Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Burung Pelanduk Semak

Burung Pelanduk Semak

Burung Pelanduk Semak – Pelanduk Semak adalah salah satu burung endemik asli Indonesia, meskipun wilayah persebarannya hingga ke Semenanjung Malaysia. Memiliki nama latin Malacocincla sepiaria.

Di Indonesia, wilayah persebaran Pelanduk Semak yaitu terdapat di berbagai titik di seluruh nusantara. Daerah persebaran diantaranya yaitu di pulau Sumetera, Jawa, Bali, hingga kepulauan Kalimantan.

Kehidupan atau habitat asli burung tersebut yaitu pada hutan tropis, perbukitan, daerah pegunungan, hingga semak belukar. Pastinya Pelanduk Semak akan mencari tempat beristirahat jauh dari keramaian.

Sebab jika diperhatikan, Pelanduk Semak memiliki karakter pemalu. Sehingga tidak pernah menampakan secara langsung di hadapan manusia, serta lebih memilih untuk tinggal di kawasan bebas manusia.

Apa Itu Burung Pelanduk Semak ?

Apa Itu Burung Pelanduk Semak

Tahukah kalian, apa itu burung Pelanduk Semak? Pelanduk Semak adalah salah satu jenis burung berukuran sedang, memiliki ukuran sayap serta ekor yang lebih pendek.

Kakinya juga berukuran kecil dan pendek. Sehingga dapat diartikan bahwa burung ini bukanlah penerbang handal, lebih suka mencari makanan di permukaan tanah.

Biasanya Pelanduk Semak akan membangun sarang tersembunyi di dekat semak-semak, lebih tepatnya diatas permukaan tanah. Sarangnya berbentuk seperti cawan, serta memiliki bentuk tidak terlalu bagus atau rapi dalam penataannya.

Sarang Pelanduk Semak sendiri terbuat dari dedaunan kering serta dililit oleh serat-serat berwarna kuning. Burung ini dapat bertelur sepanjang tahun, dalam satu kali masa perkawinan indukan betina akan mengelurakan telur sebanyak 2 butir.

Lalu, untuk ciri-ciri telur Pelanduk Semak yaitu berwarna merah jambu. Serta terdapat bintik atau bercak berwarna merah di bagian cangkang telurnya, itu sudah menjadi ciri khas telur burung pemalu dan bertubuh kecil mungil satu ini.

Ciri Ciri Burung Pelanduk Semak

Ciri Ciri Burung Pelanduk Semak

Untuk mendapatkan informasi lebih jelas mengenai ciri Pelanduk Semak, maka kalian bisa simak beberapa contoh gambarnya. Ciri-ciri paling menonjol diantaranya yaitu seperti bertikut ini.

1. Ukuran Tubuh

Ukuran Tubuh

Pelanduk semak termasuk ke dalam jenis burung berukuran sedang. Hanya memiliki panjang tubuh sekitar 16cm dengan berat tubuhnya yaitu mencapai 23 hingga 33gr.

2. Warna Bulu

Warna Bulu 1

Warna keseluruhan pada tubuhnya yaitu terdiri dari beberapa jenis, terlihat lebih kusam. Diantara warnanya yaitu merah, cokelat, putih, hingga abu-abu.

3. Kepala

Kepala

Pada bagian atas kepalanya terdapat bulu berwarna abu-abu menyerupai mahkota. Kemudian, warna putih juga terlihat pada bagian tenggorokan, dada, hingga perutnya.

4. Tubuh Bawah

Tubuh Bawah Pelanduk Semak

Bulu berwarna cokelat juga terlihat berada di sisi bawah tubuhnya, belakang perut dekat tunggirnya. Kemudian, warna merah juga terlihat pada bagian pangkal sayap, tunggir, beserta punggungnya.

5. Paruh

Paruh

Warna merah tersebut berpadu sempurna dengan cokelat, sehingga nampak seperti warna merah bata. Paruhnya berwarna hitam legam, serta berbentuk ramping.

Itulah ciri-ciri Pelanduk Semak jika dilihat secara jeli. Sebenarnya diantara kedua jenis kelamin Pelanduk Semak hampir sama. Sebab, burung ini masuk kedalam jenis monomorfik atau sulit melihat PERBEDAAN PELANDUK SEMAK JANTAN DAN BETINA secara sekilas.

Habitat Pelanduk Semak

Habitat Asli Pelanduk Semak

Setelah mengetahui ciri-ciri burung tersebut, lebih baik kalian juga mengetahui mengenai habitat aslinya. Sehingga, pada saat kalian bertemu burung dengan ciri-ciri tersebut berada di suatu tempat, maka kalian bisa mengetahuinya bahwa itulah Pelanduk Semak.

Habitat asli Pelanduk Semak yaitu di daratan rendah, hutan, hingga daerah pegunungan. Biasanya sering terlihat membuat sarang di tempat tersembunyi, baik pada sela-sela tebing curam, semak belukar, hingga pesawahan, pastinya dekat dengan sumber air.

Kebiasaan burung tersebut memang bisa dibilang unik, yaitu memiliki sifat pemalu. Sehingga, dalam kehidupan sehari-harinya mereka lebih suka bersembunyi di sarangnya, atau pun menghindar dari lalu-lalang masyarakat disekitar tempat tinggalnya.

Sebenarnya Pelanduk Semak ini sering berkelompok dengan kawanannya. Jumlah kelompok tersebut biasanya tak lebih dari 4 ekor burung saja. Itulah yang membuat jenis burung tersebut terlihat unik dan berbeda dengan jenis burung pada umumnya.

Meskipun pemalu, ternyata jenis burung tersebut juga mudah sekali untuk beradaptasi dengan lingkungan barunya. Bahkan sudah banyak pemelihara menjinakan Pelanduk Semak, saat sudah berhasil dijinakan, maka akan terdapat banyak kemungkinan burung bisa berkicau dengan lantang.

Namun, sangat diisayangkan untuk saat ini populasi Pelanduk Semak di habitat aslinya sudah mulai menurun drastis. Hal tersebut dikarenakan masih ada banyaknya pemburu yang tidak bertanggung jawab, serta rusaknya habitat asli mereka.

Bahwa dapat dioartikan pula jenis burung berukuran kecil ini hampir mendekati ambang kepunahan. Oleh sebab itu, spesies ini sudah banyak diumumkan serta dinyatakan oleh pihak BKSDA senbagai Least Concern.

Nah, itulah informasi mengenai habitat asli Pelanduk Semak di alam liar. Serta sedikit ulasan mengenai keunikan, status, hingga kebiasaanya menjalani kehidupan di alam bebas.

Harga Pelanduk Semak

Harga Pelanduk Semak

Setelah kalian mengetaui seperti apa habitat Pelanduk semak, serta keunikan dimilikinya pastinya ingin memelihara bukan? Untuk mendapatkan burung tersebut, silahkan kalian bisa mencarinya di pasar burung tradisional.

Biasanya untuk satu ekor Pelanduk Semak ombyokan usia muda hutan, akan dibanderol dengan harga mencapai Rp 50.000 hingga Rp 100.000. Namun, harga tersebut bukanlah menjadi patokan, karena bisa berubah sewaktu-waktu tanpa adanya pemberitahuan terlebih dahulu.

Apalagi untuk penjualan Pelanduk Semak di berbagai daerah berbeda, pastinya akan memiliki perbedaan. Harga tersebut berdasarkan dari tingkat populasi di wilayah tersebut, jika masih banyak akan dibanderol murah, sedangkan jika sedikit pastinya akan lebih mahal.

Makanan Pelanduk Semak

Makanan Pelanduk Semak

Kemudian, soal makanan kesukaan Pelanduk Semak di habitat aslinya. Makanan tersebut biasanya berupa seserangga kecil, jangkrik, ulat, rayap, kumbang, belalang, semut dan lain sebagainya.

Pastinya makanan Pelanduk Semak memiliki banyak kandungan protein, untuk melengkapi kebutuhan nutrisi hariannya. Serta dapat dijadikan sebagai pilihan tepat saat merasa kelaparan.

FAQ

Apakah Pelanduk Semak dan Pelanduk Topi Hitam Berbeda Jenis?

Untuk jenis, sebenarnya masih terdapat ikatan kekeluargaan. Namun, dari segi tampilan fisik, memiliki banyak sekali perbedaan yaitu terletak pada bagian kepalanya.

Seperti Apa Suara Kicauan Pelanduk Semak?

Biasanya sering terdengar di hutan-hutan mengeluarkan suara terdengar nyaring, menusuk, serta monoton. Nadanya jika diperagakan seperti ini “Piiii-ooooo-wwiitt” terkadang juga seperti “Hiiiuuurr-ttiiuurr-tiiur-ttiiuurrr”.

Apa Arti dari Monomorfik?

Jenis burung yang memiliki kesamaan atau hampir serupa antara pejantan dan betina.

Kesimpulan

Itulah informasi dari birdsny.com mengenai burung Pelanduk Semak. Menjelaskan terkait dengan ciri fisik, habitat, harga, makanan kesukaan di alam bebas. Semoga ini dapat menambah wawasan sobat kicau tentang Pelanduk Semak, terimakasih dan semoga bermanfaat.

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *