10 Ciri Ciri Kepala Ayam Pakhoy & Ciri Fisik Lainnya

Ciri Ciri Kepala Ayam Pakhoy Ciri Fisik Lainnya

Ciri Ciri Kepala Ayam Pakhoy – Bagi Anda para pencinta ayam petarung tentu saja sudah tidak asing lagi dengan salah satu jenis ayam petarung pakhoy. Di mana banyak orang juga menyebut ayam pakhoy dengan ayam pama khoy.

Bahkan ayam asal Negeri Gajah Putih maupun Thailand ini menjadi salah satu jenis ayam aduan terkuat yang dikenal sadis dan paling mematikan. Jadi tidak afdol jika Anda para pecinta ayam petarung belum mengoleksi jenis ayam ini.

Sebenarnya ayam jenis pakhoy ini merupakan ayar hasil paduan dari beberapa jenis aduan yang menjadikan membuat karakter ayam yang mematikan. Tidak heran jika banyak dari Anda ingin memiliki jenis ayam aduan mematikan ini.

Sebelum bisa memilikinya alangkah baiknya Anda mengetahui ciri ciri fisik ayam pakhoy, baik dari ciri kepala ayam pakhoy, warna ayam pakhoy dan ciri lainnya. Guna lebih jelas terkait ciri ayam pakhoy, maka simak pembahasan ini.

Jenis Ayam Pakhoy

Jenis Ayam Pakhoy

Namun sebelum lanjut ke pembahasan utama mengenai ciri kepala dari ayam petarung asal Thailand ini, lebih baiknya Anda mengetahui apa saja jenis-jenis ayam pakhoy. Karena untuk ayam pakhoy memiliki beberapa jenis, diantaranya:

1. Ayam Pakhoy Turunan Asli (Original)

Untuk jenis ayam pakhoy satu ini merujuk pada pakhoy yang benar-benar merupakan hasil keturunan perkawinan dari ayam jantan dan betina pakhoy. Bagi peternak ayam sabung di Indonesia banyak menawarkan jenis ini, karena memiliki trah asli berkarakter.

2. Ayam Pakhoy Hasil Kawin Silang (Campuran)

Kemudian ada jenis pakhoy dari hasil kawin silang antara pakhoy dengan jenis ayam petarung lain. Seperti hasil kawin silang dengan ayam bangkok yang sering membuat tampilannya secara fisik jadi serupa dengan ayam bangkok, sehingga Anda perlu memperhatikan ciri cirinya saat ingin membeli.

3. Ayam Pakhoy Import

Selain dua jenis di atas, ada juga ayam pakhoy jenis impor yang sengaja didatangkan langsung dari negara asalnya. Untuk jenis ayam pakhoy import bisa dibilang mempunyai kualitas sangat baik dan memiliki karakter gerakan menyerang dan fisik cukup khas.

Kelebihan & Kelemahan Ayam Pakhoy

Lantas apa kelebihan dan kelemahan ayam pakhoy dengan jenis ayam petarung lainnya? Mengenai apa kelebihan dan kelemahan yang ditawarkan sendiri ada banyak, guna lebih jelas maka simak dan plus minus ayam pakhoy di bawah ini:

Kelebihan

  • Akurasi pukulan keras dan mengarah ke bagian badan.
  • Memiliki gaya dari bangkok dan rapat ke badan.
  • Tipe bermain condong bongkar sayap lawan.
  • Gerakan cepat dan fleksibel mengikuti lawan.
  • Cocok bertarung dengan lawan yang memiliki tulangan tipis.
  • Saat kondisi terdesak maka akan mematuk sembarangan.

Kelemahan

  • Boros pada tenaga karena sifatnya yang terus menyerang.
  • Memiliki ukuran tulangan lumayan tipis.
  • Kurang pandai menghalau, terutama jika bertemu bangkok.
  • Mental disinyalir kurang bagus.

Ciri Ciri Kepala Ayam Pakhoy

Ciri Ciri Kepala Ayam Pakhoy

Setelah mengetahui jenis, kelebihan dan kelemahan ayam pakhoy di atas, maka selanjutnya Anda tinggal mengetahui ciri ciri kepala pada ayam pakhoy. Mengenai ciri ayam kepala sendiri akan berbeda antara ayam jantan dan betina, sehingga perlu diperhatikan sekali.

Untuk ciri kepala ayam pakhoy jantan, nantinya akan memiliki kepala seperti buah pinang jika dilihat dari bagian samping serta memiliki leher yang rapat. Sedangkan untuk ayam pakhoy betina akan memiliki ciri kepala seperti ular jika dilihat dari bagian atas.

Ciri Ciri Fisik Ayam Pakhoy Lainnya

Ciri Ciri Fisik Ayam Pakhoy Lainnya

Tidak hanya mengetahui ciri kepala saja, Anda yang berkeinginan untuk memiliki jenis ayam petarung satu ini maka perlu mengetahui juga ciri fisik lainnya seperti corak warna dan bagian lainnya. Perlu diperhatikan jika pemula yang ingin merawat jenis ayam pakhoy.

1. Warna Kaki Ayam Pakhoy

Terkait ciri warna kaki ayam pakhoy asli dan impor memiliki ciri warna kaki putih atau kuning dan kaki bercak hitam atau kehijauan dan sedikit bertaji panjang. Tidak hanya itu, ciri kaki ayam pakhoy memiliki bentuk kaki yang tidak juga tumpul atau prongkol.

Sedangkan untuk warna bulu ayam pakhoy cenderung beragam baik itu dari hitam, putih, kuning, merah, bercorak dan lainnya. Yang jelas warna bulu dihasilkan ayam pakhoy lebih mengkilap dibanding dengan warna pada jenis ayam aduan lainnya.

2. Ciri Ayam Pakhoy Betina Asli

Lalu bagaimana untuk bisa mengetahui ciri fisik ayam pakhoy bentina asli yang bagus untuk indukan? Terkait pemilihan jenis indukan ini memang bukan perkara yang gampang, namun secara umum ayam pakhoy betina asli memiliki ciri seperti:

  • Memiliki bentuk tubuh bagus.
  • Memiliki badan panjang.
  • Bagian tulang sampit udang rapat.
  • Mata menjorok kedalam.
  • Paruh tidak terlalu tebal dan kokoh.
  • Bulu mengkilap.

3. Berat atau Bobot Badan

Untuk berat badan ayam pakhoy memiliki berat badan sekitar 3 kg plus dikalangan. Sedangkan untuk indukan betina bisa saja lebih berat dan terlihat sehat, agar nantinya keturuan yang dihasilkan lebih bagus.

Ciri Ayam Pakhoy Pukul Mati

Ciri Ayam Pakhoy Pukul Mati

Bahkan Anda yang ingin benar-benar merawat dan memiliki jenis ayam aduan pakhoy, tidak hanya mengetahui ciri kepala saja. Melainkan juga memperhatikan ciri ayam pakhoy pukul mati, adapun beberapa ciri tersebut seperti misalnya:

  • Memiliki teknik pukul cepat yang sering mendekati tubuh lawan.
  • Memiliki pukulan keras ke bagian tubuh lawan.
  • Kerap melakukan pukulan berulang agar tidak memberi kesempatan pada lawan.
  • Kerap berada di pinggir lapangan guna membuat lawan sulit dipukul.
  • Akan mematuk jika merasa tertekan oleh musuh.
  • Memiliki gerakan flaksibel sehingga bisa menyerang musuh kapan saja.

Harga Ayam Pakhoy Betina?

Jika sudah berhasil mengetahui ciri kepala ayam pakhoy dan ciri fisik lainnya, tentu saja bagi sebagian orang yang ingin merawat jenis ayam aduan ini bertanya akan harga ayam pakhoy betina guna untuk indukannya. Untuk memperjelas simak tabel harga ayam dari masa telur, anakan sampai dewasa.

USIA & JENISKISARAN HARGA
Telur PakhoyRp 35.000 – Rp 150.000
Anakan Usia 1 – 2 BulanRp 150.000 – Rp 500.000
Anakan Usia 2 – 3 BulanRp 200.000 – Rp 1.000.000
Anakan Usia 4 – 5 BulanRp 300.000 – Rp 2.000.000
Anakan Dewasa F1Rp 5.000.000 – Rp 15.000.000
Usia Dewasa Jenis ImportRp 11.000.000 – Rp 100.000.000
LancuranRp 500.000 – Rp 5.000.000
Indukan BetinaRp 500.000 – Rp 15.000.000
Ayam Pakhoy OriRp 10.000.000 – Rp 50.000.000
Peranakan (Kawin Silang)Rp 200.000 – Rp 1.000.000

Akhir Kata

Seperti itulah kiranya pembahasan terkait ciri ciri kepala dan ciri fisik lain dari ayam aduan pakhoy yang dapat birdsny.com sajikan. Semoga bagi Anda para pemula yang ingin terjun ke dunia sabung ayam pahami dan ketahui ciri fisik dari salah satu jenis ayam petarung aduan terkuat dan berkarakter sadis dan mematikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.