Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

8 Manfaat Tomat Untuk Ayam Aduan : Cara & Waktu Pemberian!

Manfaat Tomat Untuk Ayam Aduan
Advertisements

Manfaat Tomat Untuk Ayam Aduan – Seperti diketahui, ayam aduan merupakan salah satu jenis ayam di Indonesia yang memiliki cukup banyak penggemar. Dimana ayam bangkok mungkin menjadi jenis ayam aduan yang paling umum dibudidayakan oleh masyarakat.

Untuk bisa mendapatkan performa terbaik dari ayam aduan, pastinya dibutuhkan adanya perawatan yang baik dan benar. Perawatan ayam aduan tidak hanya dilakukan dari segi kebersihan tubuh dan kandangnya saja, namun juga dari segi pemberian pakannya.

Advertisements

Nah, mungkin sebagian besar dari kalian sudah pernah mendengar bahwa tomat seringkali dijadikan sebagai pakan tambahan atau ekstra fooding (EF) bagi ayam aduan. Hal ini dikarenakan buah tomat mempunyai cukup banyak kandungan gizi yang bermanfaat bagi ayam aduan.

Maka dari itu, apabila diantara kalian berencana untuk memberikan tomat sebagai pakan tambahan bagi ayam aduan, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu beberapa manfaatnya. Untuk membantunya, kali ini kami akan menjelaskan mengenai manfaat tomat untuk ayam aduan beserta cara pemberiannya.

Kandungan Nutrisi Tomat

Kandungan Nutrisi Tomat

Sebelum pembahasan poin utama mengenai manfaat tomat untuk ayam aduan lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu beberapa kandungan nutrisi dan gizi di dalamnya. Adapun sejumlah kandungan gizi dan nutrisi di dalam buah tomat tersebut diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

  • Air.
  • Energi.
  • Protein.
  • Lemak.
  • Karbohidrat.
  • Serat.
  • Kalsium.
  • Fosfor.
  • Zat besi.
  • Natrium.
  • Kalium.
  • Tembaga.
  • Seng.
  • Beta-Karoten.
  • Karoten total.
  • Thiamin (Vitamin B1).
  • Riboflavin (Vitamin B2).
  • Niasin.
  • Vitamin C.

Manfaat Tomat Untuk Ayam Aduan

Manfaat Tomat Untuk Ayam Aduan Semua Jenis
Advertisements

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, salah satu alasan kenapa banyak orang memberikan tomat sebagai pakan tambahan bagi ayam aduan yaitu karena sejumlah kandungan nutrisi dan gizi di dalamnya. Agar lebih jelasnya, langsung saja perhatikan baik-baik beberapa manfaat tomat untuk ayam aduan semua jenis berikut ini.

Advertisements

1. Menjaga Kesehatan Ayam Aduan

Manfaat tomat pertama untuk ayam aduan yaitu mampu menjaga kesehatan tubuhnya. Dimana ketika kondisi kesehatan tubuh ayam aduan tetap terjaga, maka pertumbuhannya bisa lebih optimal dan tidak mudah terserang penyakit. Karena ayam aduan yang mempunyai sistem kekebalan tubuh bagus akan tahan terhadap serangan virus dan bakteri penyebab penyakit.

2. Menguatkan Nafas Ayam Aduan

Pemberian buah tomat secara rutin kepada ayam aduan juga bisa bermanfaat untuk menguatkan sistem pernafasannya. Meskipun kalian seringkali memberikan jamu dan vitamin untuk memperpanjang nafas ayam aduan, terkadang kalian juga perlu memberikan makanan tambahan alami seperti buah dan sayur.

3. Meningkatkan Stamina Ayam Aduan

Manfaat tomat selanjutnya untuk ayam aduan sebenarnya masih berkaitan dengan poin sebelumnya, yaitu mampu meningkatkan stamina atau tenaganya. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya tomat sendiri mengandung sejumlah nutrisi yang mampu menjadi sumber energi bagi ayam aduan.

4. Menjaga Sistem Pencernaan Ayam Aduan

Sama halnya seperti manfaat tomat untuk Trucukan, ternyata buah tomat bisa membantu dalam menjaga sistem pencernaan ayam aduan. Dimana ketika kondisi sistem pencernaan ayam aduan berfungsi dengan baik, maka akan membuat gizi makanan mudah diserap.

5. Menurunkan Berat Badan Ayam Aduan

Sebagian besar dari kalian pasti sudah mengetahui bahwa ayam aduan dengan tubuh ideal mempunyai keuntungan lebih besar ketika bertanding. Dengan kata lain, ayam aduan yang terlalu gemuk maupun kurus tentu tidak akan maksimal saat bertarung. Oleh sebab itu, cobalah memberikan tomat secara rutin untuk membantu membentuk tubuh badan ideal bagi ayam aduan.

6. Menunjang Reproduksi Ayam Aduan

Menunjang reproduksi ayam aduan menjadi manfaat selanjutnya dari buah tomat sebagai pakan tambahannya. Tentunya hal tersebut sangat bermanfaat bagi seorang peternak karena mampu menjadi penentu keberhasilan usaha mereka. Ketika ayam tidak dengan cepat dalam berkembang biak, tentunya akan membuat peternak mengalami kerugian.

7. Menjadi Sumber Gizi Ayam Aduan

Sebagai informasi tambahan, sebenarnya ayam aduan cukup berbeda dengan jenis unggas pada umumnya. Pastinya setiap peternak ayam aduan menginginkan hasil ternak bermutu tinggi. Oleh sebab itu, perawatan ayam adun jauh lebuh rumit, sebagai contoh dari segi pemberian gizi dan vitamin. Nah, tomat sendiri mampu menjadi sumber gizi bagi ayam aduan agar tetap sehat dan fit.

8. Mengobati Penyakit Kuning Ayam Aduan

Manfaat tomat untuk ayam aduan terakhir yaitu menjadi obat dalam mengatasi penyakit kuning. Dimana penyakit kuning sendiri ialah salah satu jenis permasalahan yang seringkali menjadi perusak ayam aduan. Ketika ayam aduan mengalami penyakit kuning, maka mereka bisanya menjadi lemah dan lesu sehingga tidak dapat bertanding.

Cara Pemberian Tomat Untuk Ayam Aduan

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai sejumlah manfaat tomat untuk ayam aduan semua jenis berdasarkan kandungan nutrisi dan gizi di dalamnya. Nah, di bawah ini juga akan kami jelaskan mengenai tata cara hingga waktu ideal pemberian tomat sebagai pakan tambahan bagi ayam aduan peliharaan.

  • Pertama-tama, sebelum memberikan tomat pada ayam aduan, sebaiknya kalian cari tahu terlebih dahulu dosis dan ukuran yang pas.
  • Tomat sebaiknya jangan diberikan setiap hari, jadi dapat diberikan sebanyak 1 atau 2 kali dalam seminggu.
  • Porsi pemberian tomat untuk ayam aduan dewasa yaitu seukuran ibu jari.
  • Pastikan jangan memberikan tomat pada ayam aduan secara berlebihan karena bisa memberikan efek samping negatif seperti diare.
  • Hindari memberikan tomat untuk ayam aduan pada saat musim hujan karena bisa membuatnya mengalami flu atau pilek.

Kesimpulan

Itulah sekiranya penjelasan dari Birdsny.com seputar manfaat tomat untuk ayam aduan semua jenis dilengkapi dengan tata cara hingga waktu ideal pemberiannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin memberikan buah tomat sebagai pakan tambahan bagi ayam aduan kesayangan di rumah.

Sumber gambar : food.detik.com, adatah.com

Advertisements
Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *