Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Umur Cucak Ijo Keluar Trotol Hitam

UMUR CUCAK IJO KELUAR TROTOL HITAM

Umur Cucak Ijo Keluar Trotol Hitam – Membedakan jenis kelamin Burung Cucak Ijo yang masih anakan memang sangat susah. Karena, diantara Cucak Ijo anakan yang berjenis kelamin jantan dan betina, jika dilihat sekilas hampir serupa.

Sebenarnya akan mudah untuk memedakan jenis kelamin Cucak Ijo anakan. Yaitu pada saat umur Cucak Ijo keluar trotol hitam pada bagian bawah paruhnya atau sisi leher.

Pada umur 10 bulan Cucak Ijo keluar trotol hitam pada area lehernya. Hal ini bisa ditunjukan pada burung Cucak Ijo yang berjenis kelamin jantan saja. Karena, pada leher Cucak Ijo betina tidak akan keluar trotol hitam yang sering disebut nopeng.

Jika Cucak Ijo sudah mulai nopeng, maka saat itu pula burung tersebut sudah bisa dimaster dengan suara burung lainnya. Hal ini bertujuan untuk menambah variasi suara kicauan yang dihasilkan Cucak Ijo tersebut ketika sudah beranjak dewasa.

Umur Cucak Ijo Keluar Trotol Hitam

Cucak Ijo trotolan yang sudah tubuh bulu totol hitam pada bagian muka atau lehernya, walaupun masih beberapa helai bulu saja sudah dapat dipastikan bahwa burung tersebut 100 % berjenis kelamin Jantan. Umumnya bulu totol hitam akan tumbuh pada saat usia burung menginjak 8 atau 9 bulan.

UMUR CUCAK IJO TUMBUH TROTOL HITAM ADALAH KETIKA 6 SAMPAI8 BULAN

Agar trotolan Cucak ijo cepat tumbuh bulu hitam atau nopeng, maka harus diberikan perawatan yang tepat dan juga harus mendapatkan pakan yang berkualitas. Agar terpenuhi kebutuhan nutrisi hariannya, selama masa pertumbuhannya termasuk mempercepat pertumbuhan bulu-bulu barunya.

Cara Cucak Ijo Trotolan Cepat Nopeng

CARA AGAR CUCAK IJO CEPAT TUMBUH TROTOL HITAM

Kalian bisa memberikan pakan yang mengandung banyak protein dan gizi lengkap. Hal ini untuk menjadikan kebutuhan nutrisi Cucak Ijo tersebut terpenuhi. Jadi, berikanlah beberapa pakan seperti di bawah ini.

Buah-Buahan
PEMBERIAN BUAH TERBAIK UNTUK CUCAK IJO AGAR CEPAT TUBUH TROTOL HITAM
  • Pisang kepok.
  • Pepaya.
  • Apel.
  • Sawo.
  • Jambu biji dan lainnya.

Pemberian buah dengan menu yang sedikit bervariasi, berguna untuk menjadikan burung Cucak Ijo tidak merasa bosan. Kandungan nutrisi di dalam setiap buah-buahan tersebut juga berbeda-beda. Pastinya hal tersebut untuk memenuhi kebutuhan nutrisi burung, pada saat masa pertumuhannya, agar memiliki tumbuh kembang yang baik.

Ektra Fooding(EF)

Jangkrik

PEMBERIAN JANGKRIK UNTUK CUCAK IJO AGAR CEPAT TUMBUH TROTOL HITAM

Jangkrik tersebut megandung protein yang cukup tinggi. Karena itu, serangga tersebut menjadi salah satu menu makanan tambahan untuk Cucak Ijo trotolan. Kalian bisa memberikan jangkrik secukupnya saja, dan pastikan burung tersebut mau makan jangkrik. Agar pertumbuhan fisik, otak, daya ingat, karakter, akan memiliki tumbuh kembang yang baik.

Ulat Hongkong

ULAT HONGKONG UNTUK CUCAK IJO

Ulat hongkong jika dikonsumsi dalam jumlah sedikit, maka efeknya akan dapat menghangatkan tubuh burung. Jika ulat hongkong tersebut diberikan dalam jumlah yang banyak, maka akan menimbulkan kerontokan pada bulu burung.

Maka dari itu, tujuan pemberian ulat hongkong pada Cucak Ijo trotolan adalah agar bulu-bulunya cepat rontok, sehingga akan berganti dengan bulu yang baru atau bulu dewasa. Atau bisa dibilang akan berubah menjadi nopeng atau bulu yang berwarna hitam tersebut.

Kroto

KROTO SEGAR UNTUK BURUNG CUCAK IJO

Fungsi utama kroto adalah untuk meningkatkan birahi burung. Sehingga, burung akan tetap rajin dalam berkicau. Kandungan proteinnya yang sangat tinggi juga dapat mempercepat tumbuhnya bulu baru. Biasanya burung yang sedang mengalami pertumbuhan atau masa pergantian bulu, akan mengurangi kualitas kicauannya. Maka dari itu, dengan memberikan kroto inilah, yang bertujuan untuk menghindarkan burung dari resiko macet bunyi.

Pemandian
PEMANDIAN CUCAK IJO DI DALAM KERAMBA

Pemandian juga harus tetap dilakukan dengan konsisten atau rutin. Karena, dengan kita sering memandikan burung Cucak Ijo trotolan. Akan membuat bulunya mudah untuk terlepas, dan akan cepat berganti dengan yang baru. Selain itu, tetap saja proses pemandian bertujuan untuk membersihkan bulu burung Cucak Ijo tersebut.

Penjemuran
PENJEMURAN CUCAK IJO

Penjemuran burung pada pagi hari juga berguna untuk menjadikan burung tetap sehat. Karena, pada pagi hari sinar matahari mengandung vitamin D, yang berguna untuk menyehatkan tubuh burung. Agar pada masa pergantian bulu, daya tahan tubuh burung menjadi tetap terjaga.

Pemberian Multivitamin
PEMBERIAN MULTIVITAMIN PADA BURUNG CUCAK IJO

Untuk sekedar tambahan saja, pemberian VITAMIN BURUNG juga bisa dilakukan pada saat burung Cucak Ijo trotolan mengalami proses pergantian bulu atau mabung nopeng. Untuk tetap menjaga kesehatan tubuh burung, dan menjadikan burung tetap fokus dalam masa dimana bulu tua berganti dengan bulu muda.

Akhir Kata

Demikian yang dapat birdsny.com sajikan, mengenai umur Cucak Ijo keluar trotol hitam dan cara Cucak Ijo trotolan agar cepat nopeng. dengan adanya artikel ini, semoga kalian menjadi memiliki wawasan dan pengetahuan yang bertambah luas, tentang burung kicauan khususnya burung Cucak Ijo tersebut. Terimakasih dan semoga bermanfaat

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Ciri Lovebird Berjodoh

Hidayat
3 min read

Asal Usul Lovebird Kusumo

Hidayat
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *