Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Cara Menghitung Sisik Ayam yang Paling Bagus & Berbahaya!

Cara Menghitung Sisik Ayam
Advertisements

Cara Menghitung Sisik Ayam – Seiring berjalannya waktu, saat ini penggemar ayam aduan seperti ayam bangkok di Indonesia sebagai hewan laga sudah semakin besar. Hal tersebut bukan tanpa alasan, selain mampu mendatangkan keuntungan cukup besar, memelihara ayam aduan juga mampu menjadi kepuasan tersendiri bagi sebagian orang.

Secara garis besarnya, terdapat cukup banyak hal yang bisa diperhatikan ketika kalian ingin mendapatkan ayam aduan yang mempunyai pukulan keras serta berisi. Namun, pada intinya untuk membuat ayam mampu mengeluarkan performa terbaiknya, tata cara perawatan harian dari ayam juga menjadi faktor penting di dalamnya.

Advertisements

Terlepas dari perawatan maupun pemberian pakannya, banyak orang juga menganggap bahwa jumlah sisik di kaki ayam menjadi pengaruh penting terkait seberapa kuat ketahanannya. Akan tetapi, masih ada cukup banyak penggemar ayam laga di luar sana mengeluhkan bahwa mereka belum mengetahui entang bagaimana cara menghitungnya.

Oleh karena itu, apabila diantara kalian berencana ingin membeli ayam aduan sesuai dengan jumlah sisik di kakinya, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu bagaimana cara menghitungnya. Untuk membantunya, kali ini kami akan menjelaskan mengenai tata cara menghitung sisik ayam dilengkapi dengan beberapa tips memilihnya.

Pengaruh Sisik Pada Ayam

Sebelum pembahasan poin utama mengenai cara menghitung sisik pada kaki ayam lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu sekilas pengertiannya. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, secara garis besarnya kekuatan pukul ayam aduan atau ayam laga sebenarnya sangat bergantung terhadap bagaimana pola perawatannya.

Selain itu, pemberian pakan terhadap ayam peliharaan yang kaya akan kandungan gizi dan nutrisi juga sebenarnya sangat berpengaruh. Akan tetapi, terlepas dari itu semua, banyak orang juga mengatakan bahwa jumlah sisik di kaki ayam juga menjadi pengaruh yang dipercayai selama ini, terutama oleh orang-orang jaman dulu.

Advertisements

Dimana jumlah sisik pada kaki ayam berjumlah ganjil biasanya akan menjadi incaran banyak orang, karena terkenal dengan daya tahan tubuh tinggi serta pukulan kuat. Dengan kata lain, sisik pada kaki ayam ini sangat menentukan nasib ayam petarung pada saat mereka sudah dewasa nantinya atau ketika sudah masuk ke dalam sebuah kontes maupun perlombaan.

Cara Menghitung Sisik Ayam

Cara Menghitung Sisik Kaki Ayam
Advertisements

Setelah memahami sedikit ulasan tentang pengaruh sisik pada kaki ayam, maka selanjutnya tinggal masuk ke pembahasan utama mengenai cara menghitungnya. Menurut beberapa pengalaman penggemar ayam aduan, cara menghitung sisik ayam yaitu bisa dihitung dari bawah lutut ke arah bawah.

Seperti sudah disinggung sebelumnya, sisik ayam berjumlah ganjil merupakan jenis paling banyak dicari, karena memang kualitasnya tidak usah diragukan lagi. Adapun cara menghitung sisik ayam dengan jumlah ganjil yang direkomendasikan oleh para ahli yaitu seperti terdiri dari 19 sisik.

Namun, hal tersebut sebenarnya tidak bisa menjadi patokan, karena terdapat juga ayam dengan 21 sisik, 17 sisik hingga 23 sisik. Pada intinya, kenapa para ahli menyarankan seseorang untuk memilih sisik ayam ganjil yaitu karena hewan peliharaan tersebut sudah dipastikan mempunyai ciri ayam aduan pukul keras.

Nah, hal tersebut tentu saja berbeda dengan ayam dengan sisik genap, sebagai contoh 20. Dimana ayam dengan sisik genap tersebut dikatakan memiliki pukulan biasa saja, tidak sampai mengalahkan lawan dalam sekali pukul. Jadi dapat disimpulkan bahwa cara menghitung sisik ayam bisa dilakukan mulai dari bawah lutut kaki sampai ujung jari.

Cara Memilih Sisik Ayam

Setelah mengetahui beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghitung sisik kaki ayam, maka selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana tata cara memilihnya. Daripada penasaran, di bawah ini akan kami berikan beberapa jenis ayam aduan atau ayam laga dengan jumlah sisik pada kakinya.

  • Ayam Sisik Nogo Temurun
    • Sisik di bagian belakang kaki ayam sebelah kanan dan kiri mengarah ke bawah menuju jari. Manfaatnya yaitu ketika ayam dipukul, maka mereka akan membalasnya lebih keras sesuai emosional dan kegalakan ayam tersebut.
  • Ayam Sisik Batu Rantai
    • Sisik terlihat di bawah jari-jari ayam berjajar ke belakang. Meskipun pukulannya tidak terlalu keras, namun terkesan panas.
  • Ayam Sisik Batu Lapak
    • Jenis paling ditakuti di dunia para bebotoh dan sangat jarang ditemukan. Ciri-cirinya yaitu di telapak kakinya terdapat sisik menebal, sekilas seperti bubul ayam.
  • Ayam Sisik Kaki Ubed
    • Dulu sisik ayam jenis ini paling ditakuti ketika memilihnya. Akan tetapi, sekarang ayam aduan sisik ini makin ditakuti di kalangan pada bebotoh.
  • Ayam Sisik Keleng Dua Satu
    • Mempunyai sisik di satu di satu kakinya dan 2 di kaki lainnya sehingga disebut sebagai keleng dua satu.
  • Ayam Sisik Selip Sebelah
    • Memiliki sisik selip disisi kiri atau kanan kakinya. Saran kami sebaiknya jauhi memilih ayam jenis ini karena seringkali mempunyai masalah pada penglihatannya.
  • Ayam Sisik Selip Sejajar Kiri dan Kanan
    • Memiliki sisik selip pada jalu kanan dan kiri kakinya. Ketika memiliki ayam jenis ini, sebaiknya tunda untuk diadu sebelum jalunya panjang.
  • Ayam Sisik Pukul Mati
    • Mempunyai sisik di jari kedua kaki kiri dan juga sisik pecahnya atau sisik selipnya. Ayam jenis ini akan mengandalkan pukul jalunya ketika berlaga.
  • Ayam Sisik Pecah
    • Ayam ini memiliki sisik pecah di jari kiri dan kanan sehingga membuatnya mempunyai pukulan berat.

Kesimpulan

Itulah sekiranya penjelasan dari Birdsny.com seputar tata cara menghitung sisik ayam dilengkapi dengan pengaruh hingga tips memilihnya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin memilih ayam aduan berdasarkan sisik di bagian kakinya.

Sumber gambar : finecto.com

Advertisements
Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *