Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

9 Cara Setting Murai Batu Sebelum Lomba Agar Bongkar Isian

Cara Setting Murai Batu Sebelum Lomba Agar Bongkar Isian
Advertisements

Cara Setting Murai Batu Sebelum Lomba Agar Bongkar Isian – Seperti diketahui, semua penggemar burung Murai Batu pastinya tidak menginginkan bahwa hewan peliharaan miliknya bersuara monoton (ngeban). Bahkan, lebih parahnya lagi Murai Batu tidak ada variasi isian yang dikeluarkan pada saat mereka mengikuti sebuah perlombaan.

Padahal, variasi kicauan atau materi lagi Murai Batu juga menjadi salah satu poin penting akan menentukan seberapa tinggi kualitas burung ketika dilombakan. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya materi lagi menjadi salah satu kriteria penilaian juri untuk menentukan Murai Batu mana yang layak untuk menjadi juara.

Advertisements

Oleh sebab itu, banyak orang melakukan berbagai macam cara supaya burung kesayangan mereka bisa bongkar isian pada saat mengikuti lomba. Beberapa cara yang bisa dilakukan agar semua performa Murai Batu keluar secara maksimal pada saat mengikuti sebuah kontes yaitu dari segi perawatan harian hingga pemberian pola makannya.

Nah, apabila diantara kalian berencana ingin mengikuti sebuah perlombaan Murai Batu, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu bagaimana cara merawatnya. Untuk membantunya, kali ini kami akan menjelaskan mengenai cara setting Murai Batu sebelum lomba agar bongkar isian dilengkapi dengan tata langkah perawatan harian hingga pemberian pakannya.

Penyebab Murai Batu Tidak Bongkar Isian

Sebelum pembahasan poin utama mengenai cara setting Murai Batu sebelum lomba agar bongkar isian lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu pengertiannya. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, setiap penggemar Murai Batu tentu menginginkan suara ngotot, lantang, gacor dan bervariasi.

Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya variasi suara Murai Batu menjadi salah satu unsur penting sebagai bentuk penilaian dalam sebuah perlombaan. Seperti halnya masalah suara Murai Batu monoton, sebenarnya burung Murai Batu tidak bongkar isian bisa disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya yaitu seperti berikut ini.

Advertisements
  • Materi isian Murai Batu tidaklah banyak karena kurangnya pemasteran.
  • Keberanian atau mental Murai Batu masih kurang untuk tampil bongkar isian dan menyerang karena belum siap saat mengikuti lomba.

Cara Setting Murai Batu Sebelum Lomba Agar Bongkar Isian

Tata Cara Setting Murai Batu Sebelum Lomba Agar Bongkar Isian
Advertisements

Secara garis besarnya, dengan melakukan settingan tepat, suara Murai Batu yang tadinya ngeban juga bisa tampil dengan berani dan bongkar isian. Namun sayangnya, masih banyak orang di luar sana mengeluhkan bahwa mereka merasa kebingungan tentang bagaimana cara setting yang tepat sebelum lomba agar Murai Batu bisa bongkar isian.

Seperti sudah kami singgung sebelumnya, sebenarnya untuk membuat Murai Batu bongkar isian sebelum lomba bisa dilakukan melalui beberapa cara, mulai dari segi perawatan harian hingga pemberian pakannya. Daripada penasaran, berikut akan kami berikan beberapa cara setting Murai Batu sebelum lomba agar bongkar isian.

  1. Berikan Murai Batu porsi jangkrik yang banyak, sekenyangnya tanpa batas saat menjelang H-3 sebelum lomba sampai mendekati perlombaan.
  2. Cara setting selanjutnya yaitu memberikan vitamin khusus untuk burung Murai Batu yang dicampurkan pada air minumnya. Saran kami sebaiknya berikan vitamin tersebut sesuai dengan takaran pada kemasannya.
  3. Kemudian cara berikutnya pada saat sebelum lomba, tepatnya H-2 lomba, Murai Batu dijemur di kandang harian, tidak lagi di kandang umbaran.
  4. Mendekati perlombaan yaitu H-1, pindahkan Murai Batu ke tempat yang tenang agar tidak mendengar suara Murai Batu lainnya dan terpancing untuk bertarung.
  5. Cara setting Muai Baru sebelum lomba agar bongkar isian yaitu dilakukan pada saat hari H, yaitu memberikan jangkrik sebanyak 5 ekor di pagi harinya dan mandikan di bak keramba terlebih dahulu sebelum menuju ke arena perlombaan.
  6. Jangan lupa untuk menjemur dan mengangin-anginkan sebentar sambil kalian memberikan kroto segar sesuai dengan porsinya.
  7. Setelah sampai di lapangan, cara berikutnya kembali berikan jangkrik sebanyak 5 ekor kepada Murai Batu dan tambahkan cilung atau ulat bambu sebanyak 1 ekor.
  8. Kalian juga bisa memberikan ulat daun pisang beserta serbuk-serbuk putihnya sebanyak 1 ekor.
  9. Cara setting Murai Batu sebelum lomba agar bongkar isian terakhir yaitu berikan juga vitamin penggacor burung yang dicampur ke dalam air minum Murai Batu dengan takaran yang sesuai pada kemasannya.

Tips Merawat Murai Batu Agar Bongkar Isian

Perlu diketahui, sebenarnya tidak hanya saat sebelum lomba saja, namun cara setting Murai Batu juga harus kalian lakukan setiap harinya agar mereka mampu tampil berani serta bongkar isian. Maka dari itu, sebagai informasi tambahan di bawah ini akan kami berikan beberapa tips merawat Murai Batu agar bongkar isian.

  • Setiap jam 5 pagi, embunkan Murai Batu dan berikan jangkrik sebanyak 5 ekor.
  • Setelah jam 7 pagi, masukkan Murai Batu ke dalam kandang umbaran agar mereka bisa berjemur dan berolahraga.
  • Ketika Murai Batu berada di kandang umbaran, sebaiknya jangan memberikannya air minum dan voer.
  • Ketika sudah memasuki jam 10, keluarkan Murai Batu dari kandang umbaran dan masukkan ke dalam kandang harian.
  • Cara berikutnya, angin-anginkan Murai Batu kurang lebih selama 30 menit.
  • Setelah itu mandikan Murai Batu di bak keramba sampai puas dan anginkan-anginkan kembali sampai bulunya mengering.
  • Kemudian berikan kroto segera sebanyak 2 porsi sendok makan.
  • Saat memasuki jam 11 sampai 4 sore, beri Murai Batu kerodong dan letakkan pada tempat yang tenang. Agar Murai Batu bisa bongkar isian atau materi lebih banyak, kalian bisa memutar suara burung melalui Mp3 player atau dekatkan Murai Batu ke burung lain seperti Lovebird, Cililin, Kenari, Cucak Jenggot ataupun kapas tembak.
  • Ketika sudah memasuki jam 4 sore, buka kerodong Murai Batu dan kembali angin-anginkan. Jangan lupa untuk memberikannya jangkrik sebanyak 5 ekor.
  • Cara terakhir, kembali kerodong Murai Batu pada jam setengah 6 sore untuk istirahat sampai pagi.

Kesimpulan

Demikian penjelasan dari Birdsny.com seputar tata cara setting Murai Batu sebelum lomba agar mampu bongkar isian, entah itu dari segi perawatan harian maupun pemberian pola pakannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin membuat Murai Batu bongkar isian pada saat mengikuti lomba.

Sumber gambar : steemit.com

Advertisements
Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *