Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

√ Pola Ekor Murai Batu Bordan : Ukuran, Bentuk & Potongan Warna

Pola Ekor Murai Batu Bordan
Advertisements

Pola Ekor Murai Batu Bordan – Seperti diketahui, sebagian besar pecinta burung kicauan pasti sudah tidak asing lagi dengan nama Murai Batu Bordan. Dimana Murai Batu Bordan ialah salah satu jenis burung kicauan dari hasil silangan antaran Murai Batu Kalimantan (Borneo) dan Murai Batu Medan.

Mungkin kalian juga pastinya sudah mengetahui bahwa Murai Batu Medan maupun Murai Batu Borneo memiliki kelebihannya masing-masing. Murai Batu Medan dikenal mempunyai suara kicauan yang sangat variatif dengan gaya tarung nagen, sedangkan Murai Batu Borneo memiliki kekhasan dalam gaya bertarungnya.

Advertisements

Pastinya masing-masing kelebihan tersebut nantinya akan diberikan kepada keturunan hasil perkawinannya, yaitu pada Murai Batu Bordan. Namun sayangnya, masih ada beberapa orang di luar sana yang belum paham benar mengenai karakteristik Murai Batu Bordan, entah itu dari segi fisik, warna hingga pola ekornya.

Maka dari itu, supaya mendapatkan Murai Batu Bordan berkualitas ketika hendak membelinya, sebaiknya pahami terlebih dahulu bagaimana karakteristiknya. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan membahas secara tuntas bagaimana pola ekor Murai Batu Bordan, baik itu dari segi ukuran, bentuk hingga potongan warnanya.

Karakteristik Murai Batu Bordan

Karakteristik Murai Batu Bordan

Sebelum pembahasan utama mengenai pola ekor Murai Batu Bordan berlanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu sekilas karakteristik burung tersebut. Seperti sudah disinggung sebelumnya, Murai Batu Bordan ialah burung hasil kawin silang antara Murai Batu Medan jantan dengan Murai Batu Borneo betina.

Dari hasil persilangan tersebut diharapkan Murai Batu Bordan memiliki karakteristik mental fighter, gaya bertarung bagus serta suara gacor. Secara garis besar, karakter Murai Batu Bordan cenderung lebih condong ke Murai Batu Medan, khususnya pada bagian postur tubuh dan motif bulu ekor.

Advertisements

Jenis Murai Batu Bordan dinilai mempunyai suara dan irama lagi yang sangat bervariasi serta tembakan lebih keras. Selain itu, ciri unik lainnya dari Murai Batu Bordan yaitu mereka kerap memainkan ekornya ketika bertarung melawan musuh Murai Batu lain di lapangan ataupun di perlombaan.

Pola Ekor Murai Batu Bordan

Pola Ekor Burung Murai Batu Bordan
Advertisements

Setelah mengetahui karakteristik Murai Batu Bordan, selanjutnya kalian juga harus memahami bagaimana pola atau motif ekornya. Menurut beberapa penggemar Murai Batu senior, pola ekor Murai Batu Bordan hampir sama seperti pola ekor Murai Batu Medan, bukan pola ekor Murai Batu Borneo.

Selain itu, Murai Batu Bordan juga tidak terlalu gembung seperti Murai Batu Borneo ketika sedang bertarung dengan lawan. Namun, anakan atau bakalan Murai Batu Bordan hanya akan menggembungkan bulu-bulu pada bagian bawah dadanya saja, itupun tidak terlalu mencolok tidak seperti Murai Batu pola ekor gembung.

Untuk ukuran panjang ekor Murai Batu Bordan yaitu sedang, mirip dengan ekor Murai Batu Lampung atau Murai Batu Jambi. Sementara pola ekor Murai Batu Bordan sendiri ada yang berbentuk W, V atau U dengan lidi berwarna hitam dan putih menyesuaikan warna bulunya, mirip seperti Murai Batu Medan.

Kelebihan Murai Batu Bordan

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap bagaimana pola atau ciri ekor Murai Batu Bordan, entah itu dari segi bentuk, ukuran hingga potongan warnanya. Selanjutnya juga akan kami jelaskan beberapa keunggulan yang menjadi sebuah alasan mengapa banyak orang lebih memilih Murai Batu Bordan ketimbang Jenis Murai Batu lainnya.

Jika dilihat dari indukannya, maka Murai Batu Bordan akan memiliki gaya bertarung atraktif, suara kicauan variatif, mental bertarung yang bagus, stamina prima serta power kuat. Agar lebih jelasnya, di bawah ini akan kami berikan sejumlah keunggulan ataupun kelebihan dari Murai Batu Bordan.

  • Gaya main Murai Batu Bordan cenderung lebih tenang atau anteng ditangkringan dan hanya memainkan kepala naik turun sambil memainkan suara-suara ngeroll.
  • Murai Batu Bordan mempunyai mental fighter tinggi.
  • Murai Batu Bordan memiliki gaya ngeplai ketika membawakan lagu serta mengeluarkan suara-suara tembakan.
  • Murai Batu Bordan memiliki variasi lagi lebih lengkap dengan volume suara lebih keras serta tembus.
  • Saat berkicau, Murai Batu Bordan tidak hanya menggerakkan kepala ke bawah dan ke atas saja, namun juga bisa lebih menekan ke bawah, bahkan sampai ke bawah tangkringan.

Untuk mendapatkan Murai Batu Bordan berkualitas, beberapa orang menyarankan bahwa sebaiknya pilihlah burung yang menggunakan ring, dan kalau bisa ring dari peternakan terkenal. Hal tersebut bukan tanpa alasan, sebab Murai Batu Bordan dengan ring biasanya berasa dari pembudidaya besar dengan indukan pilihan berkualitas.

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa karakteristik Murai Batu Bordan hampir mirip seperti Murai Batu Medan, entah itu dari segi fisik, suara maupun pola ekornya. Sementara jika dilihat dari segi mental, maka Murai Batu Bordan mewarisi mental juara dari Murai Batu Kalimantan atau Borneo.

Demikian sekiranya penjelasan dari Birdsny.com seputar pola ekor Murai Batu Bordan, entah itu dari segi ukuran, bentuk, potongan motif hingga potongan warnanya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak memilih serta membeli Murai Batu Bordan berkualitas.

Advertisements
Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.