Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

7 Ciri Murai Batu Mental Jelek : Penyebab & Cara Mengatasi

Ciri Murai Batu Mental Jelek

Ciri Murai Batu Mental Jelek – Selain mempunyai suara kicauan merdu dan tubuh mempesona, Murai Batu juga seringkali dijadikan sebagai petarung oleh pemiliknya. Namun, untuk membuat Murai Batu sebagai petarung, tentunya dibutuhkan usaha besar supaya mereka bisa memiliki mental bagus.

Seperti diketahui, memelihara Murai Batu dengan mental bagus pastinya menjadi keinginan utama bagi para pemilik salah satu jenis burung peliharaan tersebut. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya memiliki Murai Batu dengan mental bagus pastinya akan memiliki sejumlah prestasi serta menjadi kebanggaan tersendiri.

Akan tetapi, masih ada sebagian penggemar Murai Batu di luar sana mengeluhkan bahwa mereka kesulitan ketika saat sedang merawat dan melatih mentalnya. Bahkan sebagian besar dari mereka juga seringkali mengalami masalah seperti mental Murai Batu jelek atau bahkan ngedrop sehingga tidak pernah juara.

Maka dari itu, jika Murai Batu kalian jarang bunyi atau bahkan tidak mau bunyi sama sekali, biasanya hal tersebut dikarenakan mentalnya jelek. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan membahas secara lengkap mengenai ciri Murai Batu mental jelek dilengkapi dengan penyebab hingga cara mengatasinya.

Ciri Murai Batu Mental Jelek

Ciri Burung Murai Batu Mental Jelek

Perlu diketahui, memiliki pengetahuan terkait sifat dan karakter Murai Batu memang harus dimiliki oleh seorang kicaumania. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya ketika seseorang memahami sifat serta karakter Murai Batu, maka dapat dipastikan bahwa mereka akan mengetahui seberapa besar perkembangannya.

Selain itu, kalian jadi juga bisa mencegah ataupun mengatasi permasalahan pada Murai Batu, salah satunya yaitu mental jelek. Daripada penasaran, di bawah ini akan kami berikan beberapa indikasi atau ciri mental Murai Batu jelek, entah itu dari segi tingkah laku hingga suaranya.

1. Sikap Murai Batu Berubah

Ciri Murai Batu mental jelek pertama yaitu adanya perubahan sikap. Tentunya perubahan sikap tersebut dapat mengindikasikan bahwa Murai Batu sedang mengalami drop mental. Maka dari itu, penting bagi pemilik Murai Batu untuk memperhatikan pola sikap atau tingkah laku setiap harinya.

2. Murai Batu Malas Berkicau

Seperti diketahui, Murai Batu merupakan salah satu jenis burung paling aktif dalam berkicau. Jadi, jika Murai Batu sudah mulai malas berkicau atau bersuara, maka bisa dipastikan bahwa mentalnya sedang jelek. Apabila sudah sampai seperti itu, maka segeralah evaluasi tata cara atau pola perawatan hariannya.

3. Bunyi Kicau Murai Batu Jelek

Ciri Murai Batu mental jelek selanjutnya sebenarnya masih berkaitan pada poin sebelumnya. Dimana meskipun Murai Batu masih mau berkicau, namun kualitas suaranya seiring berjalannya waktu semakin menurun atau buruk. Adapun beberapa kondisi yang bisa dijadikan sebagai acuan bunyi kicau Murai Batu jelek yaitu suaranya tidak merdu, tersendat hingga putus-putus.

4. Murai Batu Hilang Nafsu Makan

Ciri-ciri lainnya ketika mental Murai Batu sedang ngedrop yaitu mereka akan kehilangan nafsu makan. Maka dari itu, apabila Murai Batu kehilangan nafsu makan secara drastis, maka dapat dipastikan bahwa mentalnya sedang jelek. Permasalahan ini tidak boleh dibiarkan begitu saja, sebab lama-kelamaan bisa membuat Murai Batu sakit, bahkan mengalami kematian karena kekurangan gizi.

5. Murai Batu Kurang Gairah

Ciri terakhir Murai Batu mental jelek yaitu mereka kurang bergairah. Dimana kurang bergairah dalam hal ini yaitu mereka menjadi malas bergerak dan beraktivitas, entah itu di dalam sangkar ataupun kandang keramba saat dimandikan. Dengan kata lain, tingkah laku atau perilaku agresifnya terlihat menurun secara drastis.

Penyebab Murai Batu Mental Jelek

Setelah mengetahui ciri Murai Batu mental jelek, selanjutnya kalian juga harus mengerti apa saja hal yang menyebabkan permasalahan tersebut. Secara garis besar, penyebab mental Murai Batu ngedrop atau jelek bisa dikarenakan oleh berbagai macam hal, entah itu faktor internal ataupun eksternal.

Perlu diketahui, sebenarnya faktor utama mengapa mental Murai Batu jelek yaitu karena pola perawatan hariannya salah, salah satunya yaitu seperti saat burung kurang perhatian dari pemiliknya. Selain itu, Murai Batu mental jelek selanjutnya bisa disebabkan karena adanya gangguan kesehatan pada tubuhnya.

Ketika Murai Batu memiliki masalah dalam kesehatannya, maka bisa dipastikan bahwa mereka akan kehilangan performanya, seperti yang semula gacor kemudian menjadi seperti burung bakalan. Agar lebih jelasnya, di bawah ini adalah ringkasan beberapa penyebab Murai Batu memiliki mental jelek.

  • Murai Batu tidak pernah diperhatikan oleh pemilik.
  • Perawatan Murai Batu asal-asalan.
  • Murai Batu sering dilombakan atau ditemukan dengan lawannya dalam keadaan kurang fit.
  • Murai Batu mengalami perubahan pola perawatan hariannya sehingga membuatnya stress dan kehilangan mental.
  • Murai Batu kalah mental karena kaget atau ketakutan saat melihat lawannya.

Cara Mengatasi Murai Batu Mental Jelek

Cara Mengatasi Murai Batu Mental Jelek

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai ciri Murai Batu mental jelek dilengkapi beberapa penyebab permasalahannya. Sebenarnya cara untuk mengatasi atau mengembalikan mental Murai Batu terbilang cukup mudah, asalkan mengetahui tahapan-tahapannya.

Selain itu, proses menaikkan mental Murai Batu menjadi fighter atau petarung juga dibutuhkan adanya kesabaran serta ketelatenan. Adapun beberapa tips atau cara mengatasi Murai Batu mental jelek tersebut diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

  • Saat Murai Batu sedang berada di rumah, segera lakukan full kerodong agar mereka bisa lebih tenang.
  • Gantung sangkar Murai Batu di tempat tenang serta jauh dari keberadaan hewan lainnya di dalam rumah selama beberapa hari.
  • Selama proses mengembalikan mental Murai Batu, sebaiknya manjakan mereka dengan memberikan pakan kesukaannya seperti jangkrik ataupun jenis serangga lainnya.
  • Apabila Murai Batu menyukai buah, silahkan berikan buah-buahan yang sudah diolesi dengan madu.
  • Hindari memandikan Murai Batu saat mental mereka sedang jelek.
  • Berikan suplemen mineral dan vitamin tambahan guna menjaga kondisi tubuhnya tetap fit.

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa Murai Batu yang sedang mengalami penurunan mental bisa ditandai dengan beberapa hal, entah itu dari segi perilaku, kondisi fisik ataupun suaranya. Meskipun demikian, jangan khawatir karena masih ada beberapa solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Demikian sekiranya penjelasan dari Birdsny.com seputar ciri Murai Batu mental jelek dilengkapi dengan penyebab hingga tata cara mengatasinya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika Murai Batu peliharaan mentalnya ngedrop.

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.