Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

5 Ciri Ciri Telur Ayam Birma Jantan dan Betina Asli

Ciri Ciri Telur Ayam Birma
Advertisements

Ciri Ciri Telur Ayam Birma – Buat Anda yang menyukai ayam aduan pastinya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya ayam Birma. Sama seperti namanya ayam Birma sendiri merupakan salah satu jenis ayam aduan yang berasal dari Birma (Burma) atau lebih dikenal dengan Myanmar.

Sejatinya ayam Birma asli merupakan ayam aduan yang sekilas mirip seperti ayam kampung, namun ada sedikit perbedaan dari ayam kampung dengan ayam Birma. Salah satu hal yang membedakan ayam Birma dengan ayam kampung atau ayam biasanya adalah pada telur dari keduanya.

Advertisements

Jenis ayam petarung ini begitu dikenal luas di Indonesia, karena memiliki kelincahan dan pukulan yang tajam, sehingga wajar bila ayam Birma dijadikan sebagai ayam aduan. Kepopulerannya membuat banyak orang pencinta ayam Birma, berinovasi untuk mengembangbiakannya.

Salah satu hal yang membuat peternak ayam Birma kesulitan adalah membedakan mana telur ayam jantan dan betina asli. Nah, untuk memudahkan para peternak ayam Birma dalam membedakan ayam jantan dan betina melalui telur, berikut kami sajikan ciri ciri telur ayam Birma.

Ciri Ciri Telur Ayam Birma

Ciri Telur Ayam Birma

Jadi salah satu jenis ayam aduan terkuat dengan ciri ciri fisik menyerupai ayam kampung biasa, namun karena sangat lincah dan punya kekuatan pukulan sangat tajam, membuatnya begitu populer dikalangan komunitas sabung ayam. Hal ini menyebabkan banyak orang membudidayakannya.

Sama seperti ayam pada umumnya, pada masa bertelur rata-rata ayam Birma dapat menghasilkan 5 – 7 butir terlur, namun ada juga yang bisa mencapai 10 butir lebih sekali bertelur.

Advertisements

Banyak orang yang masih belum tahu ciri ciri telur ayam Birma jantan dan betina maupun membedakan telur ayam Birma dengan terus ayam lainnya. Itulah sebabnya mengapa ciri ciri telur Birma harus Anda ketahui agar tidak sampai salah memilih dan menentukan mana telur ayam jantan dan betina.

Warna Telur

Ciri paling mencolok dari telur ayam Birma terlihat dari segi warna. Dimana telur ayam Birma memiliki cangkang berwarna biru pudar dan hijau.

Warna telur ayam Birma kebiruan dan hijau disebabkan karena faktor mutasi genetik. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari University Of Nottingham di Inggris, penyebab perubahan warna cangkang telur ayam Birma disebabkan adanya retrovirus yakni virus RNA beruntai tunggal yang menyimpan asam nukleat dalam bentuk genom RNA.

Hal tersebut mempengaruhi proses pembentukan telur, dimana DNA kemudian menerjemahkan menjadi pigmen yang berwarna biru atau disebut BILIVERDIN. Hal ini menyebabkan retrovirus melakukan penggabungan beberapa materi genetik ke dalam sel DNA yang terinfeksi.

Ukuran Telur

Ciri lain dari telur ayam petarung ini adalah ukurannya. Dimana ukuran telur Birma dengan ayam kampung biasa atau ayam bangkok sedikit berbeda.

Ukuran telur ayam Birma sedikit lebih besar dibandingkan telur ayam kampung biasa atau ayam bankok. Ukuran telur ayam Birma umumnya sama dengan ayam lehor, sehingga sangat terlihat jelas perbedaannya.

Bentuk Telur

Ciri ciri telur ayam Birma selanjutnya adalah bentuk telur. Bentuk telur bulat dan sedikit lonjong biasanya akan menjadi calon ayam betina setelah menetas. Sementara untuk ayam Birma jantan dapat dikenali dari telur dengan ciri ciri memiliki bentuk telur bulat panjang (lonjong).

Cara Membedakan Ayam Birma Jantan dan Betina Asli dari Telurnya

Cara Membedakan Ayam Birma Jantan dan Betina Asli dari Telurnya

Cara mudah membedakan mana ayam jantan dan betina dilihat dari telurnya adalah dengan membandingkan ukuran dan bentuk. Untuk memudahkannya, Anda dapat menggunakan pensil dan cincin.

Dilihat dari bentuk, telur ayam Birma tersebut akan menetas sebagai penjantan apabila bentuk telur bulat panjang (lonjong) dan memiliki ukuran lebih tinggi. Sedangkan, telur ayam Birma tersebut akan menetas betina ditandai dengan bentuk telur bulat dan sedikit lonjong.

Perbedaan Telur Ayam Birma dengan Telur Bebek

Perbedaan Telur Ayam Birma dengan Telur Bebek

Mengapa membedakan telur ayam Birma dengan telur bebek? Mengingat telur ayam Birma dikenal luas memiliki warna kebiruan dan hijau seperti bebek, maka cukup masuk akal bila kedua telur unggas ini memiliki kemiripan. Lalu, bagaimana cara membedakan kedua telur tersebut ?

Dari segi warna memang memiliki kesamaan, namun jika dicermati warna telur bebek lebih kuat dibandingkan warna telur ayam Birma. Dimana warna telur bebek biru lebih cerah, sedangkan warna telur ayam Birma biru pudar.

Selain itu, ukuran telur bebek juga lebih besar sekitar 50-100% dari ukuran telur ayam Birma. Dari hal itu, maka sangat terlihat jelas perbedaan dari telur bebek dengan telur ayam Birma, jadi jangan sampai salah lagi.

Harga Telur Ayam Birma

Harga Telur Ayam Birma
Advertisements

Sebagai informasi tambahan yang juga bisa menjadi perbedaan telur ayam Birma dengan ayam lainnya, kami juga akan sedikit menyinggung tentang harganya. Gambaran jelasnya, telur Birma dijual dengan harga yang lebih mahal dibandingkan telur ayam kampung ataupun jenis ayam lainnya.

Untuk harga telur ayam Birma cukup bervariasi ada yang Rp. 20.000,- ada juga Rp. 30.000,- dan bahkan ada yang menjualnya dengan harga Rp. 40.000 – Rp. 50.000 per butirnya. Ini jauh lebih mahal dibandingkan harga telur ayam pada umumnya yang dijual dengan harga Rp. 2.000 – Rp. 5.000 per butir.

Akhir Kata

Nah, itulah informasi lengkap dari birdsny.com terkait ciri ciri telur ayam Birma dan cara membedakan ayam Birma jantan dan betina dari telurnya. Dengan mengenali beberapa ciri ciri di atas, maka Anda dapat membedakan mana telur ayam Birma asli dan mana telur ayam kampung biasa.

Setelah mengetahui ciri ciri telurnya, maka jangan sampai salah lagi dalam membedakannya. Sekiranya hanya itu saja informasi yang dapat kami sajikan buat Anda semua, semoga artikel di atas menambah wawasan Anda.

Advertisements
Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.