Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

11 Cara Mengatasi Murai Batu Over Jinak Agar Punya Mental Fighter!!

Cara Mengatasi Murai Batu Over Jinak
Advertisements

Cara Mengatasi Murai Batu Over Jinak – Seperti diketahui, Murai Batu merupakan salah satu jenis hewan peliharaan yang kerap diikutkan lomba ataupun kontes. Dimana Murai Batu sendiri sudah terkenal dengan suara kicauannya yang merdu serta bulu ekornya yang panjang.

Bagi para penggemar Murai Batu, pasti mereka kerap mengalami sebuah permasalahan yang membuat performa burung menjadi menurun. Mungkin salah satu jenis masalah yang kerap dialami oleh para pecinta jenis burung kicauan tersebut yaitu over atau terlalu jinak.

Advertisements

Sebenarnya, Murai Batu over jinak bisa disebabkan oleh sejumlah hal, entah itu dari segi faktor internal maupun eksternal. Meskipun demikian, jangan khawatir karena sebenarnya saat ini masih ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Namun sayangnya, tidak semua penggemar dan pemilik Murai Batu mengetahui bagaimana langkah-langkah mengatasi permasalahan tersebut. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan membahas secara tuntas bagaimana cara mengatasi Murai Batu over jinak, baik itu dari segi pola perawatan harian maupun pemberian pakannya.

Penyebab Murai Batu Over Birahi

Penyebab Murai Batu Over Birahi

Sebelum pembahasan poin utama mengenai cara mengatasi burung Murai Batu over jinak berlanjut, ada baiknya pahami terlebih dahulu beberapa penyebabnya. Seperti sudah disinggung sebelumnya, mengapa salah satu jenis burung peliharaan tersebut terlalu jinak yaitu dapat disebabkan oleh sejumlah faktor.

Kebanyakan burung jenis Murai Batu bersikap over jinak karena pada saat masih umur anakan atau bakalan terlalu di manja oleh pemiliknya. Agar lebih jelasnya, berikut akan kami berikan beberapa faktor penyebab burung Murai Batu over jinak, baik dari segi internal ataupun eksternal.

Advertisements
  • Murai Batu terlalu di manja oleh pemilik.
  • Proses meloloh Murai Batu terlalu lama.
  • Murai Batu terlalu banyak interaksi dengan pemilik.
  • Murai Batu terlalu di istimewakan oleh pemilik.
  • Pemilik terlalu sering menggoda Murai Batu.

Cara Mengatasi Murai Batu Over Jinak

Cara Mengatasi Burung Murai Batu Over Jinak
Advertisements

Setelah mengetahui apa saja penyebab Murai Batu over jinak, selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana langkah-langkah mengatasinya. Pada intinya, kalian harus bisa membuat Murai Batu liar kembali agar sifat beserta tingkah lakunya menghilang secara perlahan.

Solusi untuk mengatasi burung terlalu jinak sebenarnya berbanding terbalik dengan cara mengatasi Murai Batu galak. Daripada penasaran, tanpa berlama-lama lagi langsung saja perhatikan baik-baik tata cara mengatasi Murai Batu over jinak di bawah ini, entah itu dari segi perawatan harian, pemberian pakan hingga pelatihannya.

1. Lakukan Perawatan Keras Murai Batu

Cara mengatasi Murai Batu over jinak pertama yaitu dengan melakukan atau menerapkan perawatan keras. Meskipun cara ini terbilang cukup mengerikan, akan tetapi jangan kalian jangan khawatir karena solusi ini tidak akan membuat takut atau membuat stress Murai Batu.

Maksud dari perawatan keras ini yaitu kalian hanya perlu menunjukan sikap seperti sedang memarahi Murai Batu. Sebagai contoh saat memberikan Murai Batu makanan, cobalah pukul-pukul botol plastik ke lantai. Lakukanlah hal tersebut berulang kali sampai mental Murai Batu kembali kuat.

2. Lakukan Interaksi Seperlunya

Solusi mengatasi Murai Batu terlalu jinak selanjutnya yaitu melakukan interaksi seperlunya saja. Jadi sebaiknya kurangilah durasi interaksi dengan burung jenis Murai Batu, entah itu pada saat memberi makan, memandikan ataupun jenis perawatan harian lainnya. Jika perlu, sesekali hiraukan Murai Batu saat berkicau di depan kalian.

3. Temukan Murai Batu Lawan Secara Rutin

Menemukan Murai Batu dengan lawan secara rutin juga bisa menjadi salah satu cara mengatasi over jinak selanjutnya. Hal ini perlu dilakukan supaya nantinya Murai Batu bisa memiliki naluri liar dan memunculkan jiwa petarungnya. Maka dari itu, bawalah burung ke arena latber supaya Murai Batu memiliki mental.

4. Murai Batu Jangan di Manja

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, salah satu penyebab Murai Batu over jinak yaitu karena mereka selalu di manja. Jadi, untuk menghilangkan sifat terlalu jinak Murai Batu, cobalah untuk mengurangi intensitas interaksinya. Atau kalian juga bisa menghindari pemberian pakan tambahan atau ekstra fooding (EF) Murai Batu secara langsung.

5. Tempatkan Murai Batu di Kandang Ternak

Kemudian cara mengatasi Murai Batu terlalu jinak berikutnya yaitu menempatkannya di kandang atau sangkar ternak. Silahkan tempatkan Murai Batu di kandang ternak selama kurang lebih sekitar 2 sampai 4 minggu. Namun, pastikan kalian selalu mengecek pakannya, jangan sampai kehabisan.

6. Lakukan Terapi Full Kerodong Murai Batu

Cara mengatasi Murai Batu over jinak terakhir yaitu dengan melakukan terapi full kerodong saat malam hari. Silahkan kerodong Murai Batu di dalam sangkar dan jauhkan dari burung Murai Batu lainnya. Cara ini perlu dilakukan supaya memancing Murai Batu memunculkan sifat liarnya. Akan tetapi, cara ini juga harus dibarengi dengan penjemuran saat pagi hari maupun sore hari.

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa saat ini untuk mengatasi Murai Batu terlalu jinak bisa dilakukan melalui berbagai macam cara. Akan tetapi, supaya Murai Batu bisa memiliki mental petarungnya kembali, dibutuhkan adanya kesabaran serta ketelatenan dari pemiliknya.

Demikian sekiranya penjelasan dari Birdsny.com seputar cara mengatasi Murai Batu over jinak dilengkapi dengan penyebab masalahnya, entah itu dari segi pola perawatan harian, pemberian pakan hingga pelatihannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin mengatasi Murai Batu terlalu jinak.

Advertisements
Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.