuat pakan ayam supaya cepat besar di bawah ini, entah itu bagi ayam kampung, pedaging (broiler), petelur hingga jenis ayam aduan.

1. Cara Membuat Pakan Ayam Kampung

Cara Membuat Pakan Ayam Kampung

Cara membuat pakan ayam supaya cepat besar pertama yaitu dikhususkan bagi jenis ayam kampung. Dimana kalian bisa memanfaatkan beberapa bahan-bahan alami di lingkungan sekitar. Agar lebih jelasnya, berikut adalah beberapa bahan dalam pembuatan pakan ayam kampung.

  • Umbi atau daun dan tangkai pohon talas.
  • Dedak bekatul.
  • Beras.
  • Tepung tulang.

Cara Membuat :

  1. Langkah pertama, silahkan cincang umbi talas atau daunnya sampai berukuran sangat kecil, kurang lebih sekitar 1 cm.
  2. Setelah itu, cara selanjutnya campurkan umbi dengan beras, dedak serta tepung menggunakan air secukupnya.
  3. Apabila ingin membuat pakan ayam sebanyak 2 kg, kalian bisa mencampurkan 1 kg umbi talas, 0.5 kg beras, 0.5 kg dedak beserta 1 sendok makan tepung tulang.
  4. Jika semua bahan-bahan telah tercampur, angkat kemudian dinginkan sebelum diberikan kepada ayam kampung.

2. Cara Membuat Pakan Ayam Broiler

Cara Membuat Pakan Ayam Broiler

Mungkin untuk membuat pakan ayam broiler atau pedaging supaya cepat tumbuh besar dan gemuk lebih sulit ketimbang cara sebelumnya. Pasalnya, kalian perlu mempersiapkan beberapa bahan-bahan lebih banyak. Adapun beberapa bahan-bahan dalam pembuatan makanan ayam broiler agar cepat besar tersebut diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

  • 6 kg jagung.
  • 0.2 kg bekatul.
  • 0.2 kg tepung gaplek.
  • 0.3 kg tepung darah.
  • 1.4 kg tepung ikan.
  • 0.7 kg kedelai.
  • 0.5 kg bungkil pepaya.
  • 0.1 kg bungkil biji kapuk.
  • 0.2 kg daun pepaya.
  • 0.4 tepung bulu unggas.
  • 0.05 kg premix.

Cara Membuat :

  1. Cara pertama, campurkan semua bahan-bahan di atas sampai halus seperti tepung menggunakan mesin supaya lebih cepat.
  2. Apabila semua bahan sudah menjadi tepung dan diaduk sampai rata, silahkan kukus bahan tersebut menggunakan suhu sekitar 800 sampai 900 derajat celcius sampai matang.
  3. Kemudian, dinginkan bahan campuran pakan ayam broiler tersebut lalu cetak menggunakan mesin pencetak pelet.
  4. Cara terakhir, keringkan pelet kemudian berikan kepada ayam pedaging supaya cepat besar.

3. Cara Membuat Pakan Ayam Petelur

Cara Membuat Pakan Ayam Petelur

Kemudian racikan makanan ayam supaya cepat besar juga ternyata dapat diberikan untuk ayam jenis petelur. Bahkan tidak hanya mampu membuat ayam cepat tumbuh besar saja, namun juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya. Di bawah ini adalah bahan dasar pembuatannya.

  • Jagung giling.
  • Kacang tanah.
  • Bekatul.
  • Sorgum.
  • Tepung ikan.
  • Singkong.
  • Dedak padi.
  • Ampas tahu.
  • Ampas kelapa.
  • Ampas kedelai.
  • Limbah pertanian dari rumah tangga.

Cara Membuat :

  1. Pertama-tama, jemur semua bahan di atas selama 1 hingga 2 minggu sampai kering.
  2. Cara berikutnya, campurkan semua bahan lalu aduk hingga merata, sebaiknya gunakan mesin penghalus supaya lebih mudah.
  3. Jika semua bahan sudah tercampur merata, jemur kembali selama 1 sampai 2 hari hingga kering menggunakan panas dari cahaya matahari.
  4. Kemudian masukkan bahan ke dalam wadah.
  5. Supaya lebih bergizi, kalian juga bisa menambahkan suplemen untuk mempercepat pertumbuhan ayam petelur.
  6. Ketika hendak memberikannya, campurkan bahan menggunakan air secukupnya.

4. Cara Membuat Pakan Ayam Aduan

Makanan Aduan

Cara membuat pakan ayam supaya cepat besar terakhir yaitu diperuntukkan bagi jenis ayam aduan seperti bangkok. Pada dasarnya, untuk meracik makanan ayam aduan supaya bisa tumbuh besar lebih cepat dapat dilakukan hanya melalui beberapa langkah saja.

Pasalnya, pada pembahasan sebelumnya juga sudah kami jelaskan beberapa racikan pakan ayam bangkok agar cepat besar, entah itu pada umur anakan, remaja hingga dewasa. Namun, pada intinya supaya ayam peliharaan bisa cepat besar, kalian perlu memenuhi semua kebutuhan nutrisi dan gizinya.

Kesimpulan

Demikian sekiranya penjelasan dari Birdsny.com seputar cara membuat pakan ayam supaya cepat besar menggunakan bahan alami, entah itu untuk ayam kampung, pedaging, petelur ataupun ayam aduan. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin meracik makanan ayam agar mereka bisa tumbuh besar dengan cepat.

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.