Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

6 Ciri Ciri Ayam Pama Betina : Fisik, Karakteristik & Gaya Bertarung

Ciri Ciri Ayam Pama Betina Fisik Karakteristik Gaya Bertarung
Advertisements

Ciri Ciri Ayam Pama Betina – Selain Ayam Bhurma dan Ayam Shamo, di Indonesia juga terdapat jenis Ayam aduan bernama Ayam Pama. Ayam ini merupakan hasil perkawinan silang antar Ayam Bangkok dan Ayam Birma.

Meskipun Ayam ini cukup mudah dijumpai di wilayah Indonesia, ternyata tidak sedikit orang yang belum tahu seperti apa ciri-ciri Ayam Pama, khususnya untuk yang berjenis kelamin Perempuan atau Betina. Oleh karena itu, disini kami bakal menjelaskan ciri ciri ayam Pama Betina.

Advertisements

Menjadi salah satu jenis Ayam Laga atau Ayam aduan, baik Ayam Pama Jantan maupun Betina memiliki keunggulan dari segi kekuatan, kecepatan dan lain sebagainya. Bahkan khusus untuk karakteristik bertarung dari Ayam Pama Betina bisa menjadi salah satu ciri untuk membedakan antara Pejantan dan Betina.

Selain dilihat dari karakteristik, ciri-ciri Ayam Pama Betina juga bisa dilihat dari beberapa segi lainnya. Baiklah, tanpa perlu berlama-lama lagi langsung saja simak ulasan selengkapnya mengenai ciri-ciri Ayam Pama Betina berikut ini.

Ciri Ciri Ayam Pama Betina

Ciri Ciri Ayam Pama Betina

Ayam aduan atau Ayam petarung merupakan salah satu jenis Ayam yang paling digemari di Indonesia. Dari sekian banyak jenis Ayam aduan terbaik, Ayam Pama merupakan yang paling banyak diminati oleh pelaku kontes Ayam aduan.

Bicara mengenai Ayam Pama, diatas sempat kami singgung bahwa untuk membedakan antara Ayam Pama Jantan dan Ayam Pama Betina terkadang beberapa orang masih kesulitan. Oleh karena itu, melalui artikel berikut kami ingin membahas secara khusus mengenai ciri ciri Ayam Pama Betina.

Advertisements

Jadi untuk membedakan antara Pejantan dan Betina (Babon) Ayam Pama bisa dilihat dari beberapa ciri ciri sebagai berikut :

1. Ukuran / Postur Tubuh

Ciri pertama bisa dilihat dari segi postur tubuh dimana untuk Ayam Pama Babon biasanya memiliki postur tubuh yang membungkuk. Selain itu, ukuran tubuh Ayam Pama Betina juga terlihat sedikit lebih besar dibanding Ayam Pama Jantan. Bobot Ayam Pama Babon biasanya antara 1.6 Kg sampai dengan 3 Kg. Disamping itu, Ayam Betina juga bisa dilihat dari jarak antara tulang Pubis (kelamin) minimal 2 jari orang dewasa.

2. Karakteristik

Kemudian ciri lain untuk melihat Ayam Pama Babon juga bisa dilihat dari karakteristik nya. Untuk Ayam Pama Jantan biasanya mempunyai karakter yang lebih agresif. Sedangkan Betina cenderung lebih santai, meskipun mereka sama-sama digunakan dalam kontes Adu Ayam.

3. Gaya Bertarung

Selain itu gaya bertarung dari Pejantan dan Betina juga berbeda. Untuk pejantan biasanya memiliki gaya bertarung yang bar-bar. Sedangkan Betina atau Babon Ayam Pama biasanya cenderung bertahan, sebab insting Babon sebagai induk dari anak-anak membuatnya memiliki ketahanan yang kuat.

4. Stamina

Selanjutnya ciri Ayam Pama Babon juga bisa dilihat berdasarkan kualitas stamina yang dimiliki. Jika Ayam tersebut gampang lelah, maka bisa dipastikan Ayam tersebut merupakan Babon atau Betina. Sedangkan untuk Pejantan Ayam Pama cenderung memiliki stamina yang jauh lebih kuat dan tahan lama.

5. Ukuran Jalu / Taji Ayam

Ciri lain untuk melihat perbedaan Ayam Pama Betina dan Jantan adalah melalui ukuran Jalu atau Taji yang dimiliki. Pada Ayam Betina biasanya Taji nya berukuran lebih pendek dibandingkan Pejantan. Sedangkan untuk Ayam Pama Jantan, ukuran Jalu yang dimiliki bisa mencapai 2 cm.

6. Ciri Fisik

Terakhir, ciri ciri Ayam Pama Babon juga bisa dilihat dari tampilan fisik yang dimiliki. Paling mudah membedakan antara Pejantan dan Babon Ayam Pama adalah melihat tampilan fisik nya, yaitu untuk Pejantan terdapat jambul yang cukup tinggi dan besar di area kepala. Sedangkan untuk Betina sama-sama memiliki jambul, hanya saja ukurannya cenderung lebih pendek.

Tips Memilih Ayam Pama Babon

Tips Memilih Ayam Pama Babon
Advertisements

Setelah menyimak beberapa ciri Ayam Pama Betina, kami rasa disini kalian sudah bisa membedakan mana Ayam Jantan dan mana Ayam Betina. Selanjutnya, jika kalian berminat membeli Ayam Pama Betina, berikut kami punya beberapa tips yang bisa kalian terapkan, antara lain :

  • Pilihlah Babon dengan kondisi fisik yang sehat dan bugar (tidak ngantuk)
  • Pilihlah Babon yang memiliki bulu tebal (tidak rontok) karena ciri tersebut juga menandakan bahwa Ayam tersebut dalam kondisi sehat
  • Perhatikan jarak tulang Pubis, jika masih sekitar 2 jari orang dewasa maka berarti Betina tersebut masih bisa bertelur. Jika kurang dari jarak tersebut, maka bisa dipastikan bahwa Betina tersebut sudah memasuki masa Afkir (tidak lagi bertelur).

Akhir Kata

Demikianlah penjelasan dari Birdsny.com mengenai beberapa ciri ciri yang menjadi pembeda antara Pejantan Ayam Pama dan Babon Ayam Pama. Semoga dengan adanya informasi diatas, kalian bisa mengetahui ciri Babon Ayam Pama dengan benar. Bahkan diatas kami juga memberikan beberapa tips yang bisa dipakai untuk memilih Babon terbaik dari jenis Ayam Pama.

Advertisements
Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.