Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

7 Ciri Ciri Ayam Bangkok Silangan Kampung & Kelebihannya!

Ciri Ciri Ayam Bangkok Silangan Kampung
Advertisements

Ciri Ciri Ayam Bangkok Silangan Kampung – Seperti diketahui, persilangan dua ayam yang berbeda jenis sudah seringkali dilakukan oleh banyak peternak ayam. Maka dari itu, di Indonesia sendiri saat ini sudah tersedia cukup banyak jenis ayam hasil dari persilangan beberapa indukan ayam.

Salah satu persilangan ayam yang mungkin sering dilakukan oleh para peternak ayam yaitu antara ayam bangkok dengan ayam kampung (Jawa). Nantinya hasil persilangan kedua jenis ayam tersebut akan menghasilkan jenis ayam yang memiliki sifat tidak terlalu agresif.

Advertisements

Akan tetapi, masih ada cukup banyak orang di luar sana khususnya para pemula mengeluhkan bahwa mereka tidak mengetahui bagaimana karakteristik jenis ayam tersebut. Secara garis besarnya, karakter ayam bangkok silangan kampung bisa dilihat dari berbagai macam aspek, mulai dari fisik hingga perilakunya.

Maka dari itu, apabila diantara kalian berencana untuk menyilangkan ayam bangkok dengan ayam kampung, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu beberapa cirinya. Untuk membantunya, kali ini kami akan menjelaskan mengenai ciri ciri ayam bangkok silangan kampung dilengkapi dengan kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan dan Kekurangan Ayam Bangkok Silangan Kampung

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, salah satu karakter yang dihasilkan atas persilangan ayam bangkok dan ayam kampung yaitu sifatnya tidak terlalu agresif. Hal tersebut bukan tanpa alasan, karena ayam jenis ini mempunyai campuran gen ayam bangkok yang agresif dengan gen ayam kampung.

Meskipun demikian, silangan ayam bangkok dan kampung juga mempunyai beberapa kelemahan yang perlu diperhatikan. Oleh karena itu, sebelum membahas ciri ciri ayam bangkok silangan kampung lebih lanjut, di bawah ini akan kami berikan beberapa kelebihan beserta kekurangannya.

Advertisements

1. Kelebihan

  • Mempunyai sifat lincah.
  • Makannya banyak.
  • Tubuhnya cepat bertumbuh besar.
  • Memiliki mata tajam.
  • Tidak terlalu agresif.

2. Kekurangan

  • Pemberian pakan sedikit lebih banyak karena pertumbuhan badannya cepat.
  • Peternak harus lebih sering membersihkan kotoran ayam karena makannya banyak.

Ciri Ciri Ayam Bangkok Silangan Kampung

Ciri Ayam Bangkok Silangan Kampung
Advertisements

Setelah mengetahui beberapa kelebihan dan kekurangan ayam bangkok silangan kampung, maka selanjutnya kalian tinggal memahami beberapa ciri-cirinya. Daripada penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik beberapa karakteristik ataupun ciri-ciri ayam bangkok silangan kampung, entah itu dari segi fisik hingga perilakunya.

1. Kokok Ayam

Ciri-ciri ayam bangkok silangan kampung pertama dapat dilihat dari segi suara kokok. Dimana suara kokok ayam bangkok sendiri sangat khas sehingga bisa dijadikan sebagai patokan penting untuk membedakannya. Biasanya ayam bangkok silangan kampung mempunyai suara kokok beralunan merdu, kokok tidak atau kurang serak, kokok kurang lantang atau kurang menghentak serta kokok cukup panjang.

2. Muka Ayam

Kemudian ciri selanjutnya yaitu ayam bangkok silangan kampung mempunyai tulang alis terkesan tidak kokoh. Selain itu, bentuk kelopak matanya bulat (kurang lonjong), permukaan mata rata dengan alis atau hanya sedikit cekung. Jika dilihat dari paruhnya, ayam bangkok silangan kampung mempunyai paruh cukup pendek dan kecil serta tidak beralur.

3. Pandangan Mata Ayam

Pada umumnya, sinar mata ayam bangkok lebih tajam dan jika sedang menatap matanya tampak agak menyipit karena kornea mata hitamnya lebih kecil. Nah, ayam siam jago (silangan bapak bangkok dan ibu kampung) tatapan matanya juga bisa seperti ayam bangkok, yaitu tajam dan jelas.

4. Kuping Pial dan Jengger Ayam

Kemudian ciri ciri ayam bangkok silangan kampung selanjutnya yaitu dari aspek kuping dan jenggernya. Mungkin kalian sudah mengetahui bahwa kuping ayam bangkok sangat kecil dan pialnya hampir tidak ada. Sementara jengger ayam sebenarnya tidak bisa dijadikan sebagai patokan karena ayam silangan bangkok dan kampung ini cukup banyak yang mempunyai jengger persis seperti ayam bangkok asli.

5. Postur Tubuh Ayam

Seperti sudah kami singgung sebelumnya, postur tubuh ayam bangkok silangan kampung biasanya lebih tegak dan gagah. Bahkan badan ayam hasil persilangan tersebut biasanya keras dan padat. Selain itu, tulang ayam bangkok silangan kampung juga lebih besar dan keras.

6. Mental Tarung Ayam

Seperti halnya ayam bangkok petarung sadis, ayam bangkok dewasa jika sudah kalah abar maka perlu waktu beberapa minggu untuk berani lagi terhadap lawan atau musuhnya. Nah, mental bawaan dari ayam kampung jika sudah kalah abar tetap masih berani menghadang atau menggertak lawannya dalam selang waktu beberapa hari saja.

Dimana mental tarung seperti ini sebenarnya tidak masalah apabila ayam bangkok masih muda di bawah umur 8 bulan karena memang keberaniannya baru muncul. Akan tetapi, hal tersebut akan menimbulkan cukup banyak masalah apabila ayam bangkok silangan kampung sudah memasuki usia dewasa.

7. Warna Bulu Ayam

Ciri ciri ayam bangkok silangan kampung terakhir yaitu dilihat dari segi warna bulu di tubuhnya. Dimana warna bulu bawaan ayam kampung dapat dilihat pada bulu sayapnya yang berwarna hitam dan terdapat bercak-bercak warna kecokelatan di sebagian besar sayapnya. Apabila hanya terdapat sedikit bercak, itu juga masih termasuk hasil turunannya.

Kesimpulan

Itulah sekiranya penjelasan dari Birdsny.com seputar ciri ciri ayam bangkok silangan kampung mulai dari segi fisik, suara kokok hingga perilakunya dilengkapi dengan kelebihan beserta kekurangannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak memahami karakteristik ayam bangkok silangan kampung.

Sumber gambar : mixartigo.com

Advertisements
Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *