Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

14 Cara Mengatasi Murai Batu Ngeriwik Agar Cepat Gacor & Ngeplong

Cara Mengatasi Murai Batu Ngeriwik

Cara Mengatasi Murai Batu Ngeriwik – Sebagaimana diketahui, selain indah untuk dilihat, Murai Batu juga memiliki suara kicauan yang sangat merdu. Tak heran jika salah satu jenis burung kicauan tersebut kerap menjadi incaran bagi banyak orang untuk dipelihara di rumah, mulai dari kalangan anak muda, dewasa bahkan sampai orang tua.

Semua orang pasti menginginkan bahwa Murai Batu peliharaan mereka berkicau dengan gacor, namun terdapat kendala tersendiri yang membuat mereka menjadi suka ngeriwik. Dimana ngeriwik sendiri merupakan sebuah sebutan untuk kicauan burung dengan nada pelan dan tidak bisa ngotot, termasuk untuk Murai Batu.

Apabila kalian memiliki Murai Batu yang hanya ngeriwik saja, tentunya permasalahan tersebut tidak bisa dibiarkan begitu saja. Segeralah lakukan perawatan ataupun perawatan khusus supaya Murai Batu segera ngeplong dan berkicau dengan gacor. Namun sayangnya, masih banyak orang di luar sana kebingungan bagaimana cara mengatasinya.

Secara garis besar, untuk membuat Murai Batu gacor kembali dapat dilakukan melalui berbagai macam cara, entah itu dari segi pola perawatan harian, pemberian pakan maupun pelatihannya. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai cara mengatasi Murai Batu ngeriwik dilengkapi sejumlah penyebab permasalahannya.

Penyebab Murai Batu Ngeriwik

Penyebab Murai Batu Ngeriwik

Perlu diketahui, munculnya permasalahan pada Murai Batu seperti mereka hanya mau ngeriwik saja dapat disebabkan oleh sejumlah hal, entah itu karena faktor internal ataupun eksternal. Dimana faktor internal sendiri dapat berasal dalam tubuh Murai Batu, mulai dari kesehatan fisik hingga mentalnya.

Sementara segi eksternal dapat berasal dari kurang atau salah perawatan, faktor lingkungan hingga proses pelatihannya. Oleh sebab itu, sebelum membahas poin utama mengenai cara mengatasi Murai Batu ngeriwik lebih lanjut, di bawah ini akan kami jelaskan secara lengkap apa saja penyebab permasalahan tersebut.

  • Murai Batu sedang mabung.
  • Murai Batu kekurangan nutrisi.
  • Mental Murai Batu ngedrop atau kurang fighter.
  • Murai Batu belum bisa beradaptasi dengan lingkungan sekitar.
  • Pola perawatan harian Murai Batu tidak konsisten atau sering mengubah-ubah settingan terlalu cepat.
  • Murai Batu kurang mendapatkan vitamin serta mineral.
  • Murai Batu hasil tangkapan dari hutan.

Cara Mengatasi Murai Batu Ngeriwik

Cara Mengatasi Burung Murai Batu Ngeriwik

Setelah mengetahui beberapa penyebab Murai Batu hanya ngeriwik, maka tahap selanjutnya yaitu tinggal masuk ke pembahasan utama tentang cara mengatasinya. Secara garis besar, tata cara membuat Murai Batu ngeriwik agar mau gacor lagi dapat dilakukan dengan mudah, namun dibutuhkan adanya kesabaran serta ketelatenan.

Sama halnya seperti saat ingin membuat Murai Batu punya mental, cara supaya burung tidak ngeriwik juga bisa dilakukan melalui beberapa hal, entah itu dari segi perawatan harian, pemberian pakan ataupun pelatihannya. Agar lebih jelasnya, di bawah ini akan kami jelaskan secara lengkap bagaimana cara mengatasi Murai Batu ngeriwik untuk semua jenis.

1. Embun Pagi Murai Batu

Cara mengatasi Murai Batu ngeriwik pertama yaitu lakukan pengembunan pada saat pagi hari. Dimana terapi embun ini akan membuat Murai Batu merasa tubuhnya menjadi segar. Rekomendasi ataupun waktu ideal pengembunan Murai Batu dapat dilakukan mulai dari pukul 05.00 pagi.

2. Cari Sinar Matahari

Setelah diberikan terapi embun, maka cara selanjutnya yaitu tinggal meletakkan Murai Batu di bawah sinar matahari. Tujuannya yaitu supaya Murai Batu bisa mendapatkan kehangatan di tubuhnya secara langsung dari sinar matahari. Saran kami sebaiknya jemur Murai Batu selama 15 sampai 30 menit saja.

3. Berikan Murai Batu Pakan EF

Setelah dijemur atau diangin-anginkan namun Murai Batu terlihat gelisah, maka segeralah pindahkan ke tempat yang sejuk. Setelah itu, berikan Murai Batu pakan tambahan atau ekstra fooding (EF) seperti jangkrik atau kroto. Untuk takarannya sendiri bisa dengan 10 ekor jangkrik atau 5 ekor jangkrik dan satu sendok kroto.

4. Kurangi Intensitas Mandi Murai Batu

Cara mengatasi Murai Batu hanya ngeriwik selanjutnya yaitu mengurangi intensitas pemandiannya. Pada intinya, Murai Batu jangan terlalu sering dimandikan, namun kotoran harus tetap dibersihkan setiap hari di dalam kandangnya.

5. Kerodong Murai Batu

Mengkerodong Murai Batu pada juga bisa menjadi salah satu cara atau terapi untuk mengatasi permasalahan di atas. Waktu ideal pengerodongan Murai Batu sendiri sebenarnya saat malam hari, atau pada saat mereka sedang beristirahat.

6. Tempat Istirahat Murai Batu

Mencari tempat istirahat burung yang tepat juga bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi Murai Batu ngeriwik. Cobalah untuk menempatkan sangkar atau kandang Murai Batu di lokasi yang cukup bising, seperti di dekat kamar mandi supaya mereka bisa mendengar suara gemericik air.

7. Berikan Murai Batu Metabolisme

Kemudian cara selanjutnya yaitu memberikan metabolisme kepada Murai Batu secara rutin setiap seminggu sekali. Tujuan pemberian metabolisme sendiri yaitu untuk memancing hasrat Murai Batu berkicau gacor dan ngeplong sehingga tidak hanya ngeriwik saja.

8. Berikan Murai Batu Multivitamin

Cara mengatasi Murai Batu ngeriwik terakhir yaitu masih dari segi pemberian pakan tambahannya, salah satunya yaitu multivitamin. Dimana pemberian multivitamin sendiri bisa dicampurkan pada kroto ataupun air minum Murai Batu di dalam sangkar. Pastikan kalian memberikan multivitamin yang sudah terbukti kandungan ataupun khasiatnya.

Kesimpulan

Itulah sekiranya penjelasan dari Birdsny.com seputar cara mengatasi Murai Batu ngeriwik untuk semua jenis dilengkapi dengan beberapa penyebab permasalahannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak membuat Murai Batu gacor dan ngeplong.

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.