Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Jenis Burung Perkutut

Jenis Burung Perkutut

Jenis Burung Perkutut – Di Indonesia terdapat banyak sekali jenis burung peliharaan, mulai dari jenis pemakan buah, daging, sayur, hingga biji-bijian. Semua jenis tersebut dapat ditemukan diberbagai wilayah nusantara.

Diantara sekian banyaknya jenis yang ada, burung perkututlah sampai sekarang masih banyak diminati. Terutama bagi para tetua di pedesaan, sebab memiliki beberapa mitos yang berkembang di berbagai daerah kepulauan Jawa.

Meskipun perkutut bukanlan jenis burung kicau, akan tetapi masih banyak masyarakat yang tertarik untuk memeliharanya. Mungkin dikarenakan cara merawatnya cukup mudah, serta lebih mudah sekali untuk didapatkan.

Nah, burung perkutut tersebut memiliki bermacam-macam jenis yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Maka dari itu, jika kalian ingin mengetahuinya, silahkan langsung saja untuk simak baik-baik pada ulasan berikut ini.

Jenis Burung Perkutut Lokal

Jenis Burung Perkutut Lokal

Untuk jenis perkutut pertama yaitu jenis lokal atau biasanya banyak ditemukan di pulau jawa. Peminatnya juga cukup banyak, sebab memiliki suara kung yang lebih nyaring. Jika dirawat dengan baik, pastinya bisa gacor atau biasanya disebut dengan istilah “manggung”.

Ciri Ciri

  1. Ukuran kepalanya cukup besar.
  2. Hidung besar, menandakan pemilik nafas panjang.
  3. Ukuran tubuhnya juga besar, tubuhnya lebih kuat dan bertenaga.
  4. Paruhnya panjang.
  5. Pupur berwarna abu-abu.
  6. Bola mata bulat.
  7. Warna leher abu-abu.
  8. Bagian punggung cenderung menonjol.
  9. Lingkar garis hitam legam.
  10. Bulu ekor Panjang
  11. Kakinya pendek berwarna keunguan atau merah kehitaman.
  12. Penampilann fisik gagah.

Harga

Untuk jenis lokal yang sudah gacor, biasanya dibanderol dengan harga sekitar Rp 350.000. Sedangkan untuk yang masih muda, biasanya dibanderol sekitar Rp 60.000 perekornya.

Jenis Burung Perkutut Bangkok

Jenis Burung Perkutut Bangkok

Kemudian, untuk jenis selanjutnya yaitu Bangkok. Dari namanya saja sudah mencerminkan bahwa jenis ini memiliki ukuran tubuh yang lebih besar, serta memeiliki SUARA BURUNG PERKUTUT lebih ngebas jika dibandingkan dengan jenis lokal.

Ciri Ciri

  1. Memiliki tubuh lebih besar, jika dibandingkan dengan perkutut Lokal.
  2. Kepalanya juga terlihat lebih besar.
  3. Lingkar klep tebal, tetapi sedikit samar.
  4. Warna bulunya lebih cerah, lebih tepatnya pada bagian dada.
  5. Ukuran kaki lebih memanjang dan juga berwarna ungu.
  6. Ekornya lebih pendek, jika dibandingkan dengan jenis lokal
  7. Suara kung lebih ngebas.

Harga

Nah, untuk kalian yang berminat untuk memelihara burung jenis perkutut bangkok, maka kalian bisa mendapatkannya di pasar burung terdekat. Untuk jenis ini biasanya ditawarkan hingga mencapai Rp 1.500.000 untuk yang sudah memiliki gelar kejuaraan.

Perkutut Cemani Kulbuntet Lokal

Cemani Kulbuntet Lokal

Nah, untuk jenis ini malah memiliki suatu keunikan tersendiri, dengan berbagai mitosnya. Menurut tetua di pedesaan, jenis ini bisa digunakan untuk menolak bala atau mengembalikan serangan jahat pada pemiliknya.

Ciri Ciri

  1. Jika jantan, maka memiliki gerakan lebih lincah dan gesit.
  2. Memiliki bulu berwarna abu-abu kehitaman.
  3. Sorot matanya lebih tajam.
  4. Ukuran tubuhnya hampir sama dengan jenis lokal.
  5. Pada bagian kakinya sendiri berwarna kehitaman.
  6. Jadi, jika dilihat secara keseluruhan tubuhnya berwarna hitam legam.
  7. Paruhnya berwarna hitam.

Harga

Untuk jenis perkutut ini biasanya dibanderol sekitar Rp 1.200.000 perekor bagi yang sudah gacor. Tersedia di pasar burung, atau pun melalui situs jual beli online terpercaya.

Jenis Burung Perkutut Majapahit

Jenis Majapahit

Jenis perkutut selanjutnya yaitu bernama Majapahit, dipercaya dengan memelihara jenis ini, maka akan mendapatkan keuntungan berupa rejeki, jodoh, kebahagiaan, naik pangkat, karisma pemilik dan lain sebagainya.

Namun, diantara sekian banyaknya penghobi perkutut yaitu tidak mempercayai mitos yang berkembang tersebut. Untuk lebih memudahkan kalian dalam mencari tahu seperti apa penampilannya, maka kalian bisa langsung simak bebertapa ciri fisiknya seperti berikut ini.

Ciri Ciri

  1. Memiliki suara lebih unik dan berbeda, jika dibandingkan dengan perkukut lainnya.
  2. Garis-garis pada lehernya tidak putus-putus.
  3. Terdapat corak seperti loreng ular.
  4. Memiliki jambul di bagian atas kepalanya.
  5. Beberapa diantaranya memiliki warna bulu putih polos.

Harga

Jika kalian ingin memelihara jenis ini, maka kalian bisa mengumpulkan budget cukup banyak. Sebab, untuk satu ekornya bisa dibanderol dengan harga sekitar Rp 15.000.000.

Jenis Burung Perkutut Putih

Perkutut Putih

Jenis perkutut selanjutnya yaitu memiliki bulu berwarna putih polos. Bahkan, jenis ini memiliki banyak sekali peminatnya, terutama bagi sobat kicau kaum kelas atas. Sebab untuk harganya juga tidak murah, sebelum itu kalian bisa simak beberapa ciri-cirinya seperti berikut ini,

Ciri Ciri

  1. Memiliki tubuh dan diselimuti bulu berwarna putih bersih.
  2. Paruhnya berwarna sedikit hitam kemarahan.
  3. Jika matanya diarahkan tepat dibawah terik matahari akan terlihat menembus.
  4. Terkadang juga ada yang memiliki iris mata berwarna hitam pekat.
  5. Suaranya lebih merdu, jika dibandingkan dengan jenis lokal.

Harga

Nah, untuk mendapatkan jenis perkutut langka ini kalian perlu mengeluarkan budget sebesar Rp 300.000 untuk anakan. Jika sudah dewasa dan siap manggung, biasanya dibanderol sedikit lebih mahal yaitu sekitar Rp 1.000.000.

Jenis Burung Perkutut Mata Merah

Mata Merah

Untuk jenis perkutut selanjutnya adalah jenis mata mera. Jenis ini banyak diincar karena memiliki ciri khas unik yaitu terletak pada iris matanya. Kemudian, para koletor burung kicauan juga banyak yang berminat pastinya.

Ciri Ciri

  1. Memiliki bulu berwarna putih.
  2. Kakinya merah keputihan.
  3. Memiliki iris mata berwarna merah darah.
  4. Matanya tembus cahaya.
  5. Partuhnya putih.
  6. Tidak terdapat gradasi warna lain di tubuhnya.
  7. Suara kicauanya lebih merdu.

Harga

Jika kalian bermninat untuk memelihara, maka kalian bisa membelinya di penangkaran atau pun melalui situs jual beli online. Kemudian, untuk harganya sendiri hampir sama dengan jenis perkutut putih di atas, hanya saja untuk pemilik mata merah ini ketika sudah gacor dan berusia dewasa, maka harganya bisa mencapai Rp 2.800.000 perekornya.

Kesimpulan

Jadi, itulah beberapa jenis burung perkutut yang terkenal di Indonesia, memiliki keunikanya masing-masing. Sedangkan untuk suaranya masih sedikit sama yaitu seperti “Kung”.

Jika kalian berminat, maka kalian bisa simak ciri serta harga diatas setiap jenisnya. Lalu, harga tersebut bukanlah menjadi patokan, sebab harga tersebut bisa berubah-ubah sewaktu-waktu.

Demikian informasi dari birdsny.com mengenai jenis burung perkutut di Indonesia. Semoga dengan adanya artikel ini bisa sedikit membantu sobat untuk mendapatkan Perkutut impian. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *