Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Perbedaan Murai Batu Medan Super dan Biasa

Perbedaan Murai Batu Medan Super dan Biasa

Perbedaan Murai Batu Medan Super dan Biasa – Burung Murai Batu saat ini telah menjadi salah satu primadona, di kalangan pecinta burung kicauan. Memiliki perawakan yang gagah, suara merdu, dan juga memiliki gaya saat bertarung yang menarik, hal tersebut menjadikan daya tarik tersendiri.

Suara kicauan bisa menjadi sangat bervariasi, jika pemilik rutin dalam hal memaster burung tersebut. Murai Batu tersebut adalah salah satu burung yang sangat mudah untuk merekam masteran yang didengarnya.

Kemudian, burung tersebut bisa dengan mudahnya mengeluarkan suara kicauan burung lain, dan mengaplikasikannya ke dalam suara kicauanya. Burung Murai Batu tersebut memiliki beragam jenis, beserta daerah asalnya.

Diantaranya adalah Murai Batu Medan, Nias, Lampung, Kalimantan, Jawa, sabang, irian, Borneo dan masih banyak lainnya. Nah, Pada kesempatan kali ini birdsny.com akan membahas mengenai perbedaan Murai Batu Medan super dan biasa.

Perbedaan Murai Batu Medan Super dan Biasa Termudah

Murai Batu Memiliki julukan setiep jenis, yaitu super atau biasa. Hal tersebut karena kualitas ataupun spesifikasi setiap burung. Jadi istilah “Super” tersebut bisa kita artikan sebagai burung Murai Batu yang memiliki kualitas bagus atau prospek.

Perbedaan Murai Batu Medan Super dan Biasa

JENIS MB SUPER TERBAIK

Murai Batu tersebeut pada bagian ekornya memiliki pola berwarna putih stip hitam, berjumlah 4 pasang. Memiliki ekor dengan panjang mencapai 27 sampai 30 cm. Diantara beberapa jenis memiliki ekor yang melengkung, yang bisa terangkat hingga menyentuh kepala. Ada pula jenis ekor yang lurus namun tidak terlalu panjang.

Warna bulunya yaitu hitam legam dan terlihat sangat mengkilap. Jika burung berada di bawah sinar matahari, warna bulunya terlihat semu biru tua. Tubuhnya lebih besar dibandingkan jenis Murai Batu lainnya. Pada Bagian Kaki, untuk Murai Batu Medan Super yang masih muda bisanya memiliki warna merah gelap, sedangkan yang sudah berusia dewasa akan terdapat sisik dan lekukan seperti buah belimbing

Karakteristik Murai Batu Medan Super ini memanglah cukup unik, berbeda dengan jenis lainnya. Hal ini memang menjadikan nilai lebih dan membuat harganya cukup melambung tinggi di pasaran.

Saat ini memang sudah jauh berbeda dengan satu dekade yang lalu, dimana penangkar Murai Batu kini sudah bisa ditemui di berbagai wilayah di Indonesia. Bagi kalian yang masih ragu dengan Murai Batu Medan Super dan Biasa, Kalian bisa langsung mendatangi penangkaran, guna untuk melihat indukan karena itu menunjukan bagaimana kualitas masing-masing burung.

Bagi sebagian orang mungkin masih cukup sulit, untuk melihat perbedaan Murai Batu Medan dan biasa. Apalagi sekarang telah banyak penangkar yang menyilangkannya dengan berbagai jenis Murai Batu Lainnya. Hal ini yang menyebabkan burung tersebut menjadi dibilang biasa, Super adalah istilah anakan dari Murai Medan asli X Medan asli.

Cara Memilih MB Super

Perbedaan Murai Super dan Biasa

Di bawah ini kami akan menyajikan beberapa tips dan cara untuk memilih Murai Batu tersebut. Bisa kalian simak dengan lengkap, guna menambah pengalaman serta ilmu mengenai burung Murai Batu tersebut.

1. Usia

Usia Juga dapat Dijadikan Hal Untuk Membedakan

Jika kalian ingin membeli Murai Batu Super, Kalian diharuskan mempertanyakan usia burung tersebut. Selanjutnya kalian memastikan umur burung Murai Batu Medan tersebut sudah mencapai 4 sampai 6 bulan. Karena, pada usia dibawah itu kebanyakan Murai Batu yang super akan sedikit susah dalam membedakananya.

2. Ekor

Ekor Panjang Murai Batu Super

Pada umumnya burung Murai Batu memiliki ekor dengan rata-rata panjangnya mencapai 19 cm sampai 25 cm. Bahkan lebih, dan kebanyakan EKOR MURAI BATU berbentuk melengkung, tetapi ada sebagian yang memiliki ekor lurus dan juga tidak terlalu panjang.

3. Postur Tubuh

Murai Batu jenis ini memiliki postur tubuh besar. Oleh karena itu, Murai Batu Medan biasnya terlihat semakin besar dan juga tegap, daripada Murai Batu lain.

4. Warna Bulu

Perbedaan Warna Bulu Murai Batu Medan Super dan Biasa

Jika dilihat secara sekilas bulunya berwarna hitam dan mengkilap. Namun, jika terkena sinar matahari secara langsung, biasanya akan terlihat cenderung semu biru tua.

5. Warna Kaki

Burung Murai Batu memiliki warna kaki merah gelap ketika burung tersebut masih berusia muda. Ketika burung tersebut beranjak dewasa, akan terlihat ada sisik, serta lekukan mirip seperti buah belimbing. Dan juga, akan terlihat sekilas bulu berwarna putih bersih, yang berada di area pangkal paha.

6. Suara Kicauan

Jika dilihat dari segi kicauannya. Burung ini memiliki suara kicauan yang sangat bervariasi, dan juga memiliki vokal suara yang keras. Namun, ketika burung tersebut akan menirukan suara burung lain, akan sangat nyaring dari nada asli burung yang ditirunya.

7. Mental Burung

Mental Murai Batu Medan Super

Ketika burung tersebut di uji mentalnya, pasti akan mengeluarkan beberapa gerakan. Sewaktu burung memasuki step emosi dalam bermain, ekor putih akan bergerak seperti ngipas. Tubuh tegak sembari mengeluarkan suara kicauan, yang seolah-olah itulah serangan untuk lawannya.

Di atas ini adalah beberapa tips dan cara memilih burung Murai Batu Super. Lebih pastinya Murai tersebut itu memiliki 4 pasang bulu putih strip hitam pada pola ekornya. Panjang ekornya bisa mencapai 14 sampai 27 cm.

Akhir Kata

Demikian yang dapat birdsny.com sajikan, mengenai beberapa perbedaan Murai Batu Medan Super dan Biasa. Lengkap dengan cara memilih Murai Batu Medan Super. Semoga dengan adanya artikel ini, akan menambah ilmu bagi sobat kicau, tentang burung Murai Batu ini. Terimakasih dan semoga bermanfaat

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *