Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

9 Daun Daunan untuk Pakan Ayam Kaya Gizi dan Nutrisi 2022

Daun Daunan untuk Pakan Ayam
Advertisements

Daun Daunan untuk Pakan Ayam – Kesehatan unggas memang berpengaruh pada jenis asupan yang diberikan. Mulai dari pakan, vitamin, hingga racikan jamu dari sang pemilik juga turut ambil andil.

Namun ada satu pakan ayam alami yang terbukti menjadi sumber gizi paling komplit bahkan sejak zaman nenek moyang. Hal tersebut tentunya tidak lain dan tidak bukan adalah daun daunan. Faktanya daun daunan untuk pakan ayam memang memberi manfaat besar.

Advertisements

Namun informasi seputar daun daunan tersebut nampaknya ditangkap secara keliru. Pasalnya banyak orang menggunakan daun daunan untuk pakan ayam secara sembarangan. Alhasil, nutrisi dari ayam jadi tidak terpenuhi dan mudah terserang penyakit.

Guna meluruskan masalah di atas, maka pada kesempatan kali ini kami akan memberikan rekomendasi daun daunan untuk pakan ayam yang berkualitas. Jadi kesehatan ayam tetap terjaga serta kebutuhan akan gizinya bisa seimbang.

Rekomendasi Daun Daunan untuk Pakan Ayam Bergizi Tinggi

Semua daun daunan pada daftar rekomendasi dijamin mudah untuk kalian peroleh. Selain mudah didapatkan, pakan alami ini juga memiliki gizi yang tinggi bagi ayam. Agar dapat memberikan gambaran yang jelas, berikut daftar beberapa daun daunan bagi ayam.

1. Daun Kelor sebagai Daun Daunan untuk Pakan Ayam

1. Daun Kelor sebagai Daun Daunan untuk Pakan Ayam

Masyarakat Indonesia tentu sering menjumpai daun kelor di lingkungan sekitarnya. Namun disadari atau tidak, ternyata daun kelor memiliki manfaat yang besar apabila dijadikan sebagai pakan ayam. Lantas mengapa bisa demikian?

Advertisements

Sejak zaman dahulu, kelor dipercaya sebagai salah satu daun daunan yang mampu meredam tingkat stres pada ayam. Selain itu, terdapat kandungan zat untuk mencegah kerusakan ginjal ayam dan meningkatkan intensitas produksi telur.

Jadi tidak salah apabila kelor menjadi rekomendasi daun daunan yang cocok dijadikan sebagai pakan. Kendati demikian, penyajian daun tersebut juga harus benar. Silahkan campurkan daun daunan tersebut pada pakan sehingga mudah dicerna.

2. Daun Selada

2. Daun Selada

Daun Selada memang terkenal sebagai lalapan yang nikmat di meja makan. Namun tanaman tersebut juga memiliki manfaat besar sebagai pakan untuk ayam. Apa yang membuat jenis daun daunan ini cocok diberikan pada ayam?

Bagi kalian yang belum mengetahui tentang selada, dalam selembar daun hijau tersebut terdapat setidaknya 4 nutrisi bagi kesehatan ayam. Beberapa nutrisi tersebut antara lain vitamin A, vitamin K, penambah darah (Zat Besi), dan Asam Folat.

Hanya dengan satu lembarnya saja, Selada sudah mampu mencukupi kebutuhan nutrisi tersebut secara lengkap. Jadi penting bagi para peternakan menambahkan daun ini kedalam menu pakan untuk ayam.

3. Daun Wortel sebagai Daun Daunan untuk Pakan Ayam

3. Daun Wortel sebagai Daun Daunan untuk Pakan Ayam

Wortel baik bagi kesehatan mata apabila dikonsumsi oleh manusia. Namun daun dari tanaman tersebut memiliki manfaat yang besar sebagai pakan ayam. Mengapa daun daunan dari wortel bergizi bagi ayam?

Berdasarkan penelitian medis, daun wortel terbukti memiliki kandungan Mineral tinggi. Selain itu, daun daunan wortel juga mengandung Magnesium, Potasium, serta Kalsium. Apa manfaat kandungan tersebut bagi kesehatan ayam?

Apabila kandungan tersebut dicampurkan kedalam pakan untuk ayam, maka secara kesehatan dapat memperlancar peredaran darah. Imbasnya, unggas jadi lebih bugar, berotot, serta memiliki ketahanan dari berbagai penyakit.

4. Daun Sawi

4. Daun Sawi

Daun daunan selanjutnya untuk makanan ayam adalah Sawi. Sayuran ini mudah dijumpai di berbagai pasar tradisional serta warung. Secara harga, sudah pasti sawi sangat murah untuk dijadikan pakan ayam. Namun, apakah harga murah tersebut mencerminkan kualitas gizinya?

Sepertinya asumsi tentang daun Sawi tersebut tidak benar. Pasalnya dalam selembar daun sawi, kalian dapat menjumpai vitamin A dan C untuk menjaga imunitas ayam. Selain itu, daun daunan tersebut juga mampu mempercepat regenerasi sel.

Itulah mengapa jangan membuang sisa daun Sawi. Alangkah baiknya apabila diolah secara benar dan dijadikan sebagai pakan untuk ayam. Dengan demikian, ayam jadi sehat meski hanya makan daun daunan.

5. Daun Bayam sebagai Daun Daunan untuk Pakan Ayam

5. Daun Bayam sebagai Daun Daunan untuk Pakan Ayam

Selanjutnya terdapat daun Bayam untuk dijadikan sebagai pakan ayam. Seperti kita ketahui bersama, bayam memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia. Sama halnya dengan ayam, daun bayam juga berfungsi menambah zat besi pada tubuh.

Zat besi bagi ayam dapat membantu produktivitas unggas tersebut dalam memproduksi telur tiap tahunnya. Itulah mengapa beberapa peternak sering mencampurkan bayam pada pakan ayam.

6. Daun Pisang Muda

6. Daun Pisang Muda

Daun pisang muda memang menjadi pakan favorit untuk ayam. Tentunya karena daun daunan tersebut mampu menambah stamina. Jadi tidak heran apabila banyak peternak mencampurkannya dengan pakan untuk ayam.

7. Daun Kangkung sebagai Daun Daunan untuk Pakan Ayam

7. Daun Kangkung sebagai Daun Daunan untuk Pakan Ayam

Menyantap Cah Kangkung sebagai hidangan memang terasa sangat nikmat. Namun tahukah kalian jika tanaman satu ini sangat bermanfaat sebagai pakan ayam? Sebagai catatan, daun kangkung dapat melancarkan pencernaan pada unggas.

Namun disisi lain, pemberian kangkung secara berlebihan juga dapat menyebabkan ayam menjadi lemas serta tidak aktif. Jadi silahkan gunakan daun daunan tersebut sesuai takaran agar tidak berimbas buruk untuk ayam.

8. Daun Pepaya

8. Daun Pepaya

Ayam peliharaan kalian mudah sekali terkena penyakit? Solusinya cukup mudah, yaitu berikan daun daunan pepaya. Pasalnya daun tersebut memiliki kandungan enzim Papain yang berperan sebagai antibiotik bagi tubuh unggas.

9. Daun Singkong sebagai Daun Daunan untuk Pakan Ayam

9. Daun Singkong sebagai Daun Daunan untuk Pakan Ayam
Advertisements

Terakhir ada daun singkong yang sejak jaman nenek moyang dipercaya sebagai pakan alami untuk ayam. Pasalnya dalam selembar daun singkong setidaknya ditemukan beberapa kandungan seperti Protein dan Mineral.

Akhir Kata

Ternyata daun daunan untuk pakan ayam yang bergizi bisa kita temui di alam sekitar. Silahkan mulai berikan ayam kalian dengan pakan alami sesuai rekomendasi di atas. Sekian informasi dari Birdsny semoga dapat memberikan manfaat dan tambahan pengetahuan.

Advertisements
Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.