Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Perbedaan Cucak Kombo Jantan dan Betina

Perbedaan Cucak Komo Jantan dan Betina

Perbedaan Cucak Kombo Jantan dan Betina – Terdapat banyak sekali jenis burung kicau di Indonesia, salah satunya adalah Cucak Kombo. Burung tersebut adalah jenis penghisap madu selain burung kolibri.

Memiliki suara indah jika sudah gacor atau rajin berkicau. Tipe kicauan yang dikeluarkan cukup unik yaitu mirip seperti suara tembakan jeda rapat, ropelan, serta ngeroll panjang cocok untuk dijadikan masteran.

Jika sobat berniat untuk menjadikannya sebagai masteran, maka sebaiknya pilih cucak kombo berjenis kelamin jantan. Sebab, suara kicauan cucak kombo jantan biasanya lebih nyaring serta bervariasi dari si betina.

Namun, apabila sobat membelinya di pasar ombyokan pastinya akan cukup merasa kesulitan. Sebab, dalam hal ini kalian memerlukan ilmu pengetahuan mengenai perbedaan cucak kombo jantan dan betina.

Perbedaan Cucak Kombo Jantan dan Betina

Perbedaan Burung Cucak Kombo Jantan dan Betina

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai perbedaan cucak kombo antara jantan dan betina, sebaiknya sobat simak terlebih dahulu sebenarnya cucak kombo tersebut itu termasuk jenis burung apa, habitat, serta kebiasaannya di alam bebas

Jadi, meskipun jenis burung ini memiliki sebutan cucak, tapi sebenarnya bukanlah termasuk ke dalam keluarga burung cucak-cucakan atau merbah. Melainkan jenis burung penghisap madu atau honey eater.

Memiliki nama latin Lichmera Lombokia ini merupakan salah satu burung endemik asli Indonesia. Biasanya sobat dapat menjumpainya di kepulauan Lombok, Flores NTT, hingga Sumbawa NTB.

Masih sama seperti halnya kolibri, cucak kombo juga termasuk spesies dilindungi. Karena, memiliki peran penting dalam menyuburkan bunga secara alami, serta berguna untuk keseimbangan ekosistem alam ini.

Namun, masih banyak perburuan liar serta pedagangan jenis burung tersebut di pasar burung. Sebab, Cucak kombo sendiri dapat dijadikan sebagai media pemasteran bagi jenis burung lainnya.

Cucak kombo juga memiliki keunikan lain yaitu spesies monomorfik, atau sulit dilihat perbedaan jantan dan betina. Nah, untuk membantu sobat melihat perbedaan tersebut, silahkan simak baik-baik ulasan berikut.

Ciri Fisik Cucak Kombo Jantan

Ciri Fisik Cucak Kombo Jantan

Untuk memudahkan kalian dalam mengetahui perbedaan jantan dan betina, berikut ini adalah ciri fisik cucak kombo jantan. Agar lebih jelas, silahkan simak baik-baik tabel di bawah ini.

Postur tubuhLebih panjang dan besar
Warna buluLebih gelap
AlisBerwarna hitam dan tebal
ParuhBesar dan panjang dan ujungnya hitam
SayapBulu warna abu-abu kehijauan
LeherBercak warna hitam
KakiHitam dan terlihat kering
EkorUjungnya rapat dan lebih panjang
Suara KicauLebih keras dan bervariasi

Itulah beberapa ciri fisik untuk mengetahui perbedaan yang terletak pada cucak kombo jantan. Perbedaan paling jelas burung jantan yaitu pada suara kicauannya, yaitu jantan lebih keras dan bervariasi jika dibandingkan dengan betina.

Ciri Fisik Cucak Kombo Betina

Ciri Fisik Cucak Kombo Betina

Kemudian, jika kalian masih merasa kebingungan mengenai perbedaan betina, silahkan kalian bisa langsung simak baik-baik ulasan berikut ini.

Postur tubuhLebih kecil dan pendek
Warna buluLebih cerah
AlisTipis dan warna cenderung memudar
ParuhHitam dan bawahnya terdapat bulu kuning
SayapWarna bagian ujung kuning terang
LeherBerwarna kuning kehijauan
KakiWarnanya cenderung memudar
EkorLebih pendek dan ujungnya mengembang
Suara KicauLebih pelan dan monoton

Diatas ini adalah ciri fisik untuk mengetahui perbedaan cucak kombo betina. Cara paling mudah yaitu dapat dilihat dari warna bulunya. Sebab, betina memiliki perbedaan warna bulu cukup menonjol yaitu lebih cerah jika dibandingkan dengan jantan.

Perbedaan Postur Tubuh

Postur Tubuh

Jadi, saat dilihat dari postur tubuh cucak kombo juga terdapat perbedaan yaitu dari ukurannya. Jantan lebih besar memanjang, jika dibandingkan betina.

Perbedaan Warna Bulu

Warna Bulu 2

Perbedaan cucak kombo juga dapat dilihat pada warna bulunya. Warna cucak kombo jantan lebih gelap, sedangkan betina terlihat cerah. Nah, perbedaan tersebut adalah cara paling mudah untuk mengetahui jenis kelamin cucak kombo.

Perbedaan Alis

Perbedaan Alis

Kemudian, jika dilihat dari bagian alisanya juga terdapat perbedaan diantar kedua jenis kelamin. Cucak kombo jantan memiliki alis lebih tebal warnanya tegas, sedangkan betina memiliki alis cenderung tipis berwarna pudar.

Perbedaan Paruh

Paruh 1

Paruh antara cucak kombo jantan dan betina juga memiliki perbedaan yaitu jantan lebih besar dan panjang. Sedangkan betina biasanya memiliki paruh cenderung pendek serta kecil.

Perbedaan Sayap

Sayap 1

Pada bagian sayap perbedaan paling terlihat yaitu pada bulu berwarna kuning. Cucak kombo jantan memiliki sayap berwarna abu-abu kehijauan, sedangkan untuk betina yaitu lebih cerah bulu berwarna kuningnya.

Perbedaan Leher

Leher

Nah, pada bagian lehernya yaitu juga terdapat perbedaan. Burung jantan memiliki bintik hitam di area lehernya, sedangkan betina yaitu bagian lehernya berwarna kuning kehijauan tanpa terdapat bintik.

Perbedaan Kaki

Perbedaan Kaki

Jika dilihat dari bagian kakinya, burung jantan dan betina memiliki perbedaan. Jantan memiliki kaki berwarna hitam mengering, sedangkan kaki betina yaitu warnanya lebih memudar.

Perbedaan Ekor

Perbedaan Ekor

Ekor cucak kombo juga memiliki perbedaan, yaitu jantan memiliki ekor yang lebih panjang serta bentuknya rapat hingga bagian ujungnya. Sedangkan ekor cucak kombo betina yaitu ukurannya lebih pendek, serta pada bagian ujungnya terlihat sedikit mengembang.

Perbedaan Suara Kicau

Suara Kicau

Perbedaan terakhir untuk mengetahui jenis kelaminnya yaitu dengan mendengarkan suara kicauanya. Jadi, cucak kombo jantan sendiri memiliki suara kicauan lebih merdu bervariasi.

Sedangkan perbedaan suara kicau betina yaitu lebih pelan cenderung monoton, atau memiliki kicauan yang tidak bervariasi. Monoton adalah satu nada kicau yang dikeluarkan secara berulang-ulang.

Kesimpulan

Demikian informasi dari birdsny.com mengenai perbedaan cucak kombo jantan dan betina. Dapat dilihat dari ciri fisik keduanya, hanya saja membutuhkan ketelitian serta kesabaran untuk mengetahuinya. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *