Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Sayap Cucak Ijo Jantan Semua Jenis (Ukuran, Bentuk & Warna)

Sayap Cucak Ijo Jantan

Sayap Cucak Ijo Jantan – Salah satu jenis burung liar yang kini mulai banyak dipelihara dan dibudidayakan oleh para pecinta burung kicauan yaitu Cucak Ijo. Burung kecil berwarna hijau ini dapat kalian temui dalam beragam jenis, mulai dari Cucak Ijo Banyuwangi, Cucak Ijo Kalimantan, Cucak Ijo Sumatera, Cucak Ijo Mini dan lain sebagainya.

Secara garis besar, semua jenis Cucak Ijo yang tersebar di seluruh Indonesia mempunyai karakteristik serta ciri-cirinya masing-masing. Akan tetapi, tidak semua orang khususnya bagi para pemula yang bisa membedakan antara Cucak Ijo jantan dengan Cucak Ijo Betina.

Perlu diketahui, sebenarnya cara membedakan antara Cucak Ijo jantan dan betina dapat dilakukan dengan mudah, salah satunya dengan melihat sayapnya. Hal ini dikarenakan sayap antara burung jantan dan betina memiliki sedikit perbedaan yang bisa dijadikan sebagai acuan ketika hendak membedakannya.

Maka dari itu, supaya tidak salah memilih ketika hendak membeli Cucak Ijo Jantan, sebaiknya pahami terlebih dahulu karakteristiknya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap bagaimana sayap Cucak Ijo Jantan, baik itu dari segi bentuk fisik, ukuran, warna dan lain sebagainya.

Keunggulan Cucak Ijo Jantan

Sebelum pembahasan utama mengenai ciri khusus atau karakteristik sayap Cucak Ijo Jantan, sebaiknya pahami terlebih dahulu beberapa keunggulannya. Salah satu keunggulan burung Cucak Ijo jantan yaitu terletak pada suara atau kicauannya.

Dimana suara Cucak Ijo jantan sudah terkenal merdu serta gacor, bahkan bisa sampai ngentrok. Sementara Cucak Ijo betina tidak dapat berkicau secara merdu seperti yang diharapkan. Jadi, pada intinya suara Cucak Ijo jantan lebih lantang dan jernih daripada betina.

Akan tetapi, pastinya harga Cucak Ijo jantan akan sedikit lebih mahal jika dibandingkan dengan betinanya, baik itu dari anakan, bakalan ataupun bahan. Selain suara, jenis Cucak Ijo jantan juga nantinya akan mempengaruhi harga jualnya di pasaran.

Sayap Cucak Ijo Jantan

Ciri Sayap Cucak Ijo Jantan

Seperti dijelaskan sebelumnya, kebanyakan orang mungkin sedikit merasa kesulitan ketika hendak membedakan antara Cucak Ijo jantan dan betina, khususnya bagi pemula. Hal tersebut dikarenakan untuk membedakannya dibutuhkan adanya tingkat ketelitian beserta kecermatan cukup tinggi.

Tentunya, untuk membedakan antara Cucak Ijo jantan dan betina ini nantinya sangat berpengaruh terhadap mental, tipe suara, jenis serta kontes ataupun lomba. Selain itu, kegiatan ini juga sebenarnya perlu dilakukan ketika seseorang hendak membeli Cucak Ijo bakalan, anakan ataupun bahan.

Salah satu cara untuk mengidentifikasi apakah Cucak Ijo tersebut berkelamin jantan atau tidak yaitu bisa dilihat dari bentuk, warna hingga ukuran sayap. Sebagian besar dari pecinta burung kicauan pasti sudah mengetahui bahwa sayap Cucak Ijo didominasi oleh warna hijau terang, baik itu di bagian luar ataupun dalamnya.

Namun, sebenarnya terdapat sedikit perbedaan antara sayap Cucak Ijo jantan dengan betina. Dimana sayap Cucak Ijo jantan memiliki sedikit corak berwarna hitam, baik itu di pangkal, ujung bulu ataupun di tengah-tengah sayap.

Dengan kata lain, Cucak Ijo jantan memiliki sedikit corak warna hitam di bagian sayapnya, sementara untuk betinanya tidak memiliki warna hitam sama sekali. Untuk bentuk atau ukuran tubuh Cucak Ijo sebenarnya sama saja, yaitu rata-rata berukuran panjang 22 cm. Dengan kata lain,

Tips Memilih Cucak Ijo Jantan

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai ciri khas ataupun karakteristik sayap Cucak Ijo jantan, baik itu dari segi ukuran, bentuk fisik hingga corak warnanya. Selanjutnya, kalian juga harus mengerti bagaimana cara yang baik dan benar dalam memilih Cucak Ijo jantan.

Cara pemilihan Cucak Ijo jantan ini perlu dilakukan supaya nantinya burung tersebut bisa mampu mengeluarkan suara kicauan merdu, keras serta lantang ketika mengikuti kontes atau lomba. Agar lebih jelasnya, berikut adalah beberapa tips memilih Cucak Ijo Jantan.

  • Pastikan bagian bawah paruh Cucak Ijo memiliki sudut lancip atau lebih runcing.
  • Paruh Cucak Ijo jantan memiliki warna cokelat kemerahan yang lama-kelamaan akan berangsur menjadi hitam pekat.
  • Bentuk paruh Cucak Ijo jantan sedikit lebih panjang serta tebal.
  • Bentuk kelopak mata Cucak Ijo jantan berbentuk bulat sempurna berwarna kuning lebih tebal secara melingkar.
  • Warna kuning bagian leher Cucak Ijo muda Jantan lebih tebal, melebar serta kontras.
  • Gaya Cucak Ijo jantan saat berdiri sangat tegap dengan kaki terangkat.
  • Biasanya Cucak Ijo jantan lebih suka membusungkan dadanya.

Akhir Kata

Dari pembahasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa untuk membedakan jenis kelamin Cucak Ijo sebenarnya bisa dilihat dari segi bentuk, ukuran atau warna sayapnya. Namun, jika memang masih bingung, di atas juga sudah kami jelaskan bagaimana tips mendapatkan Cucak Ijo jantan berkualitas.

Demikian sekiranya penjelasan dari Birdsny.com seputar ciri khas atau karakteristik sayap Cucak Ijo jantan untuk semua jenis mulai dari ukuran, bentuk fisik hingga warnanya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak membeli Cucak Ijo jantan bakalan.

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *