15 Jenis Ayam Kate Termahal : Ciri Khas & Corak Warna

Jenis Ayam Kate Termahal

Jenis Ayam Kate Termahal – Ayam Kate merupakan salah satu jenis ayam yang tergolong dalam kategori ayam hias. Ayam hias sendiri yaitu jenis ayam yang memiliki keunikan serta dapat menjadi hiasan di halaman rumah, untuk jenisnya sendiri terdapat banyak sekali ayam hias yang ada di Indonesia dan salah satunya yaitu ayam Kate ini.

Di Indonesia ayam kate begitu populer dan sangat banyak penggemarnya (terutama untuk kategori ayam kate hias) karena corak warna serta postur tubuh yang bagus. Harga ayam kate sendiri di pasaran sangat bervariasi, dari yang termurah hingga termahal. Mahal murahnya harga ayam kate dipengaruhi corak warna yang ada pada ayam itu sendiri, semakin bagus corak maka akan semakin mahal harganya.

Selain corak, kriteria lain yang membuat ayam kate dikatakan bagus dan menjadi termahal yaitu tubuhnya bulat dan besar, memiliki kaki bersih dan besar, panjang antara cakar sampai lututnya kurang lebih 2 cm, ekor mekar dan tidak bengkok serta terdapat garis oval di bagian jenggernya mulai dari depan hingga belakang. Lantas jenis ayam kate apa sajakah yang termasuk dari golongan ayam kate termahal?

Untuk itu sesuai dengan judul artikel sekaligus menjawab pertanyaan diatas, pada kesempatan kali ini birdsny akan berbagi informasi seputar hal tersebut yaitu jenis ayam kate termahal. Jadi buat yang ingin mengetahui atau sedang mencari informasi mengenai ayam kate termahal atau juga ingin membeli seekor ayam kate, simak ulasan dari birdsny tentang jenis ayam kate termahal berikut ini.

Jenis Ayam Kate Termahal

Jenis Ayam Kate Termahal.

Selain segala keunikan serta bentuk dari ayam itu sendiri, Harga ayam kate juga dipengaruhi oleh adanya kontes -kontes kecantikan ayam kate. Nah untuk mengetahui jenis apa saja yang masuk dalam kategori ayam kate termahal, berikut ini penjelasanya :

1. Ayam Kate Batik

Ayam Kate Batik

Jenis ayam kate termahal yang pertama bernama ayam kate Batik. Sesuai namanya, ayam kate ini memiliki tampilan bulu dengan warna serta corak seperti batik.

2. Ayam Serama

Ayam Serama

Status ayam kate termahal juga ada pada diri ayam kate serama, meski begitu untuk mendapatkanya lumayan gampang karena jenis ayam ini banyak tersebar di seluruh wilayan Indonesia.

3. Ayam Kate Pictave

Ayam Kate Pictave

Ayam kate pictave merupakan ayam kate yang berasal dari Perancis, menjadi termahal karena saat ini populasi ayam kate satu ini sudah hampir punah. Ayam kate pictave memiliki corak warna mirip dengan corak warna ayam di Indonesia, namun jika diamati secara seksama sebenarnya lebih tepat jika kemiripanya sama dengan ayam hutan merah.

4. Ayam Kate Jepang

Ayam Kate Jepang

Jenis ayam kate termahal selanjutnya bernama ayam kate Jepang. Sesuai namanya, ayam ini merupakan ayam kate berasal dari Jepang. Memiliki corak warna didominasi warna putih menyerupai ciri khar negara Jepang yaitu putih dan hitam.

5. Barbu d’Everberg

Barbu dEverberg

Barbu d’Everberg merupakan ayam kate termahal yang berasal dari Belgia dengan nama lengkap Belanda Everbergse Baardkriel, ciri-cirinya yaitu seperti tidak memiliki ekor serta corak warna perpaduam dominan merah, kuning dan putih.

6. Ayam Bearded D’Uccle

6. Ayam Bearded DUccle

Sama seperti Barbu d’Everberg, ayam ini juga berasal dari Belgia. Bearded D’Uccle memiliki brewok atau janggut sebagai keunikanya. Sesuai namanya jenis ayam ini pertama kali dikembangbiakan di kota Uccle.

7. Ayam Kate Jambul Mekar (Rosecomb)

Ayam Kate Jambul Mekar Rosecomb

Sesuai namanya, jenis ayam kate ini memiliki jengger ysng mekar berwarna merah, Untuk corak warnanya, kate jambul mekar hampir mirip dengan ayam cemani dengan dominasi warna hitam tegas, serta sedikit corak putih dibawah telinga.

8. Ayam Kate Burma

Ayam Kate Burma

Jenis ayam kate termahal berikutnya yaitu ayam kate Burma. Ayam yang memiliki sebutan Burmas Chicken ini memiliki keunikan di warna putih mulus serta kelebatan bulunya hingga menutupi mata.

9. Belgian Bantam

Belgian Bantam

Sesuai namanya jenis ayam kate termahal ini berasal dari belgia, memiliki ciri kaki dipenuhi bulu dan brewok di kepalanya. Untuk corak warna, ayam ini memiliki warna dominan coklat dipadu dengan bintik-bintik putih.

10. American Game Bantam

American Game Bantam

American Game Bantam merupakan jenis ayam kate termahan yang asalnya dari Amerika. Sesuai namanya, ayam ini merupakan jenis ayam petarung, jadi sangat jarang masyarakat memelihara jenis ayam ini sebagai peliharaan.

Faktor Yang Mempengaruhi Harga Ayam Kate

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi status termahal atau harga dari seekor ayam kate, diantaranya yaitu sebagai berikut :

Warna

Semakin indah dan menarik corak warna seekor ayam kate maka akan semakin mahal pula harganya, sebaliknya jika warnanya pucat dan kusam tentu harganya akan turun.

Usia

Faktor usia juga sangat mempengaruhi harga untuk seekor ayam kate, dimana semakin tua usia ayam maka akan semakin mahal harganya. Usia tua yang dimaksud disini adalah usia dimana ayam masih bisa dikembangbiakan dan menghasilkan keturunan, jadi meski ayam sudah tua namun sudah tidak bisa berkembang biak maka faktor ini tidak berlaku lagi,

Berprestasi Atau Pernah Menang Kontes

Entah apapun itu yang berprestasi pastinya akan memiliki nilai yang lebih tinggi, demikian juga dengan ayam kate. Jika seekor ayam kate pernah menjuarai sebuah kontes, maka dipastikan harganya akan naik, bahkan bisa jadi termahal.

Pakan Ayam Kate Termahal

Terkait pakan sebenarnya ayam kate sama saja dengan ayam pada umumnya, namun untuk menjaga supaya ayam tetap sehat dan tampil cantik ketika mengikuti kontes maka soal pakan juga perlu diperhatikan. Adapun jenis pakan yang bagus untuk menjaga kesehatan seekor ayam yaitu sebagai berikut :

  • Vor atau konsentrat yang dicampur dengan nasi
  • Biji jagung yang dihaluskan
  • Beras merah
  • Gabah

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai jenis ayam kate termahal yang bisa birdsny bagikan, semoga bisa bermanfaat dan juga membantu serta bisa menambah wawasan bagi para pembaca artikel ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.