Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Cara Merawat Murai Batu Borneo

CARA MERAWAT MURAI BATU BORNEO

Cara Merawat Murai Batu Borneo – Burung Murai Batu Borneo berasal dari daerah di kepulauan Kalimantan. Dan burung Murai Batu Borneo ini sudah banyak dipelihara oleh pecinta burung yang berada di beberapa wilayah lain, bahkan sekarang sudah banyak sekali di pulau jawa.

Memiliki Burung Murai Batu memang bisa dinilai sebagai hal membanggakan dan juga menyenangkan. Karena burung ini memiliki kelas tersendiri di kalangan pecinta burung kicauan.

Selain pecinta burung yang hanya memelihara burung ini untuk menjadi kembang teras. banyak juga pecinta burung Murai Batu yang melombakannya, dalam ajang adu mental burung di kelas Murai Batu itu sendiri.

Dengan suara yang cukup merdu, bentuk fisik yang bagus, dan juga panjang ekornya yang menarik membuat banyak orang menyukai Murai Batu ini. Namun, untuk mendapatkan Murai Batu yang memiliki kualitas yang baik, tentunya memerlukan cara perawatan yang tepat. Kali ini kami akan menyampaikan beberapa cara merawat murai batu borneo agar cepat gacor untuk Lomba, simak selengkapnya pada artikel di bawah ini.

Cara Merawat Murai Batu Borneo Cepat Gacor untuk Lomba

Dari cara merawat Murai Batu Borneo juga bisa dijadikan sebagai bekal kalian, agar mempunyai burung Murai Batu Borneo yang gacor serta memiliki jiwa petarung saat dilombakan.

Cara Perawatan Murai Batu Borneo

murai batu borneo 1

Untuk mendapatkan semua itu ada beberapa tips mengenai cara merawat Murai Batu Borneo agar cepat gacor. Dan beberapa tips lainya, akan kami ringkas dengan jelas di bawah ini.

1. Siapkan Sangkar

Cara merawat Murai Batu Borneo yang pertama adalah menyiapkan sangkar yang tepat. Sangkar yang diperlukan Burung Murai Batu Borneo ini cukup dengan melihat ukuran burung, agar Burung merasa nyaman dalam sangkar. sangkar juga harus dalam kondisi bersih dan nyaman, agar burung Murai tetap sehat.

2. Pemberian Pakan

Selain persiapan sangkar yang bersih dan nyaman,kalian juga perlu memperhatikan pola makan burung Murai Batu Borneo dengan baik. Menu pakan yang baik untuk burung Murai Batu Borneo adalah sebagai berikut.

Kroto

Berikan kroto yang masih fresh atau segar. Maksimal pemberian hanya 1 sendok makan untuk satu hari.

Jangkrik

Kalian juga harus memberikan jangkrik 25 ekor setiap hari.

3. Pemandian

Untuk pecinta Burung Kicauan, perlukah kalian mengetahui bagaimana cara memandikan burung ini dengan baik dan benar? Pemandian bisa kalian lakukan setiap hari. Tetapi, jika burung Murai Batu Borneo anda akan di lombakan, maka yang harus kalian lakukan adalah dengan tidak memandikannya selama 2 hari sebelum perlombaan di selenggarakan. Hal ini diperlukan Burung Murai Batu Borneo agar staminanya tetap terjaga.

4. Pemberian Multivitamin

Perawatan Murai Batu Borneo selanjutnya adalah dengan memberikan multivitamin yang tepat. Berikan yang sekiranya cocok untuk burung Murai Batu borneo yang anda pelihara.

Dengan pemberian multivitamin, maka kesehatan dan kebugaran tubuh BURUNG MURAI BATU Borneo selalu terjaga. Kalian bisa memperoleh multivitamin di toko pakan burung, biasanya tersedia dengan berbagai macam jenis dan merk.

5. Penjemuran Rutin

Cara merawat Murai Batu Borneo selanjutnya adalah dengan melakukan aktivitas rutin dalam penjemuran burung. Hal ini diperlukan untuk menjadikan burung lebih leluasa dengan alam sekitar.

Pada saat burung dijemur, sebaiknya lakukan penjemuran hanya 1 burung saja atau tidak melihat burung Murai yang lain. Karena, hal ini akan menghilangkan kefokusan burung tersebut. Penjemuran bisa dilakukan pada jam 7 pagi sampai jam 10 pagi saja sudah cukup.

6. Pengumbaran

Burung Murai ini juga memerlukan sistem umbaran. Agar burung memiliki pernafasan yang panjang, hal ini berguna membuat suaranya menjadi keras dan lantang. Pengumbaran bisa dilakukan selama 1 minggu sekali, dengan media kotak umbar yang memiliki diameter panjang 2 meter, lebar 50 cm, dan tinggi 1 meter saja sudah cukup. Alasan penggunaan kotak umbar dengan ukuran yang lebih luas yaitu agar bulu ekor burung Murai yang panjang menjuntai tidak rusak.

7. Penempatan Sangkar di Lingkungan Nyaman

Hal ini juga diperlukan, karena suasana yang nyaman dan tenang akan membuat Burung Murai ini menjadi gacor atau rajin dalam berbunyi. Dengan cara menaruh kandang Burung Murai pada tepat yang menyerupai habitat aslinya, denga cukup menambahkan beberapa ranting Pohon di sekitar sangkar.

Akhir Kata

Itulah beberapa tips yang dapat birdsny.com berikan mengenai cara merawat Murai Batu Borneo. Agar menjadikan burung memiliki karakter bagus, sehat dan juga menjadi rajin bunyi atau gacor. Jika kalian memiliki burung Murai Batu Borneo, kalian juga bisa merawatnya dengan cara yang sama. Terimakasih dan semoga bermanfaat

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *