Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

14 Cara Cepat Menumbuhkan Bulu Kacer yang Rusak & Botak!!

Cara Cepat Menumbuhkan Bulu Kacer

Cara Cepat Menumbuhkan Bulu Kacer – Sebagai salah satu jenis burung kicauan, Kacer tentunya memerlukan perawatan secara rutin oleh pemiliknya. Dimana perawatan dan pemeliharaan Kacer ini perlu dilakukan supaya kondisi kesehatan serta stamina burung tetap terjaga.

Perawatan juga sebenarnya perlu dilakukan ketika Kacer mengalami beberapa masalah, salah satunya saat mengalami kerontokan bulu. Biasanya kerontokan atau kebotakan bulu ini umum dialami oleh semua burung kicauan termasuk Kacer pada saat masa mabung.

Akan tetapi, terdapat beberapa kasus penghobi yang mengeluhkan bahwa bulu Kacer sulit tumbuh kembali. Jika masalah tersebut dibiarkan begitu saja, maka lama-kelamaan bisa berakibat fatal bagi burung, bahkan lebih parahnya lagi Kacer mengalami kematian.

Maka dari itu, sebenarnya masih ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mempercepat penumbuhan bulu Kacer. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai cara cepat menumbuhkan bulu Kacer untuk semua jenis-jenisnya.

Penyebab Bulu Kacer Rusak

Penyebab Bulu Kacer Rusak

Sebelum pembahasan utama mengenai cara cepat menumbuhkan bulu Kacer, ada baiknya pahami terlebih dahulu beberapa penyebab kerontokan atau kebotakannya. Adapun beberapa penyebab bulu Kacer rusak dan kusam tersebut diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

  • Bulu rusak akibat kekurangan nutrisi.
  • Bulu rusak karena memasuki masa mabung.
  • Bulu rusak akibat kesalahan perawatan.
  • Bulu rusak akibat kutu atau tungau.

Cara Cepat Menumbuhkan Bulu Kacer

Seperti dijelaskan sebelumnya, sebenarnya cara mempercepat penumbuhan bulu ini juga berlaku untuk semua JENIS BURUNG KACER. Pada intinya, setiap hari Kacer membutuhkan nutrisi yang sebagian besar berasal dari pakan harian supaya bulunya kembali tumbuh.

Dimana nutrisi inti seperti energi metabolisme, protein, lemak, karbohidrat serta serat kasar semua terdapat di dalam pakan utama serta extra fooding (EF). Agar lebih jelasnya, berikut akan kami jelaskan cara cepat menumbuhkan bulu Kacer.

1. Lakukan Pemasteran Kacer

Lakukan Pemasteran Kacer

Cara cepat menumbuhkan bulu Kacer pertama yaitu dengan memasternya secara rutin. Pasalnya, ketika bulu Kacer rusak seperti saat masa mabung, biasanya mereka cenderung lebih pasif dan hanya bertengger di tangkringannya.

Kalian bisa memperdengarkan beberapa MASTERAN YANG COCOK UNTUK KACER pada saat masa mabung atau masa pertumbuhan bulu baru. Melalui pemasteran tersebut, maka dapat membuat Kacer lebih berkonsentrasi ketika sedang mendengarkannya.

2. Mandikan Kacer

Mandikan Kacer Cara Cepat Menumbuhkan Bulu

Memandikan Kacer saat sudah mulai nyulam bulu juga bisa menjadi cara selanjutnya untuk mempercepat pertumbuhannya. Selain itu, alasan mengapa memandikan Kacer ini diperlukan yaitu supaya bulu-bulu barunya bisa terlihat lebih berkilau dan bagus.

Atau kalian juga bisa menambahkan shampo khusus burung ke dalam air ketika hendak memandikannya. Akan tetapi, perlu diingat bahwa pemandian Kacer ini dilakukan secara bertahap ketika bulu-bulu barunya sudah terlihat mulai tumbuh banyak.

3. Exstra Fooding (EF)

Exstra Fooding EF

Cara cepat menumbuhkan bulu Kacer selanjutnya yaitu dengan menambahkan extra fooding (EF). Kalian bisa memberikan Kacer EF seperti jangkrik ataupun kroto dengan porsi lebih banyak dari biasanya. Cara lainnya untuk mempercepat penumbuhan bulu yaitu dengan memberikan VITAMIN BURUNG KACER seperti minyak ikan.

Campurkan 2 biji minyak ikan ke dalam pakan utama Kacer. Lakukanlah cara ini selama satu minggu penuh supaya hasil akhirnya bisa lebih optimal. Jika sudah melewati satu minggu, ada baiknya stop pemberian pakan exstra fooding Kacer.

4. Bersihkan Sangkar Kacer

Bersihkan Sangkar Kacer

Sebagaimana diketahui rusaknya bulu Kacer dapat disebabkan karena kurangnya perawatan oleh pemiliknya, salah satunya yaitu karena kandang atau sangkar jarang dibersihkan. Oleh sebab itu, bersihkan kadang Kacer beserta wadah pakannya secara rutin supaya tidak menimbulkan jamur ataupun kutu.

5. Penjemuran Kacer

Penjemuran Kacer

Setelah selesai memandikan Kacer, cara cepat menumbuhkan bulu selanjutnya yaitu dengan menjemurnya di bawah sinar matahari. Silahkan jemur Kacer di bawah sinar matahari selama kurang lebih sekitar 1 jam diantara pukul 08.00 sampai 09.00. Sebelum dijemur, kalian juga bisa mengangin-anginkannya terlebih dahulu selama 10 hingga 20 menit.

6. Terapi Full Kerodong

Terapi Full Kerodong

Cara cepat menumbuhkan bulu Kacer terakhir yaitu dengan melakukan terapi full kerodong di malam hari. Tujuan pengerodongan secara full ini yaitu supaya Kacer dapat memaksimalkan waktu istirahatnya. Letakkanlah Kacer di tempat yang tenang dan nyaman sehingga tidak terganggu dengan aktivitas di sekitar.

Akhir Kata

Dari pembahasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa cara untuk mempercepat pertumbuhan bulu Kacer sebenarnya terletak pada tata cara perawatannya. Jika Kacer tidak mengalami stres, maka dapat dipastikan bahwa bulunya akan cepat tumbuh kembali.

Itulah sekiranya penjelasan dari Birdsny.com seputar cara cepat menumbuhkan bulu Kacer untuk semua jenisnya mulai dari pemberian pakan hingga proses perawatannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak mengatasi bulu burung Kacer yang susah tumbuh.

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *