Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Cara Memelihara Burung Hantu

Cara Memelihara Burung Hantu

Cara Memelihara Burung Hantu – Ada berbagai macam jenis burung yang bisa dijadikan hewan peliharaan. Seperti jenis burung hantu yang bisa dijinakan dan dijadikan teman bermain.

Burung Hantu ini memiliki banyak sekali spesies yang tersebar di seluruh penjuru dunia, dan diantaranya ada di Indonesia. Pemilihan burung tersebut untuk dijadikan hewan peliharaan memang akan terdengar aneh dan menakutkan.

Sebagian orang menganggap burung Hantu ini memiliki nilai mistis yang cukup kuat. Namun, jiaka burung tersebut dipelihara dan dijinakan pastinya akan terlihat keren seperti master Limbad.

Sebenarnya burung hantu ini memiliki sifat atau karakter baik jika sudah berhasil dijinakan, bahkan termasuk burung setia terhadap pemiliknya. Namun, dengan catatan burung memerlukan perawatan dan juga beberapa tips untuk menjinakannya.

Cara Memelihara Burung Hantu

Memeilihara burung Hantu untuk dijadikan teman bermain tentunya akan terlihat menyenangkan dan keren. Jika kalian menginginkan burung tersebut, kalian bisa membelinya di kios-kios burung terdekat. Setelah itu, kalian bisa simak cara memelihara burung Hantu pada ulasan berikut ini.

Cara Memelihara Burung Hantu Untuk Pemula

Cara Memelihara Burung Hantu Untuk Pemula

Ada beberapa metode serta tips untuk memelihara burung Hantu supaya lebih cepat untuk dijinakan. Sehingga, kalian bisa dengan cepat dapat melatih burung tersebut dengan berbagai skill. Cara yang digunakan kali ini adalah :

1. Memelihara Burung Hantu Sejak Anakan

Memelihara Burung Hantu Sejak Usia Dini

Jika kalian ingin memelihara burung Hantu yang mudah dijinakan, maka kalian bisa memilih burung tersebut dan merawatnya sejak anakan atau usia dini. Dengan begitu burung bisa lebih mudah untuk dijinakan dan dilatih berbagai skill oleh pemiliknya. Selain itu, harga burung yang masih anakan ini juga jauh lebih murah, jika dibandingkan dengan burung Hantu dewasa.

2. Siapkan Tempat Untuk Bertengger

Cara Merawat Burung Hantu dengan Menyiapkan Tempat Bertengger

Langkah selanjutnya kalian bisa menyiapkan tempat bertengger untuk burung Hantu. Karena, burung ini tidak suka berada di dalam kandang. Biasanya burung yang dimasukan ke dalam kandang akan mudah mengalami stress dan itu tidak baik bagi burung tersebut.

3. Siapkan Angklet atau Tali Ikat

Jika kalian takut burung Hantu yang sudah kalian beli kabur atau terlepas, kalian bisa menggunakan angklet atau tali ikat yang biasanya digunakan di kaki burung. Kalian dapat membeli angklet tersebut di toko burung ataupun jual beli online.

4. Hindar Penjemuran Terlalu Lama

Jika kalian ingin menjemur burung Hantu, jangan sesekali menjemurnya di bawah terik matahari secara langsung. Karena, hal tersebut akan memperngaruhi kesehatan burung.

5. Mandikan 3 Kali Dalam Seminggu

Memandikan burung Hantu juga harus kalian lakukan namun dengan catatan tidak terlalu sering memandikan burung tersebut. Hal tersebut berguna untuk membersihkan kotoran yang menempel pada bulu burung tersebut. Pastinya burung akan memiliki tubuh yang lebih bugar dan sehat.

6. Berikan Pakan Berkualitas

Beri Pakan Berkualitas

Pemberian pakan berkualitas seperti halnya serangga yang mengandung banyak protein di dalamnya. Kalian bisa memberikan jangkrik atau jenis serangga lainnya.

7. Sering Mengajak Interaksi

Cara Memelihara Burung Hantu Adalah Dengan Sering Berinteraksi

Dengan kalian sering berinteraksi langsung dengan burung tersebut, maka cepat atau lambat burung bisa jinak. Pada intinya, jika kalian menginginkan burung Hantu jinak, sering-seringlah kalian melakukan iteraksi dengan burung tersebut.

8. Rawat Dengan Baik

Perawatan yang baik juga termasuk salah satu cara agar burung Hantu bisa cepat jinak. Namun sebaliknya, jika kalian tidak bisa memperlakukan burung tersebut dengan baik maka burung akan lebih susah untuk dijinakan.

9. Jangan Takut digigit

Jika kalian masih takut digigit burung Hantu itu berarti kalian belum siap memelihara burung tersebut. Lakukan dengan berani namun tetap mematuhi protokol pola perawatan yang baik dan benar.

10. Sering Ajak Bicara

Mungkin akan terdengar aneh, tetapi dengan cara ini banyak orang yang mengaku berhasil menjinakan jenis burung tersebut. Lakukan dengan konsisten serta bersabar dengan lamanya waktu penjinakan.

11. Sering Pegang Area Kepala

Dengan kalian sering memegang area kepala burung tersebut juga bisa dijadikan alat untuk menjinakan burung Hantu. Burung tersebut akan mudah jinak jika merasa nyaman dengan pemiliknya.

12. Jangan Mengganggu Ketika Beristirahat

Jangan Mengganggu Istirahat Burung

Ketika burung Hantu sedang beristirahat di siang hari, sebaiknya kalian jangan mengganggunya. Karena, JENIS BURUNG PELIHARAAN ini merupakan hewan nokturnal atau hewan yang aktif hanya di malam hari.

Itulah beberapa tips dan cara merawat burung hantu yang bisa kalian praktekan sendiri di rumah. Kebanyakan orang diluaran sana menjinakan burung Hantu untuk dijadikan pembasmi tikus dan hama lainnya.

Akhir Kata

Demikian yang dapat birdsny.com sajikan mengenai beberapa cara perawatan burung Hantu untu pemula. Jika memiliki burung Hantu dengan karakter jinak pastinya akan menyenangkan. Terimakasih dan semoga bermanfaat

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *