Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

10 Cara Memandikan Ayam Biar Nafas Panjang & Tahan Pukul!

Cara Memandikan Ayam Biar Nafas Panjang
Advertisements

Cara Memandikan Ayam Biar Nafas Panjang – Sebagaimana diketahui, ayam aduan atau ayam laga saat ini memang menjadi salah satu hewan peliharaan populer di kalangan masyarakat Indonesia. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya memelihara hewan tersebut mampu memberikan keuntungan besar kepada pemiliknya, terutama saat dijadikan hewan ternak.

Nah, khusus bagi ayam aduan, tentunya pada penggemar seringkali memeliharanya untuk dijadikan sebagai hewan laga di dalam sebuah perlombaan maupun kontes. Akan tetapi, supaya hewan peliharaan mereka menang di dalam sebuah perlombaan, tentunya dibutuhkan adanya perawatan dan pemberian pakan yang benar.

Advertisements

Namun sayangnya, beberapa botoh mengeluhkan bahwa mereka mengalami beberapa kendala terkait ayam peliharaan mereka, salah satunya yaitu nafasnya pendek. Meskipun demikian, jangan khawatir karena masih ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memperpanjang nafas ayam aduan, salah satunya yaitu dari teknik memandikannya.

Maka dari itu, apabila diantara kalian menginginkan nafas ayam aduan kesayangan menjadi lebih panjang, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu bagaimana caranya. Untuk membuatnya, kali ini kami akan menjelaskan mengenai tata cara memandikan ayam biar nafas panjang dilengkapi dengan tips merawat ataupun melatihnya.

Penyebab Nafas Ayam Pendek

Sebelum pembahasan poin utama mengenai tata cara memandikan ayam biar nafas panjang lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu apa saja hal yang menjadi penyebab nafas ayam pendek. Daripada penasaran, di bawah ini akan kami jelaskan secara lengkap mengenai beberapa penyebab nafas ayam aduan menjadi lebih pendek.

  • Pelatihan berlebihan sebelum bertarung atau berlaga.
  • Perawatan yang tidak beraturan.
  • Keturunan dari indukan.

Cara Memandikan Ayam Biar Nafas Panjang

Tata Cara Memandikan Ayam Biar Nafas Panjang
Advertisements

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, memandikan ayam menjadi faktor penting untuk menuju kemenangan. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya memandikan ayam sebelum bertarung nantinya akan sangat membantu pernapasan pada ayam yang akan bertarung.

Advertisements

Nah, untuk melakukan hal tersebut tentunya kalian harus mengetahui tentang bagaimana cara memandikan ayam aduan yang benar agar mampu memperpanjang nafasnya. Agar lebih jelasnya, langsung saja perhatikan baik-baik tata cara memandikan ayam biar nafas panjang berikut ini.

  1. Cara pertama yaitu mandikan ayam terlebih dahulu sebelum diadu dengan mengeluarkan lendir yang berada di tenggorokan ayam sampai benar-benar bersih. Adapun tata cara melakukannya yaitu dengan memasukkan bulu ayam ke dalam tenggorokan sembari diputar.
  2. Ketika ayam diberi minum, usahakan jangan berlebihan, karena bisa berakibat fatal.
  3. Pada saat memandikan ayam biar nafas panjang, sebaiknya air jangan sampai masuk ke dalam hidung terlalu banyak karena bisa mengganggu pernapasannya.
  4. Cara memandikan ayam biar nafas panjang selanjutnya yaitu basahi bagian kepala, dada, leher, ketiak, bagian atas atau pangkal sayap sampai pada bagian kloaka serta paha. Namun, perlu diingat bahwa sebaiknya sebisa mungkin air jangan terkena sayap.
  5. Jika sudah selesai, keringkanlah dengan cara melepas ayam sebentar.
  6. Pada proses memandikan ayam biar nafas panjang kedua, sebaiknya jangan diberi air minum dulu atau keluarkan lendir yang berada dalam tenggorokannya.
  7. Kemudian dinginkan badan ayam dengan cara menempelkan kain atau spoon yang sudah dabasahi pada bagian ketiak, dada serta pantat ayam. Lakukan cara ini sampai nafas ayam kembali stabil.
  8. Jika sudah selesai, silahkan keluarkan lendir ayam lalu beri minum secukupnya saja.
  9. Perhatikan kondisi ayam setelah bertarung, apabila menderita banyak luka di bagian kepala, sebaiknya jangan dicuci atau dibasahi dengan air secara langsung karena bisa menambah rasa sakit atau nyeri pada luka ayam. Dengan kata lain, kalian hanya perlu membersihkan dan mengompres menggunakan kain atau spoon yang tidak terlalu basah.
  10. Kemudian cara memandikan ayam biar nafas panjang terakhir yaitu hampir sama seperti proses kedua, hanya saja pada air ini ayam tidak perlu lagi dibasahi terlalu lama dan jangan sampai ayam menjadi berat karena terlalu basah.

Tips Merawat Ayam Biar Nafas Panjang

Di atas sudah dijelaskan mengenai beberapa cara memandikan ayam biar nafas panjang mulai dari tahap awal hingga akhir. Nah, di bawah ini juga akan kami berikan beberapa tips merawat ataupun melatih ayam aduan supaya bisa mempunyai nafas panjang.

  • Saat pukul 6 pagi ayam diturunkan dari kandang dan langsung dikiter (diputar) dengan pemancing lalu biarkan ayam betina mengitari sangkarnya.
  • Setelah memasuki jam 8 pagi, ayam dimandikan dan dijemur sampai bulunya benar-benar kering.
  • Kemudian pada jam 11 siang saat nafas ayam terengah-engah, ambil ayam tersebut dan teduhkan pada tempat yang sejuk, namun jangan diberi makan ataupun minum.
  • Cara berikutnya ayam kembali di umbar dalam kandang umbaran sampai sore hari.
  • Pada sore hari, berikan ayam minuman berupa gula jawa atau gula aren.
  • Jangan lupa untuk memberikan ayam makanan bergizi seperti beras merah dicampur dengan gabah,
  • Lakukan gebrakan ayam setiap minggu secara beruntun selama 5 menit, 10 menit dan 15 menit.
  • Untuk menambah staminanya, berikan ayam vitamin atau jamu.
  • Lakukan beberapa cara di atas selama satu bulan secara rutin dan pantau perkembangannya.

Kesimpulan

Demikian sekiranya penjelasan dari Birdsny.com seputar cara memandikan ayam biar nafas panjang dilengkapi dengan penyebab nafas ayam pendek beserta tips merawat dan melatihnya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin memperpanjang nafas ayam aduan kesayangan di rumah.

Sumber gambar : youtube.com

Advertisements
Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *