Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Lovebird Ngekek Sambil Buka Sayap

LOVEBIRD NGEKEK SAMBIL BUKA SAYAP

Lovebird Ngekek Sambil Buka Sayap – Sobat kicau di sekitar kalian pasti pernah bertanya “kenapa Lovebird ngekek sambil buka sayap?”. Hal tersebut sebenarnya wajar, karena setiap burung Lovebird pasti mengalaminya.

Jika burung Lovebird yang sedang mengikuti Lomba mengalami hal serupa, maka juri akan mengurangi nilai Lovebird tersebut. Karena, pada dasarnya Lovebird yang bagus, adalah yang ngekeknya sambil duduk.

Bagaimana cara mengatasinya? mudah saja, tetapi alangkah baiknya kalian harus tahu terlebih dahulu apa penyebabnya. Perilaku Lovebird tersebut bisa disebabkan karena mengalami over birahi atau birahi tinggi.

Jika alasanya tersebut, maka kalian bisa menambahkan durasi pemandian pada Lovebird tersebut. Apabila Lovebird mandi biasanya hanya sekali dalam sehari yaitu saat pai hari, kalian bisa memandikannya sekali kali yaitu di sore hari saat menjelang maghrib.

Lovebird Ngekek Sambil Buka Sayap : Penyebab dan Tips Mengatasi

Lovebird ngekek sambil buka sayap adalah salah satu hal buruk, Namun, akan hilang seketika jika melakukan beberapa cara perawatan selama 1 minggu. Dibawah ini akan ada sedikit ulasan mengenai apa saja penyebab Lovebird mengalami hal tersebut.

Penyebab Lovebird Ngekek Buka Sayap

ngepak sayap

Di bawah ini akan ada beberapa faktor atau penyebab, yang membuat burung Lovebird mengalami hal tersebut.

1. Over Birahi

over birahi bisa membuat Lovebird ngekek sambil buka sayap

Over Birahi adalah ketika Lovebird memiliki tingkat birahi tinggi. Selain berpengaruh pada kualitas ngekeknya, ternyata dengan birahi tinggi ini juga bisa mengakibatkan burung dapat mencabuti bulunya sendiri, menggesek-gesekan kloakanya pada tangkringan. Kondisi ini harus segera ditangani, karena bisa mengganggu penampilan yang menarik Lovebird itu sendiri.

2. Drop Mental

drop mental

Drop Mental pada burung lovebird ini bisa disebabkan, karena pernah bertemu dengan Lovebird yang memiliki mental lebih tinggi darinya. Hal tersebut bisa terjadi kapan saja dan dimana saja. Karena, setiap burung Lovebird memiliki karaktersitik dan juga kualitas mental yang berbeda-beda.

3. Terlalu Jinak

terlalu jinak

Hal tersebut juga bisa terjadi, karena burung memiliki karakter yang terlalu jinak atau manja pad pemilik. Sehingga perilaku demikian bisa terjadi kapan saja jika Lovebird merasa nyaman. Pada dasarnya ini masih berkaitan dengan mental dari burung Lovebird itu sendiri.

4. Full Emosi

emosi tinggi

Jika burung Lovebird memiliki tingkat emosi yang cukup tinggi, hal tersebut juga bisa tejadi. Karena, sifat figter yang ditampilkan oleh Lovebird, akan berkicau sambil mengepakan sayapnya. Hal ini harus segera ditangani, untuk membuat Lovebird memiliki tingkat emosi yang stabil.

5. Faktor Genetik

faktor genetika

Faktor genetik atau garis keturunan juga bisa menjadi penyebab, burung lovebird ngekek sambil buka sayap. Namun, jika hal tersebut sudah menjadi karakter bawaan, maka akan sedikit susah untuk menanganinya.

6. Settingan Pakan

Pakan Kenceng Bisa membuat Lovebird ngekek sambil buka sayap

Pemberian pakan yang menggunakan beberapa bahan atau jenis yang memiliki kandungan protein tinggi, juga bisa mempengaruhi kualitas kicauan burung. Jika pemberian dilakukan dengan prosedur yang tepat hasilnya bisa bagus. Akan tetapi jika sebaliknya, maka akan merusak karakter Lovebird itu sendiri.

Setelah kalian membaca dan mengetahui apa saja penyebabnya, kalian bisa simak kembali tips atau cara mengatasinya seperti di bawah ini. Jangan lupa, baca juga Minuman Agar Lovebird Ngekek Panjang.

Tips Mengatasi Lovebird Ngekek Buka Sayap

beberapa tips untuk mengatasi Lovebird ngekek sambil buka sayap. Kalian bisa simak ulasanya dengan teliti, seperti halnya berikut ini.

1. Terapi Mandi Malam 1 Minggu

Lovebird Mandi Malam untuk Mencegah ngekek sambil buka sayap

Untuk mengatasi Lovebird dengan birahi tinggi atau yang mengakibatkan permasalahan tersebut, kalian bisa menggunakan terapi mandi malam. Terapi ini bisa kalian lakukan pada jam 7 sampai 9 malam. Untuk lebih cepat dalam menurunkan birahi, kalian bisa memandikanya lebih malam dari jam yang kami tentukan.

Seperti pada jam 10 sampai 12 malam. Namun, untuk Lovebird yang tidak terbiasa mandi terlalu malam, maka jangan lakukan terapi tersebut dengan waktu yang lebih larut.

2. Terapi Embun Pagi

Pengembunan Efektif Menyembuhkan Lovebird ngekek buka sayap

Pengembunan di pagi hari juga bida menyembuhan atau menghilangkan karakter kepak sayap saat ngekek. Pengembunan bisa dilakukan pada saat jam 5 atau waktu subuh. Biarkan burung tetap berada di luar rumah, sehingga burung bisa menghirup udara segar. Ini akan menjadi relaksasi tersendiri untuk burung Lovebird.

3. Terapi Glodok

Terapi Glodok

Masih seputar menurunkan birahi burung Lovebird, kali ini kalian bisa menggunakan terapi kotak glodok. Cara ini diklaim oleh sobat kicau, dapat menurukan birahi akan tetapi membutuhkan waktu yang lebih lama, yakni bisa memerlukan sampai 2 mingguan.

4. Terapi Es Batu

Mandi es burung Lovebird

Terapi es batu ini termasuk salah satu cara untuk mengatasi Lovebird over birahi. Bisa dipastikan jika Lovebird mengalami birahi tinggi, akan membuat burung lebih suka mengepakan sayapnya. Karena, hal itu apa terjadi secara spontan pada burung Lovebird.

5. Koloni Dengan Lovebird lain

Koloni untuk mengatasi Lovebird ngekek sambil ngepak

Tips mengatasi berikutnya adalah dengan kalian memasukan burung tersebut, ke dalam kandang koloni. Yang didalamnya sudah ada burung Lovebird lainnya. Karena, hal ini adalah sebuah terapi untuk pembentukan mental yang baik pada burung Lovebird.

Salah satu penyebab burung Lovebird mengepakan sayap adalah drop mental. Jadi, dengan cara ini akan lebih efektif untuk menangani hal tersebut.

6. Terapi Mandi Renang

Lovebird mandi renang

Dengan terapi mandi renang, juga bisa untuk menyembukan atau menetralisir perubahan karakter yang mencolok pad burung Lovebird. Cara ini adalah salah satu metode yang paling banyak digunakan, untuk menghindari Lovebird ngekek sambil ngepak sayap.

7. Jangan Beri Pakan Dengan Tangan

pemberian pakan menggunakan tangan membuat Lovebird ngekek sambil buka sayap

Lovebird yang terlalu jinak, biasanya akan sering mengepakan sayap. Maka dari itu, Lovebird sebaiknya jangan terlalu jinak dan jangan terlalu liar. Agar memiliki karakter yang bagus. Karakter yang stabil akan mempengaruhi kualitas ngekek yang baik, dan akan mendapatkan nilai plus dari juri ketika burung tersebut dilombakan.

FAQ

Apa yang Sangat Diperlukan Dalam Mengatasi Hal ini?

Menurunkan Birahi Lovebird.

Penanganan Paling Benar dan Dianjurkan Adalah?

Dengan Memandikan Lovebird Dimalam Hari.

Akhir Kata

Demikian sedikit pembahasan yang dapat birdsny.com sajikan untuk sobat kicau. Mengenai beberapa penyebab Lovebird ngekek sambil buka sayap atau ngablak dan cara mengatasinya. Burung Lovebird tersebut juga memiliki alasan tersendiri, sampai burung tersebut gemar membuka sayapnya.

Yang paling penting adalah kalian harus memahami terlebih dahulu karakternya. Kalian harus memperhatikan apa yang dilakukan lovebird dan apa akibatnya. Dengan hal tersebut kalian akan mengetahui cara mengatasinya dengan baik.

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *