Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

6 Cara Mempercepat Pertumbuhan Sapi Pedet Agar Besar & Gemuk

Cara Mempercepat Pertumbuhan Sapi Pedet
Advertisements

Cara Mempercepat Pertumbuhan Sapi Pedet – Mendapatkan hasil dari hewan ternak dengan cepat merupakan keinginan seluruh peternak, termasuk peternak sapi pedet. Dimana upaya paling signifikan untuk mempercepat dapat hasil yakni dengan cara mempercepat pertumbuhan.

Sebagai salah satu jenis sapi perah, sapi pedet merupakan sapi lokal unggulan dari daerah rumpun Bali serta NTB. Dimana tidak sedikit peneliti Indonesia telah melakukan riset tentang cara mempercepat pertumbuhan sapi pedet.

Advertisements

Meski masih banyak peternak mempercayai bahwa pertumbuhan sapi pedet tidak perlu diperhatikan baik-baik, tapi tidak sedikit pula yang ingin sapi pedet miliknya tumbuh kembang secara cepat. Maka dari itu, informasi tentang cara mempercepat pertumbuhan anak sapi cukup diperlukan di tengah masyarakat.

Nah untuk kalian yang penasaran tentang bagaimana sebenarnya cara mempercepat pertumbuhan sapi pedet silakan simak pembahasan di bawah secara seksama. Dimana ulasan seputar cara agar sapi pedet cepat besar ini mengulas tentang pemberian pakan serta perawatan harian lainnya.

Faktor yang Memengaruhi Pertumbuhan Sapi Pedet

Faktor yang Memengaruhi Pertumbuhan Sapi Pedet

Sebelum pembahasan utama mengenai cara mempercepat pertumbuhan sapi pedet berlanjut, ada baiknya pahami terlebih dahulu beberapa faktor yang memengaruhi pertumbuhan hewan peliharaan tersebut. Seperti halnya pada jenis ayam aduan, pertumbuhan sapi pedet dapat dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu internal dan eksternal.

Faktor internal bisa diartikan sebagai faktor yang memengaruhi pertumbuhan sapi pedet dari dalam, seperti indukan, trah, gen, hormon dan lain sebagainya. Sementara faktor eksternal berarti beberapa hal dari luar, mulai dari pemilihan jenis makanan, keadaan lingkungan sekitar kandang hingga ada atau tidaknya faktor penghambat seperti gangguan kesehatan seperti penyakit.

Advertisements

Menurut penjelasan di atas, cara agar sapi pedet dapat tumbuh dengan cepat tidak hanya didapatkan dari segi pemberian pola pakan hariannya saja. Pasalnya, faktor indukan sapi pedet seperti gen dan hormon juga nantinya akan memengaruhi cepat atau lambatnya pertumbuhan.

Cara Mempercepat Pertumbuhan Sapi Pedet

Cara Mempercepat Pertumbuhan Sapi Pedet Semua Jenis
Advertisements

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai apa saja faktor yang memengaruhi pertumbuhan sapi pedet. Meskipun demikian, kalian jangan khawatir karena masih ada beberapa solusi atau cara yang bisa dilakukan untuk mempercepat masa pertumbuhan ataupun perkembangan sapi pedet.

Pada intinya, supaya sapi pedet bisa tumbuh dengan cepat, besar dan gemuk, dibutuhkan adanya perawatan dengan teliti serta cermat oleh peternak. Daripada penasaran, di bawah ini akan kami berikan beberapa cara mempercepat pertumbuhan sapi pedet, entah itu dari segi pola perawatan harian maupun pemberian pakannya.

1. Menjaga Kebersihan Kandang

Cara pertama mempercepat pertumbuhan sapi pedet yaitu menjaga serta merawat kebersihan kandang. Hal ini bukan tanpa alasan, pasalnya kandang sapi pedet yang kotor bisa mendatangkan berbagai macam bakteri seperti parasit, jamur dan pastinya akan menghambat pertumbuhannya. Maka dari itu, pastikan kalian menjaga kebersihan kandang setiap harinya.

Selain itu, apabila masih berusia 3 sampai 4 hari, sebaiknya jangan pisahkan sapi pedet dengan indukannya. Nah setelah melewati usia tersebut, kalian sudah bisa menempatkan sapi pedet pada kandang pembesaran. Sementara untuk tipe kandang sapi pedet sendiri sebaiknya buat menjadi tipe individual.

2. Perhatikan Jenis Pakan Sapi Pedet

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, pakan menjadi faktor penting sebagai penentu cepat atau lambatnya pertumbuhan sapi pedet. Dimana supaya sapi pedet dapat tumbuh besar dan gemuk dengan cepat, maka kalian tidak boleh hanya mengandalkan pakan hijau-hijauan saja.

Saran kami sebaiknya berikan pakan jenis konsentrat kepada sapi pedet seperti ampas tahu, bakatul, kacang kedelai dan lain sebagainya. Sebagian besar orang menganggap bahwa pakan konsentrat dinilai mampu mempercepat masa pertumbuhan dan perkembangan sapi pedet dibandingkan pakan hijau-hijauan.

3. Berikan Sapi Pedet Vitamin Penggemuk

Seperti halnya saat ingin membuat ayam cepat tumbuh besar, pemberian vitamin dan suplemen penggemuk juga dapat dimanfaatkan ketika hendak mempercepat pertumbuhan sapi pedet. Hal ini dikarenakan vitamin atau suplemen sendiri sangat baik untuk menunjang kesehatan sapi pedet sekaligus menambah nafsu makannya. Saat ini juga sudah tersedia cukup banyak toko-toko pakan ternak yang menyediakan vitamin penggemuk sapi pedet.

4. Cegah Sapi Pedet dari Penyakit

Cara mempercepat pertumbuhan sapi pedet selanjutnya yaitu mencegahnya dari berbagai macam jenis penyakit. Adapun beberapa jenis penyakit yang seringkali menyerang sapi pedet diantaranya yaitu seperti cacingan serta diare. Meskipun penyakit tersebut terdengar sepele, namun ternyata dampaknya dapat memengaruhi pertumbuhan sapi pedet, bahkan bisa mengakibatkan kematian.

Oleh karena itu, cegahlah sapi pedet dari hal-hal yang dapat mendatangkan penyakit seperti kandang kotor, pola makan sembarangan dan lain sebagainya. Apabila sapi pedet sudah terlanjur terserang penyakit, sebaiknya segeralah konsultasikan kepada dokter spesialis hewan terdekat.

5. Pantau Kesehatan Sapi Pedet Secara Berkala

Tentunya supaya anak sapi atau pedet dapat tumbuh dengan cepat, sehat dan gemuk, kalian harus bisa memantau kesehatannya secara berkala. Jadi, usahakan pantau kesehatan sapi pedet setiap hari, entah itu pada bagian perut, mata, hidung, mulut, anus hingga kulitnya. Atau jika ingin lebih maksimal, kalian bisa memantau sapi pedet dengan cara berkonsultasi dengan dokter hewan.

6. Perhatikan Suhu dan Lingkungan Kandang

Cara mempercepat pertumbuhan sapi pedet terakhir yaitu dengan memantau suhu dan lingkungan sekitar kandang. Seperti sudah disinggung sebelumnya bahwa kondisi kandang yang ideal akan membantu menghindarkan sapi pedet terhindar dari berbagai macam jenis penyakit.

Jadi, kalian harus benar-benar memperhatikan suhu, udara, kebersihan hingga tingkat kebisingan di sekitar kandang sapi pedet. Dimana suhu untuk ruangan manusia sebenarnya sudah cukup untuk kandang sapi. Namun, pastikan kandang memiliki beberapa ventilasi agar sirkulasi udara dapat berjalan lancar.

Akhir Kata

Dari pembahasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa untuk mempercepat masa pertumbuhan anak sapi tidak hanya didapatkan dari pemberian pakan hariannya saja. Akan tetapi, beberapa faktor penting lainnya seperti kebersihan kandang serta suhu di lingkungan sekitar juga akan memengaruhi tumbuh kembang sapi pedet.

Demikian sekiranya penjelasan dari Birdsny.com seputar cara mempercepat pertumbuhan sapi pedet untuk semua jenis, mulai dari pola perawatan harian, pemberian pakan hingga perawatan kandangnya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak membuat masa pertumbuhan sapi pedet semakin cepat.

Advertisements
Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.