Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

22 Ciri Cucak Ijo Mini yang Bagus & Pola Perawatan Hariannya!!

Ciri Cucak Ijo Mini yang Bagus
Advertisements

Ciri Cucak Ijo Mini yang Bagus – Sebagaimana diketahui, di Indonesia burung Cucak Ijo terbagi menjadi beberapa jenis, salah satunya yaitu Cucak Ijo mini yang sudah cukup terkenal di kalangan kicaumania. Dimana Cucak Ijo mini sendiri mempunyai beberapa sebutan lain bagi kicaumania, mulai dari Laser Green Leafbird, Cucak daun hingga Cimin.

Sesuai dengan namanya, Cucak Ijo mini ternyata memang memiliki bentuk atau ukuran tubuh tergolong kecil. Apabila Cucak Ijo biasa ukuran normalnya adalah 22 cm, maka Cucak Ijo mini hanya berukuran sekitar 17 cm saja. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa burung tersebut dikenal dengan sebutan mini (kecil).

Advertisements

Berbicara mengenai Cucak Ijo mini, memang masih ada beberapa orang di luar sana yang belum paham terkait ciri-cirinya, entah itu dari segi fisik, suara hingga tingkah lakunya. Bahkan beberapa penggemarnya juga terkadang merasa kesulitan ketika hendak membedakan antara Cucak Ijo mini jantan dan betina.

Oleh sebab itu, jika kalian ingin mencari dan membeli Cucak Ijo mini yang bagus, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu bagaimana ciri-cirinya. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan membahas secara lengkap mengenai ciri Cucak Ijo mini yang bagus dilengkapi dengan cara perawatannya, entah itu Cucak Ijo mini jantan ataupun betina.

Ciri Cucak Ijo Mini yang Bagus

Ciri Burung Cucak Ijo Mini yang Bagus

Perlu diketahui, meskipun Cucak Ijo mini memiliki ukuran tubuh kecil, akan tetapi karakter suaranya sebenarnya hampir mirip seperti suara burung Cucak Ijo biasa. Dimana mereka mampu mengeluarkan suara nyaring dan terkadang untuk suara ngeriwik Cucak Ijo Mini juga tidak terlalu nyaring.

Sebagai informasi tambahan, sebenarnya Cucak Ijo mini dibagi menjadi 2 sub spesies, yaitu Chlorpsis Cyanopogon dan Chloropsis Cyanopogon Septentrionalis. Sub spesies Cucak Ijo mini pertama banyak dijumpai di wilayah utara Semenanjung Malaysia sampai barat dara wilayah Thailand.

Advertisements

Sedangkan sub spesies Cucak Ijo mini kedua kerap ditemukan di wilayah Sumatera, Kalimantan hingga selatan Semenanjung Malaysia. Daripada penasaran, di bawah ini adalah sejumlah ciri Cucak Ijo mini yang bagus untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan di rumah ataupun dijadikan sebagai petarung dalam perlombaan.

  • Ukuran tubuh Cucak Ijo mini cenderung lebih kecil dari Cucak Ijo biasa, yaitu sekitar 17 cm sampai 18 cm.
  • Bulu tubuh Cucak Ijo mini berwarna hijau matang yang agak gelap, bahkan lebih gelap dari Cucak Ijo biasa.
  • Cucak Ijo mini yang bagus tidak memiliki warna bulu biru di semua bagian tubuhnya.
  • Biasanya dari jauh Cucak Ijo mini sulit untuk terlihat, terlebih lagi jika sedang berkamuflase dengan daun-daun hijau.
  • Ciri Lingkar kaca mata Cucak Ijo mini yang bagus berwarna kuning.
  • Suara Cucak Ijo mini bagus, keras, nyaring serta merdu.
  • Seringkali Cucak Ijo mini suaranya tidak konsisten, kadang keras dan kadang pelan.
  • Cucak Ijo mini dewasa umumnya memiliki leher berwarna hitam seakan-akan terlihat seperti jenggot.

Perbedaan Cucak Ijo Mini Jantan & Betina

Setelah mengetahui penjelasan di atas, mungkin kalian sudah mengetahui beberapa ciri Cucak Ijo mini yang bagus untuk dipelihara. Meskipun demikian, masih ada sebagian kalangan kicaumania di luar sana yang masih bingung bagaimana cara membedakan antara Cucak Ijo mini jantan dan betina.

Sebenarnya untuk membedakan antara Cucak Ijo mini jantan dan betina bisa dilihat dari ciri fisiknya. Agar lebih jelasnya, berikut akan kami bahas secara lengkap bagaimana cara membedakan Cucak Ijo mini jantan dan betina dari fisiknya, mulai dari postur tubuh, warna, suara hingga bentuk paruhnya.

Ciri Cucak Ijo Mini Jantan

Ciri Cucak Ijo Mini Jantan
  • Ciri Cucak Ijo mini jantan yang bagus mempunyai postur tubuh proporsional, sementara betina memiliki bentuk tubuh cenderung gemuk.
  • Suara Cucak Ijo mini jantan lebih nyaring.
  • Warna bulu Cucak Ijo mini jantan bercorak.
  • Cucak Ijo mini jantan memiliki warna bulu hitam di bagian dagu.
  • Cucak Ijo mini jantan mempunyai paruh berwarna coklat gelap, namun di bagian bawahnya berwarna hitam dengan bentuk runcing.
  • Ketika burung berumur 4 bulan, terdapat beberapa helai bulu bagus berwarna kuning. Akan tetapi ketika sudah dewasa, lama-kelamaan warna tersebut berubah menjadi hitam bagus.
  • Tulang supit Cucak Ijo mini jantan keras serta rapat.
  • Kulit kaki pejantan hitam dan bersisik.

Ciri Cucak Ijo Mini Betina

Ciri Cucak Ijo Mini Betina
  • Ciri bulu tubuh Cucak Ijo mini betina yang bagus memiliki warna kusam dan tidak bercorak.
  • Lingkar warna mata Cucak Ijo mini betina putih ketika sudah dewasa.
  • Tulang supit Cucak Ijo mini betina renggang serta lunak.
  • Bagian bawah paruh Cucak Ijo mini betina berwarna putih bersih.
  • Pupil warna Cucak Ijo mini betina berwarna coklat.
  • Cucak Ijo mini betina memiliki kaki bersisik, akan tetap tidak memiliki totol hitam.

Cara Merawat Cucak Ijo Mini

Cara Merawat
Advertisements

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai ciri Cucak Ijo mini yang bagus untuk dipelihara, entah itu jantan maupun betina. Kemudian untuk perawatan Cucak Ijo mini juga perlu diperhatikan, mulai dari memandikan, penjemuran, pemberian pakan beserta pola perawatan harian lainnya.

Tentunya pola perawatan harian Cucak Ijo mini akan berbeda dengan cara merawat Cucak Ijo ketika mabung. Adapun cara merawat Cucak Ijo mini supaya mereka bisa tetap sehat sehingga mampu mengeluarkan performa maksimalnya tersebut diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

  • Lakukan terapi pengembunan Cucak Ijo mini dengan cara di angin-anginkan pada pagi hari.
  • Setelah itu, mandikan Cucak Ijo mini dengan cara memasukkannya ke dalam keramba ataupun disemprot.
  • Kemudian jemur burung selama 2 jam di bawah jam 10 pagi.
  • Untuk pemberian pakannya, kalian bisa memberikan ekstra fooding (EF) berupa 5 ekor jangkrik setiap hari, 1 cepuk ulat kandang serta kroto sebanyak 2 kali seminggu.
  • Setiap 2 sampai 3 hari sekali, berikan Cucak Ijo mini pakan dari buah-buahan manis seperti semangka, jeruk manis, pisang kepok putih ataupun pepaya.
  • Lakukan pemasteran Cucak Ijo mini pada siang hari.
  • Pada saat cuaca lingkungan sekitar ada angin kencang atau hujan, ada baiknya lakukan terapi full kerodong.
  • Selain itu, bersihkan sangkar atau kandang Cucak Ijo mini secara rutin agar terjaga kesehatannya.

Harga Cucak Ijo Mini

Setelah mengetahui ciri Cucak Ijo mini yang bagus antara jantan dan betina, selanjutnya kalian juga harus mengerti berapa kisaran harganya di pasaran Indonesia. Umumnya, harga Cucak Ijo mini sedikit lebih murah dibandingkan dengan harga Cucak Ijo biasa.

Untuk Cucak Ijo mini yang masih bahan atau bakalan, biasanya orang-orang menjualnya dengan harga kurang lebih sekitar Rp 200.000 sampai Rp 250.000. Sementara untuk Cucak Ijo mini sudah gacor, harganya akan sedikit lebih mahal, yakni mencapai Rp 350.000 hingga Rp 400.000.

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa saat ini untuk mengetahui ciri Cucak Ijo Mini yang bagus dapat dilihat dari berbagai macam faktor, mulai dari fisik, suara hingga perilakunya. Namun, jika ingin memelihara Cucak Ijo mini untuk dijadikan sebagai petarung, maka pastikan bahwa burung tersebut berkelamin jantan.

Demikian sekiranya penjelasan dari Birdsny.com seputar ciri Cucak Ijo mini yang bagus untuk dipelihara mulai dari ukuran, bentuk tubuh, suara, warna, bentuk paruh hingga tingkah lakunya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak membeli Cucak Ijo mini di pasaran.

Advertisements
Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.