Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

5 Cara Merawat Bulu Ayam Agar Cepat Tumbuh, Lebat & Sehat

Cara Merawat Bulu Ayam Agar Cepat Tumbuh

Cara Merawat Bulu Ayam Agar Cepat Tumbuh – Sebagai penghobi ayam aduan, pastinya kalian sudah tidak asing lagi dengan istilah rontok bulu atau biasa juga disebut dengan mabung. Dimana mabung sendiri merupakan sebuah proses penggantian bulu pada ayam aduan dan pastinya akan membuat performa ayam aduan menjadi semakin menurun.

Biasanya proses rontoknya bulu ayam akan terjadi entah itu pada anakan ataupun dewasa, bahkan masa ini juga bisa dijadikan sebagai tolak ukur usia ayam oleh beberapa orang. Namun sayangnya, terdapat beberapa faktor yang menghambat proses penggantian bulu sehingga masa penumbuhan menjadi semakin lambat.

Meskipun demikian, jangan khawatir karena kini sebenarnya masih ada beberapa solusi atau cara yang bisa dilakukan untuk mempercepat proses penumbuhan bulu ayam. Dimana langkah-langkah mempercepat penumbuhan bulu ayam sendiri tidak hanya berasal dari perawatan hariannya saja, tetapi juga dari segi pemberian pakannya.

Oleh sebab itu, apabila kalian berencana mempercepat penumbuhan bulu ayam, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu bagaimana tata cara merawatnya. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai cara merawat bulu ayam agar cepat tumbuh, entah itu bulu tubuh, sayap ataupun ekor.

Penyebab Bulu Ayam Rontok

Penyebab Bulu Ayam Rontok

Seperti dijelaskan sebelumnya, rontoknya bulu-bulu tubuh ayam dapat disebabkan karena sejumlah faktor, salah satunya yaitu karena mereka mengalami masa mabung. Namun, perlu diketahui bahwa rontoknya bulu ayam ini tidak hanya disebabkan karena masa mabung saja, namun juga ada beberapa hal lainnya.

Dimana pada masa-masa tersebut, tentunya semua jenis ayam aduan membutuhkan adanya ekstra perawatan oleh pemiliknya. Sebelum membahas cara merawat bulu ayam agar cepat tumbuh berlanjut, sebaiknya cari tahu beberapa faktor atau hal yang menjadi penyebab permasalahan tersebut di bawah ini.

  • Kebersihan kandang atau sangkar ayam tidak terjaga.
  • Tipe ayam super aktif serta masuk ke sela-sela kandang.
  • Terdapat kutu dan parasit di tubuh ayam.
  • Ayam kurang diumbar ataupun berjemur.
  • Kualitas pakan ayam kurang bagus.
  • Perawatan dilakukan seadanya tanpa memperhatikan keadaan ayam.
  • Ayam mengalami stres.
  • Ayam mengalami perubahan pola makan.

Lama Waktu Pergantian Bulu Ayam

Waktu yang dibutuhkan untuk ayam menumbuhkan atau mengganti bulu sebenarnya cukup berbeda-beda, ada yang membutuhkan waktu 6 minggu hingga 12 minggu. Semakin tua usia ayam, maka akan semakin membutuhkan waktu lebih lama juga proses penumbuhan bulunya karena kurangnya kadar protein di dalam tubuh.

Secara garis besar, ayam akan melakukan pergantian dan penumbuhan bulu pada usia kurang lebih sekitar 19 bulan. Jadi, selain bisa dilihat dari segi ciri atau indikasinya, kalian juga dapat memperkirakan kapan pergantian bulu ayam ini dari segi usianya sehingga bisa mempersiapkan langkah perawatannya dengan matang.

Cara Merawat Bulu Ayam Agar Cepat Tumbuh

Cara Merawat Bulu Ayam Agar Cepat Tumbuh dan Lebat

Setelah mengetahui beberapa penyebab bulu ayam rontok, selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana cara perawatan terbaik agar bulunya bisa cepat tumbuh. Seperti sudah disinggung sebelumnya, agar bulu ayam tumbuh dengan cepat, dibutuhkan adanya perawatan ekstra oleh pemiliknya.

Dimana perawatan ekstra tersebut tidak hanya berasal dari pola perawatan hariannya saja, namun juga dari segi pemberian pakannya. Daripada penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik tata cara merawat bulu ayam aga cepat tumbuh di bawah ini, entah itu pola perawatan harian ataupun pemberian pakannya.

1. Siapkan Kandang Khusus Ayam

Cara merawat bulu ayam agar cepat tumbuh pertama yaitu dengan mempersiapkan kandung khusus untuknya. Tujuan mempersiapkan kandang khusus untuk ayam yaitu agar mereka tidak merasa terganggu oleh hewan lain di sekitar. Pasalnya, jika ayam merupakan tipe aktif, maka calon bulu baru rawan untuk rusak dan patah.

Oleh sebab itu, usahakan tempat pakan ataupun lapisan kandang tidak terbuat dari bambu. Hal ini dikarenakan jika bulu terselip diantara kandang bambu, maka keadaan tersebut bisa berisiko cukup fatal. Di samping itu, saran kami sebaiknya letakkan tempat pakan ayam di dalam kandang sebagai langkah antisipasi.

2. Berikan Ayam Perhatian Khusus

Seperti dijelaskan sebelumnya, merawat ayam ketika sedang berganti bulu memang cukup berbeda dengan kebiasaan perawatan sehari-harinya. Hal ini disebabkan ayam akan mengalami penurunan fisik dan mental apabila mereka sedang mengalami masa mabung.

Jadi, saran kami sebaiknya fokuskan perawatan ayam untuk menumbuhkan bulunya saja terlebih dahulu. Ketika ingin memegang ayam, kalian perlu berhati-hati karena mereka akan lebih sensitif dan merasakan sakit jika bulu barunya disentuh dengan tangan,.

3. Berikan Ayam Pakan & Suplemen Terbaik

Selain memberikan pola perawatan harian ekstra bagi ayam, pemberian pakan juga penting untuk diperhatikan ketika hendak mencari solusi mengenai bagaimana cara merawat bulu ayam agar cepat tumbuh. Pada intinya, dalam kondisi tersebut ayam membutuhkan makanan bernutrisi sebagai sumber energi.

Meskipun ayam diistirahatkan, namun bukan tandanya kalian akan menurunkan gizi pakannya. Justru pada saat itulah kalian perlu memperhatikan pemberian pakannya. Saran kami sebaiknya berikan ayam pakan mengandung protein, vitamin serta mineral tinggi agar kondisi fisiknya tetap optimal.

Bahkan kalian juga sebenarnya bisa memberikan beberapa vitamin penumbuh bulu burung kepada ayam yang sedang mengalami kerontokan bulu. Namun, pastikan kalian memberikan vitamin penumbuh bulu tersebut sesuai dengan porsinya untuk menghindari hal-hal tidak diinginkan, seperti stres ataupun nyilet.

4. Berikan Ayam Obat Tradisional

Tidak hanya memberikan suplemen dan vitamin sebagai upaya dalam mempercepat penumbuhan bulu ayam, memberikannya obat tradisional juga dipercaya bisa menjadi salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Kalian bisa memberikan minyak zaitun ataupun jangkrik supaya bisa memperkuat bulu-bulu ayam.

5. Selalu Cek Perkembangan Ayam Secara Berkala

Cara merawat bulu ayam agar cepat tumbuh terakhir yaitu selalu mengecek perkembangannya setiap hari. Dimana pemantauan atau pengontrolan pada proses penumbuhan bulu sangat penting dilakukan agar bulu tidak rusak karena kurangnya pemberian pakan ataupun terganggu oleh hewan lain di sekitarnya.

Pada intinya, pemberian perhatian lebih ini akan membuat ayam lebih dominan bersikap tenang dan tidak ingin keluar dari kandang. Akan tetapi, jika ayam masih terlalu agresif, saran kami sebaiknya umbar mereka pada media tanah atau pasir di bawah sinar matahari. Namun, pastikan kalian tidak mengumbar ayam terlalu lama karena bisa menguras tenaga sehingga staminanya menurun secara drastis.

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa sebenarnya untuk mempercepat penumbuhan bulu ayam dapat dilakukan melalui berbagai macam hal. Akan tetapi, supaya langkah-langkah perawatan tersebut dapat berjalan dengan lancar, maka dibutuhkan adanya kesabaran serta ketelatenan dari pemiliknya.

Demikian sekiranya penjelasan Birdsny.com seputar cara merawat bulu ayam agar cepat tumbuh, entah itu dari segi pola perawatan harian ataupun pemberian pakannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin merawat bulu ayam agar cepat tumbuh.

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.