Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Cara Menjinakkan Burung Lovebird

CARA MENJINAKAN LOVEBIRD

Cara Menjinakkan Burung Lovebird – Lovebird merupakan salah satu jenis burung yang sangat mudah untuk beradaptasi. Sehingga mereka sangat mudah sekali untuk dapat berinteraksi dengan manusia.

Maka dari itu, sobat kicau banyak yang menjinakan burung tersebut, untuk dijadikan sebagai teman mainnya. Juga bisa menjadi daya tarik tersendiri, jika burung Lovebird sudah berhasil dijinakan.

Memiliki burung Lovebird jinak sangatlah mengasyikan. Selain itu, karakter Lovebird yang sudah jinak dan memiliki bermacam skill, itu akan menambah nilai jualnya.

Untuk kalian yang belum mengetahui apa saja yang bisa dilakukan untuk menjinakan Lovebird. Maka kalian perlu simak pembahasan kali ini mengenai tips dan cara menjinakkan Lovebird sekengkapnya di bawah ini.

Cara Menjinakkan Burung Lovebird dengan Cepat dan Mudah

Lovebird termasuk burung yang bisa dijinakan. Karena, selain burung ini memiliki warna bulu, suara merdu, karakter yang unik. Burung ini memiliki kecerdasan yang lumayan, jika dibandingkan dengan burung kicau lainnya.

Cara Menjinakkan Burung Lovebird

jinakkan burung Lovebird

Metode atau cara menjinakkan burung Lovebird, bisa kalian simak baik-baik berikut ini.

1. Memandikan Lovebird

Memandikan Burung Lovebird

Cara pertama yang bisa kalian lakukan, untuk menjinakan Lovebird adalah memandikannya. Bisa kalian mandikan burung dengan cara disemprot, ataupun dimandikan secara langsung mengguakan tangan.

Jika kalian menggunakan sprayer, maka gunakanlah dengan stelan sedang saja, jangan terlalu kencang semprotan airnya. Kemudian, jika kalian ingin memandikan dengan tangan, maka yang kalian lakukan adalah sebagai berikut ini.

  1. Kalian mengambil dengan tangan burung yang akan dimandikan.
  2. Kemudian, kalian elus dengan tangan bagian kepalanya.
  3. Mandikan burung dibawah air yang tekanannya kecil
  4. Arahkan bagian tubuh Lovebird di bawah air mengalir.
  5. Lalu mandikan dengan menggunakan tangan.
  6. Lakukan ke seluruh tubuh burung Lovebird.
  7. Setelah dimandikan biarkan burung berada di tangan kalian.
  8. Lakukan sampai burung merasa tidak terancam.
  9. Kalian bisa melakukan rutin setiap hari, sampai burung menjadi jinak.

Jadi, diatas ini adalah metode yang sering digunakan sobat kicau, untuk menjinakan burung Lovebird. Kebanyakan cara ini digunakan untuk menjinakan Lovebird yang sudah dewasa.

2. Memelihara Sejak Dini

Memelihara Sejak Dini adalah cara menjinakkan burung Lovebird

Menjinakan burung Lovebird jika dilakukan pemeliharaan sejak dini, pasti akan sangat mudah sekali. Karena, seringnya kita berinteraksi, bahkan memberikan makanan pada Lovebird tersebut.

Maka dari itu, jika kalian menginginkan burung Lovebird yang jinak, pilihlah dan beli Lovebird yang mashih anakan. Kalau perlu, kalian bisa memelihara Lovebird sejak burung tersebut masih diloloh.

3. Sering Memegang Lovebird

Memegang burung untuk menjinakan burung Lovebird

Dengan kalian sering memegang atau mengelus bagian kepala Lovebird, pasti dengan cepat atau lambat, burung tersebut bisa jinak secara perlahan. Seperti yang sudah kami katakan di atas, sering-seringlah kalian berinteraksi dengan burung tersebut. Agar burung dapat beradaptasi dengan adanya kalian, yang menginginkan burung tersebut menjadi jinak.

4. Gantang Di Tempat Ramai

gantang di tempat ramai

Cara lainnya adalah dengan kalian menggantang burung tersebut di tempat yang cukup ramai. Disitulah burung bisa beradaptasi dengan cepat, pada lingkungan disekitarnya. Setelah burung beradaptasi, langkah selanjutnya adalah dengan menjinakan burung menggunakan beberapa metode di bawah atau di atas ini.

6. Terapi Lapar

Terapi lapar adalah salah satu cara untuk menjinakkan burung Lovebird

Terapi lapar ini bukanlah perilaku kejam yang diberikan pada burung. Melainkan sedikit cara untuk membuat burung tersebut jinak, dan menganggap pemiliknya sebagai induk yang akan memberikan pakan untuk anaknya. Dengan terapi lapar ini dalam maksud yang lainnya adalah kita akan memberikan makan, namun dengan porsi yang lebih sedikit dari hari sebelumnya. Cara ini memang paling ampuh untuk menjinakan burung.

7. Beri Pakan

burung Lovebird jinak diberi pakan

Berikan pakan yang mengandung gizi tinggi. Hal ini bertujuan untuk tetap memberikan kelengkapan nutrisi pada saat burung sedang menjalani proses penjinakan. Serta, dengan pemberian makanan bernutrisi ini dapat mencerdaskan burung, agar bisa lebih cepat untuk jinak pada pemiliknya.

8. Terapi Air Ludah

Mungkin sebagian orang akan sangat terdengar jorok atau menjijikan. Namun, dengan cara ini akan menjadikan Lovebird kalian sesuai dengan apa yang kalian inginkan. Cara pemberian air ludah adalah dengan mengoleskan dengan jari, pada paruh burung Lovebird.

Waktu yang disarankan untuk melakukan proses ini adalah pada pagi hari atau setelah pengembunan burung. Setelah kalian memberikan air ludah, untuk selanjutny, bisa kalian angin-anginkan burung tersebut sebentar. Kemudian, mandikan burung dan setelah itu jemur burung dengan durasi minimal 1 hingga 2 jam.

9. Berikan Nama

Untuk menjadikan burung Lovebird jinak, bisa dengan kalian memberikan nama untuk sesekali kalian panggil. Dengan hal ini pasti akan membuat burung paham dengan kita sebut namanya. Namun, dengan cara ini akan membutuhkan waktu yang sedikit lama. Tetapi, hal ini sudah banyak dilakukan oleh sebagian besar sobat kicau, dan mereka berhasil menjinakan Lovebirdnya.

10. Ajak Bermain

Lovebird Jinak bisa untuk diajak bermain

Deengan mengajak burung Lovebird tersebut bermain, juga bisa membuat Lovebird tersebut menjadi jinak.

11. Sering Berinteraksi

Seperti yang dijelaskan di atas, untuk menjinakan burung adalah dengan cara sering melakukan interaksi, terhadap burung yang akan dijinakan. Sehingga burung bisa memahami dan tidak takut atas kedatangan kita sebagai pemiliknya.

12. Situasi Kandang

Kalian harus memperhatikan pula kondisi dan situasi kandang burung tersebut. Memperhatikan soal kebersihan dan kenyamanan burung dalam kandang.

13. Beri Pakan Dengan Tangan

Cara menjinakkan burung Lovebird selanjutnya adalah dengan memberikan pakan dengan tangan secara langsung. Hal ini bisa dilakukan supaya burung memiliki mental yang berani, sehingga bisa mudah untuk dijinakan.

14. Cara menangkap Lovebird

burung Lovebird berhasil dijinakan

Untuk membuat burung Lovebird menjadi jinak, kalian juga harus memperhatikan pada saat atau akan menangkap burung Lovebird tersebut. Kalian bisa menangkapnya dengan pelan dan hati-hati, dan jangan sesekali kalian mengaggetkannya. Karena, jika Lovebird merasa tidak tenang, maka yang akan terjadi adalah burung akan menggigit jari kalian.

15. Sering Mengajak Berbicara

Sering-seringlah kalian untuk mengajak burung tersebut berbicara. Meski cara ini akan terkesan sedikit aneh dan akan membuat kalian seperti orang gila. Tetapi dengan hal ini akan membuat Lovebird jinak dengan cepat. Karena, burung akan lebih sering mendengarkan suara kalian sebagai pemilik.

16. Latih di Indoor atau Outdoor

lovebird berhasil jinak dan ff

Kalian bisa melatih burung supaya menjadi jinak di dalam ruangan terlebih dahulu, sebelum kalian mengenalkan burung tersebut dengan lingkungan di luar ruangan. Cara ini berguna agar burung bisa menjadi sangat jinak terlebih dahulu, supaya burung tidak terbang kabur pada saat melakukan pelatihan.

17. Jangan Takut Digigit

burung Lovebird

dalam menjinakan burung Lovebird, hal yang paling penting adalah kalian tidak usah merasa takut ketika digigit Lovebird. Caranya menggigit adalah sebagian besar bagaimana burung tersebut beradap tasi dengan karakter barunya.

18. Melatih Lovebird Dengan Stik

Kalian bisa melatih burung tersebut menggunakan stik, cara ini telah banyak digunakan untuk menjinakan burung. Selain itu, penggunaan stik atau sumpit ini dapat memancing perhatian Lovebird agar mendekati kalian.

Kadang-kadang Lovebird akan malu-malu untuk mendekati atau bertengger di tangan atau jari kita. Nah, dengan menggunakan Stik ini akan menjadi sebuah perantara sebelum burung tersebut mau naik ke tanggan kita. Apabila burung sudah terbiasa dan sering hinggap di stik tersebut, lama kemudian kalian bisa menggantinya dengan tangan kalian.

19. Melatih Lovebird Dengan Clicker

Clicker merupakan suatu alat kecil dimana pada saat di teka bisa berbunyi “Klik”. Alat ini biasanya digunakan untuk melatih beberapa hewan, termasuk burung Lovebird, untuk membantunya berkonsentrasi ketikan sedang latihan dijinakan atu sebuat trik tersendiri.

20. Melatih Feed On Fist (FOF)

Setelah burung sudah mau mendekat dan bertengger di tangan, maka selanjutnya kalian dapa melatih untuk burung mengambil makan di telapak tangan atau (feed on fist).

21. Melatih Jump To The Fish (JTTF)

Selanjutnya melatih melompat ke tangan, atau bisa disebut jump to fist. Pada latihan ini, kalian menempatkan burung pada posisi yang lebih tinggi dari tangan kalian, lalu cobalah berikan makan yang diletakan di tangan kalian.

Jarak tangan dengan burung, diusahakan agak terlalu jauh supaya burung terbiasa dengan jauhnya jarak bukan menjadi masalah untuk menghampiri makanannya.

22. Melatih Fly To Me (FTM)

Jika latihan di atas ini sudah berhasil, maka kalian perlu mencoba melatih fly to me, atau terbang ke arah tubuhku. Caranya adalah dengan meletaka Lovebird sedikit jauh dari kita yaitu sekitar 1 meter saja. Lalu biarkan burung terbang menuju arah kita untuk mengambil makanan. Supaya burung mengetahui posisi kita, bisa menggunakan peluit atau clicker.

23. Melatih Free Flight (FF)

cara ini kerap dilakukan untuk menjinakan burung paruh bengkok. Sehingga, nantinya burung akan diterbangkan bebas diluar ruangan, dan biarkan sampai burung kembali ke arah kita

Diatas ini adalah beberapa metode dan cara untuk menjinakan burung Lovebird. Semoga dengan berbagai cara di atas, kalian dapat berhasil menjinakan, jika sudah berhasil jangan lupa pula untuk membaca Obat Burung Lovebird Sakit, mungkin akan berguna untuk kalian dikemudian hari.

Akhir Kata

Demikian yang dapat birdsny.com sajikan untuk sobat kicau. Sedikit pembahasan mengenai tips dan cara menjinakkan burung Lovebird. Lakukan tips dan cara tersebut dengan konsisten, agar memperoleh hasil yang maksimal. Terimakasih dan semoga bermanfaat

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *