Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

5 Manfaat Daun Kelor Untuk Kenari Biar Tambah Gacor!

Manfaat Daun Kelor Untuk Kenari
Advertisements

Manfaat Daun Kelor Untuk Kenari – Kenari merupakan salah satu jenis burung kicauan seringkali dijadikan sebagai hewan peliharaan banyak orang. Selain suara kicauannya yang merdu, burung Kenari juga mempunyai bulu tubuh yang indah dan cantik sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi para peminatnya.

Akan tetapi, untuk mendapatkan performa terbaik dari Kenari tersebut, tentunya dibutuhkan adanya perawatan harian yang baik dan benar. Dimana salah satu jenis perawatan yang mungkin harus selalu kalian perhatikan yaitu tentang pemberian pakannya, entah itu pakan utama maupun pakan tambahan (ekstra fooding).

Advertisements

Salah satu jenis pakan tambahan atau ekstra fooding (EF) yang tergolong cukup sering diberikan untuk Kenari agar mereka tambah gacor yaitu daun kelor. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya daun kelor sendiri mempunyai cukup banyak kandungan gizi dan nutrisi yang pastinya sangat bermanfaat bagi kesehatan Kenari.

Maka dari itu, apabila diantara kalian berencana untuk memberikan daun kelor sebagai pakan tambahan bagi Kenari, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu sejumlah manfaatnya. Nah, untuk membantunya kali ini kami akan menjelaskan mengenai beberapa manfaat daun kelor untuk Kenari dilengkapi dengan tata cara hingga waktu ideal pemberiannya.

Kandungan Nutrisi Daun Kelor

Kandungan Nutrisi Daun Kelor

Salah satu alasan kenapa banyak orang memanfaatkan daun kelor sebagai pakan tambahan bagi Kenari yaitu karena sejumlah kandungan nutrisi dan gizi di dalamnya. Oleh sebab itu, sebelum membahas poin utama mengenai manfaat daun kelor untuk semua jenis burung Kenari lebih lanjut, berikut kami berikan beberapa kandungan nutrisi dan gizi di dalamnya.

  • Protein.
  • Serat.
  • Lemak.
  • Karbohidrat.
  • Mineral.
  • Kalsium.
  • Kalium.
  • Magnesium.
  • Fosfor.
  • Besi.
  • Sulfur.
  • Asam oksalat.
  • Vitamin A.
  • Vitamin B (kolin).
  • Vitamin B1 (thiamine).
  • Vitamin B2 (roboflavin).
  • Vitamin B3.
  • Vitamin C.
  • Vitamin E.

Manfaat Daun Kelor Untuk Kenari

Manfaat Daun Kelor Untuk Burung Kenari
Advertisements

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, daun kelor seringkali dijadikan sebagai pakan tambahan atau ekstra fooding (EF) bagi burung Kenari. Hal ini dikarenakan kandungan nutrisi dan gizi daun kelor mempunyai sejumlah khasiat bagi burung Kenari. Adapun beberapa manfaat daun kelor untuk Kenari tersebut diantaranya yaitu seperti berikut ini.

Advertisements

1. Membuat Suara Kenari Lebih Merdu

Manfaat pertama daun kelor untuk burung Kenari yaitu mampu membuat suara kicauannya menjadi lebih merdu. Selain itu, daun kelor juga dipercaya mampu membuat nafas Kenari lebih panjang sehingga kemungkinan besar akan membuatnya menjadi semakin gacor.

2. Meningkatkan Stamina Kenari

Beberapa kandungan nutrisi dan gizi seperti protein, kalsium, zat besi hingga vitamin di dalam daun kelor juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan stamina Kenari. Terlebih lagi, daun kelor mengandung kalium yang besarnya 15 kali lebih besar apabila dibandingkan dengan buah pisang.

3. Menjadi Sumber Energi Kenari

Kemudian manfaat daun kelor untuk Kenari selanjutnya yaitu dapat menjadi sumber energi atau tenaga di dalam tubuhnya. Dengan pemberian daun kelor secara rutin, tentunya akan membuat Kenari menjadi lebih aktif, karena lebih banyak tenaga setiap harinya.

4. Melancarkan Sistem Pencernaan Kenari

Seperti halnya khasiat sawi putih untuk Kenari, ternyata daun kelor juga sangat bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaannya. Perlu diketahui, proses pencernaan merupakan hal penting untuk diperhatikan. Ketika sistem pencernaan Kenari lancar, maka dapat dipastikan bahwa mereka kesehatannya akan tetap terjaga.

5. Menyehatkan Bulu Kenari

Seperti sudah kami singgung sebelumnya, selain mempunyai suara kicau yang merdu, bulu tubuh Kenari juga sangat indah untuk dipandang. Nah, manfaat daun kelor terakhir untuk Kenari ternyata mampu menyehatkan bulu tubuhnya dan bahkan bisa menjadi lebih mengkilap serta lebat.

Cara Pemberian Daun Kelor Untuk Kenari

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai sejumlah manfaat daun kelor untuk semua jenis burung Kenari berdasarkan kandungan nutrisi dan gizi di dalamnya. Kemudian kalian juga pastinya harus mengerti bagaimana tata cara hingga kapan waktu ideal pemberian daun kelor sebagai pakan tambahan bagi Kenari.

Hampir sama seperti saat ingin memberikan sayur kangkung untuk Kenari, sebenarnya pemberian daun kelor untuk burung tersebut dapat dilakukan dengan cara menggantungnya secara langsung di sangkar atau kandang. Kalian bisa memberikan daun kelor sebagai pakan tambahan bagi Kenari sebanyak 2 kali dalam seminggu.

Perlu diingat, sebaiknya selalu perhatikan tingkah laku atau perilaku Kenari setelah diberi pakan tambahan berupa daun kelor. Jika memang mereka tidak menunjukkan perilaku aneh, maka tetap lanjutkan pemberiannya. Akan tetapi, jika Kenari memperlihatkan sikap tidak biasa, segera hentikan pemberiannya untuk menghindari efek samping yang tidak diinginkan.

Kesimpulan

Demikian sekiranya penjelasan dari Birdsny.com seputar manfaat daun kelor untuk Kenari dilengkapi dengan beberapa kandungan nutrisi dan gizi di dalamnya hingga tata cara beserta waktu ideal pemberiannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin memberikan daun kelor sebagai pakan tambahan bagi Kenari kesayangan di rumah.

Sumber gambar : kompas.com, thecanary.co

Advertisements
Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *