Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

7 Ciri Ciri Cucak Ijo Jantan yang Belum Nopeng Wajib Diketahui!

Ciri Ciri Cucak Ijo Jantan yang Belum Nopeng

Ciri Ciri Cucak Ijo Jantan yang Belum Nopeng – Bagi para pecinta burung kicauan, pastinya jika berbicara tentang Cucak Ijo menjadi salah satu bahasan paling menarik. Akan tetapi, bagi para pemula biasanya mereka akan merasa sedikit kebingungan ketika ingin membedakan antara Cucak Ijo jantan dan betina, terlebih lagi saat masih berusia anakan.

Dimana Cucak Ijo sendiri merupakan salah satu jenis burung yang cukup banyak digemari oleh para kicau mania karena suara kicauannya yang unik dan merdu. Secara garis besarnya, burung yang memiliki nama lain Murai daun ini mempunyai warna yang didominasi oleh hijau, entah itu di bagian kepala, leher, badan hingga sayap Cucak Ijo.

vitamin burung

Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya Cucak Ijo yang mempunyai topeng sendiri sudah bisa dipastikan memiliki kelamin jantan sehingga jika dijual akan berpotensi mendapatkan harga tinggi. Namun, ciri Cucak Ijo nopeng sendiri baru akan terlihat apabila usianya sudah menginjak dewasa, kira-kira sekitar 18 bulan.

Maka dari itu, apabila kalian ingin membeli Cucak Ijo jantan anakan, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu bagaimana tata cara memilihnya. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai ciri ciri Cucak Ijo jantan yang belum nopeng, entah itu dari segi fisik, tingkah laku atau sikap hingga suaranya.

Pengertian Cucak Ijo Nopeng

Sebelum pembahasan poin utama mengenai ciri ciri Cucak Ijo jantan yang belum nopeng berlanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu sekilas pengertiannya. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, nopeng merupakan sebuah ciri yang menjadi tanda bahwa jenis burung peliharaan tersebut memang benar-benar berkelamin jantan.

Dimana kondisi nopeng sendiri tanda utamanya sendiri umumnya akan terlihat sempurna ketika Cucak Ijo sudah memasuki usia dewasa yaitu sekitar 18 bulan. Akan tetapi, usia tersebut sebenarnya tidak bisa menjadi sebuah patokan, pasalnya terdapat beberapa jenis Cucak Ijo yang memiliki nopeng meskipun usianya belum mencapai 18 bulan.

Ciri Ciri Cucak Ijo Jantan yang Belum Nopeng

Ciri Cucak Ijo Jantan yang Belum Nopeng

Setelah mengetahui sekilas pengertian mengenai Cucak Ijo nopeng, selanjutnya kalian juga harus mengerti apa saja ciri-cirinya. Seperti halnya saat mengenali karakteristik Cucak Ijo Mini, sebenarnya saat ini Cucak Ijo jantan yang belum nopeng bisa dilihat dari berbagai macam hal, mulai dari segi fisik hingga tingkah lakunya.

Namun sayangnya, mungkin mengenali Cucak Ijo jantan yang belum nopeng akan sedikit lebih sulit apabila kalian termasuk sebagai pemula di dalam dunia kicau mania. Nah, daripada penasaran langsung saja simak baik-baik ciri ciri Cucak Ijo jantan yang belum nopeng berikut ini.

1. Mata Cucak Ijo

Ciri Cucak Ijo Jantan yang belum bertopeng pertama bisa dilihat dari segi mata dan sekitar bulatan mata burung. Pada Cucak Ijo jantan, biasanya bentuk matanya terlihat bulat sempurna dengan warna kuning di sekitar yang cenderung lebih tebal. Sedangkan Cucak Ijo betina matanya lebih oval atau lonjong serta warna kuningnya tidak terlalu tebal.

2. Paruh Bawah Cucak Ijo

Kemudian ciri selanjutnya yaitu bisa dilihat dengan cara mengamati bagian bawah paruh Cucak Ijo. Cucak Ijo jantan bagian bawah paruhnya umumnya membentuk sudut cenderung lebih runcing dengan warna kemerahan. Berbeda dengan betina yang tidak membentuk sudut, melainkan huruf U tumpul dengan warna cenderung putih pucat.

3. Leher Cucak Ijo

Bagian leher juga bisa menjadi salah satu faktor penting apabila ingin mengetahui ciri ciri Cucak Ijo jantan yang belum nopeng. Meskipun antara Cucak Ijo jantan dan betinanya mempunyai leher kuning, namun bedanya pejantan memiliki warna lebih kuat dan melebar sehingga terlihat kontras dengan bulu hijau cantiknya.

4. Bentuk Paruh Cucak Ijo

Selain dari mata hingga lehernya, mengenali Cucak Ijo jantan yang belum nopeng juga dapat dilihat dari bentuk paruhnya. Dimana pada burung Cucak Ijo jantan sendiri memiliki bentuk paruh lebih tebal serta memanjang. Sedangkan Cucak Ijo betina paruhnya sedikit lebih tipis.

5. Perilaku Cuca Ijo

Karakteristik Cucak Ijo jantan yang belum nopeng terakhir bisa dilihat dari segi tingkah laku ataupun sikapnya pada saat berdiri. Pasalnya, Cucak Ijo jantan biasanya akan bersikap lebih tegap, dadanya membusung dan kakinya terangkat ketika dalam keadaan ataupun posisi berdiri. Sementara betina kurang tegak, membungkuk dan bahkan kakinya lebih menekuk.

Tips Merawat Cucak Ijo Jantan Anakan

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai ciri ciri Cucak Ijo jantan yang belum nopeng dari berbagai macam hal, mulai dari segi fisik hingga tingkah lakunya. Nah, setelah mendapatkan Cucak Ijo jantan anakan dan ingin merawatnya supaya tidak mati dan bisa gacor, sebaiknya ikuti beberapa tips di bawah ini.

  • Jinakkan Cucak Ijo jantan bakalan.
  • Pilih jenis pakan berkualitas.
  • Perhatikan ukuran kandang Cucak Ijo.
  • Letakkan kandang atau sangkar di tempat tenang.
  • Rutin memandikan Cucak Ijo.
  • Selalu bersihkan kandang Cucak Ijo.
  • Lakukan pemasteran Cucak Ijo.

Kesimpulan

Demikian sekiranya penjelasan dari Birdsny.com seputar ciri ciri Cucak Ijo jantan yang belum nopeng dari segi fisik hingga perilaku dilengkapi dengan tips merawatnya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin membeli Cucak Ijo jantan bakalan atau anakan.

Sumber gambar : otosection.com

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.