Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Download Suara Burung Kutilang

DOWNLOAD SUARA BURUNG KUTILANG

Download Suara Burung Kutilang – Burung Kutilang atau Pycnonotus aurigaster, bisa dibilang sebagai burung cucak yang paling populer di Indonesia. Burung Cucak Kutilang ini banyak dijumpai di beberapa daerah, terutama di pulau Jawa.

Nama burung kutilang di Indonesia yang terkenal adalah Cucak Kutilang. Di Sunda burung ini dari famili Picnonotidae atau cucak-cucakan dan lebih dikenal dengan nama Cangkurileung.

Sedangkan pada pulau Jawa, masyarakat sering menamakan Ketilang atau Genthilang. Dalam bahasa inggris burung ini disebut Sooty-headed Bulbul, tercatat ada 9 anak jenis yang dikenal saat ini.

Tubuh Cucak Kutilang berukuran sedang, dengan panjang tubuh mencapai 20 cm. Bulu pada bagian punggung dan ekornya berwarna coklat kelabu, sedangkan pada bagian sisi tenggorokan, leher, dada, dan perut berwarna putih keabu-abuan.

Download Suara Burung Kutilang

Burung Cucak Kutilang juga memiliki topi, dahi, dan jambul berwarna hitam. Kemudian, pada bagian tunggir (bagian muka ekor) berwarna putih, serta adanya bulu penutup pantat berwarna kuning jingga.

Sejarah Burung Cucak Kutilang

Sejarah Burung Kutilang

Burung jantan pada umumnya memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil, namun memiliki jambul yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan betina. Suara kicauan burung jantan biasanya terdengar lebih nyaring dan lantang serta rajin berkicau dibanding betinanya. Hampir sama nyaringnya dengan SUARA BURUNG KAPAS.

Makanan utama burung tersebut adalah buah-buahan lunak, begitupun dengan serangga kecil. Burung tersebut hidup berkelompok, baik dengan sesama jenis kutilang ataupun jenis burung lainnya.

Biasanya burung membuat sarang dari anyaman dedauan kering atau rumput liar, dan berbentuk seperti cawan. Sesekali burung berkembang biak dapat mengeluarkan telur sebanyak 2 sampai 3 butir. Telur burung tersebut berwarna kemerah-jambuan dengan bintik halus berwarna ungu dan abu-abu.

Habitat asli burung Kutilang ini meliputih hampir semua kawasan, seperti hutan terbuka, tepi hutan, semak belukar, vegetasi sekunder, tepi jalanan, pekarangan, hingga perkebunan. Umumnya tersebar mulai dari daratan rendeh sampai ketinggian 1.500 meter di bawah permukaan laut.

Cucak Kutilang merupakan burung asli endemik pulau Jawa, Indonesia. Daerah persebarannya meliputi Kamboja, China, Hongkong, Indonesia, Laos, Myanmar, Thailand, dan Vietnam. Di Indonesia burung tersebut sering dijumpai di daerah pulau Jawa dan Bali.

Anak Jenis atau Subspecies Cucak Kutilang yang dikenal diantaranya adalah :

  1. Pycnonotus aurigaster aurigaster.
  2. Pycnonotus aurigaster chrysorrhoides.
  3. Pycnonotus aurigaster dolichurus.
  4. Pycnonotus aurigaster germani.
  5. Pycnonotus aurigaster klossi.
  6. Pycnonotus aurigaster latouchei.
  7. Pycnonotus aurigaster reserrectus.
  8. Pycnonotus aurigaster schausenseei.
  9. Pycnonotus aurigaster thais.

Populasi burung Kutilang memang pernah mengalami sedikit penurunan, Namun, dengan daerah persebaran dan jumlah populasinya cukup besar, Birdlife Internasional menilai belum mendekati ambang rentan. IUCN Redlist pun hanya memasukkannya dalam setatus konservasi Least Concern (Lc, Risiko Rendah).

Itulah sejarah dan beberapa anak jenis cucak-cucakan atau burung Kutilang. Kemudian, kami akan menyajikan beberapa suara-suara burung Kutilang, yang dapat kalian putar atau unduh dengan mudah seperti di bawah ini.

Download Macam-Macam Suara Burung Kutilang

Download Suara Burung Kutilang Versi mp3 1

Berikut ini adalah kumpulan audio atau suara burung Cucak Kutilang. Yang telah kami rangkum untuk Sobat kicau selengkapnya.

Suara Burung Kutilang Jantan

Suara Burung Kutilang Betina

Suara Burung Kutilang untuk Pikat

Suara Burung Kutilang Memanggil

Suara Burung Kutilang Gacor Juara

Suara Burung Kutilang Tarung

Suara Burung Kutilang Nggaruda

Suara Burung Kutilang Lokal

Suara Burung Kutilang Emas

Suara Burung Kutilang Full Isian

Burung Kutilang memiliki suara yang sangat khas. Selain itu, burung tersebut juga memiliki kepandaian dalam menirukan suara kicau burung lainnya. Volume suara burung tersebut bisa dibilang keras dan merdu. Saat berkicau terkadang dibarengi dengan merentangkan sayapnya, hal tersebut yang sering dinamakan nggaruda.

Akhir Kata

Demikian yang dapat birdsny.com sajikan untuk sobat kicau, mengenai sejarah burung Kutilang. Lengkap dengan memberikan suara-suara burung tersebut, yang dapat dengan mudah sobat putar atau unduh. Terimaksih dan semoga bermanfaat

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *