Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Cara Memandikan Burung Lovebird

CARA MEMANDIKAN BURUNG LOVEBIRD

Cara Memandikan Burung Lovebird – Setiap pecinta burung kicauan khususnya burung Lovebird, harus mengetahui cara memandikan burung Lovebird yang baik. Karena, pemandian ini adalah salah satu perawatan yang perlu atau rutin dilakukan setiap paginya.

Memandikan Lovebird sangat diperlukan, hal ini bertujuan untuk membersihkan tubuh burung dari kotoran. Selain itu, dengan pemandian, burung tersebut akan membuat tubuhnya merasakan bugar kembali.

Perawatan harian akan sangat berpengaruh pada kualitas Lovebird itu sendiri. Dimana burung yang dirawat dengan baik, maka burung tersebut akan mengeluarkan karakter kicauannya.

Jika karakter Lovebird sudah bisa dikeluarkan, maka langkah selanjutnya adalah terus melakukan perawatan serupa dengan konsisten. Karena, saat kicauan yang berkualitas berhasil dikeluarkan, suara ekekan panjanglah yang menambah nilai jualnya.

Cara Memandikan Burung Lovebird Agar Bisa Ngekek Panjang

Perawatan yang baik dan juga konsisten akan membuahkan hasil yang bagus. Maka dari itu, mulai dari cara memandikan burung Lovebird inilah kalian bisa tau seperti apa metode yang baik untuk burung tersebut.

Cara Memandikan Burung Lovebird

Cara Memandikan Lovebird

Cara pemandian burung Lovebird ini relatif sama dengan burung pada umumnya. Yaitu disemprot menggunakan sprayer atau dibiarkan mandi sendiri di dalam keramba. Nah, jika kalian penasaran, kalian simak baik-baik sedikit ulasan berikut ini.

1. Waktu

Waktu yang tepat untuk menjemur Lovebird

Seperti halnya burung pada umumnya, pemandian biasa dilakukan pada saat matahari sudah mulai terbit. Pada jam 07.00 biasanya burung sudah bisa dimandikan. Karena, jika terlalu pagi burung pasti akan merasa kedinginan, dan itu tidak baik untuk kesehatan burung tersebut.

Apalagi burung yang akan dimandikan, sebelumnya belum diembunkan. Itu sangat berbahaya dan akan membuat burung Lovebird merasa kaget, dengan adanya semprotan air dingin tersebut. Sebaiknya burung diangin-anginkan terlebih dahulu sekitar 30 menitan, setelah itu bisa kalian memandikan burung Lovebird.

2. Alat

Gunakan Sprayer untuk Memandikan Lovebird

Kalian bisa menggunakan sprayer untuk memandikan burung Lovebird. Atau juga bisa menggunakan keramba pemandian. Hal ini tergantung dari pola perawatan burung tersebut sebelumnya. Jika biasanya burung tidak mau mandi sendiri, kalian bisa menyemprotkan air dengan sprayer.

Namun, jika burung sudah pandai mandi sendiri, kalian cukup memasukan burung tersebut ke dalam keramba pemandian. Biarkan burung mandi dengan sendirinya, seperti halnya Lovebird Batman yang seringkali terlihat mandi sendiri dalam keramba.

3. Cara

Lovebird mandi sendiri

Biasakan memandikan Lovebird, sampai kondisi sayapnya basah kuyup. Hal ini bertujuan untuk mengeluarkan kualitas kicauannya yang terbaik. Dengan pemandian ini, maka akan meningkatkan stamina serta performa burung, agar lebih prima saat berkicau.

Lakukanlah pemandian sampai basah kuyup, sejak usia Lovebird masih muda. Karena, akan sangat berpengaruh terhadap kualitas burung tersebut, ketika sudah menginjak usia dewasa.

4. Jemur

Setelah memandikan burung Lovebird

Setelah itu, kalian bisa menjemur burung, dan membiarkan burung mengepak-ngepakan sayapnya. Karena, pada saat itu burung akan berusaha mengeringkan bulunya dengan caranya sendiri, juga membersihkan bulu dari sisa-sisa kotoran yang masih menempel. Penjemuran yang baik dilakukan pada pagi hari, waktu yang tepat untuk menemur adalah pada jam 08.00 sampai 10.00.

Saat itu matahari belum terlalu panas, jadi masih aman untuk melakukan penjemuran burung Lovebird. Catatan, jangan menjemur burung melebihi jam 10, apalagi pada saat jam 12 keatas, matahari pada jam tersebut sudah sangat panas dan berbahaya bagi kesehatan bulu dan juga tubuh burung Lovebird.

5. Gantang

Gantang Lovebird di tempat sejuk

Setelah Lovebird dimandikan dan dijemur dengan baik, maka kalian lakukan selanjutnya adalah dengan menggantanggnya ditempat yang sejuk, tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin. Hal ini akan membuat burung merasa relax, dan akan membuat burung bisa ngekek dengan durasi yang cukup panjang.

Pada saat tersebut, juga bisa dilakukan pemasteran dengan suara burung lainya. Karena, pada saat burung merasa tenang dan nyaman, burung tersebut bisa merekam suara masteran dengan baik. Untuk selanjutnya burung bisa mengeluarkan suara masteran tersebut pada suara kicauannya.

Akhir Kata

Dengan melakukan beberapa cara di atas, maka akan ada kemungkinan Lovebird kalian akan semakin gacor dan raji bunyi. Dalam cara memandikan burung Lovebird, memanglah sangat terdengar sepele. Namun, dengan metode pemandian yang benar, justru akan berpengaruh pada kualitas kicauan Lovebird tersebut. Demikian yang dapat birdsny.com sajikan selengkapnya. Terimaksih dan semoga bermanfaat

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *