Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

6 Makanan Burung Pelatuk & Cara Pemberiannya!

Makanan Burung Pelatuk
Advertisements

Makanan Burung Pelatuk – Pada saat mendengar nama burung Pelatuk, biasanya banyak orang akan teringat mengenai kemampuannya dalam membuat lubang di pohon atau mematuk batang pohon. Memang benar bahwa hal tersebut memang salah satu kemampuan yang tidak dimiliki oleh kebanyakan jenis burung lainnya.

Secara garis besarnya, burung Pelatuk mampu menghancurkan batang pohon atau melubangi pohon hanya dengan menggunakan paruhnya. Dimana paruh yang kuat dan runcing serta mempunyai otot-otot kuat di bagian leher menjadikan burung Pelatuk mampu membuat lubang tersebut, bahkan di pohon keras sekalipun.

Advertisements

Sebagai seorang pemilik salah satu jenis burung peliharaan di rumah tersebut, tentunya kalian juga harus mengerti apa saja jenis-jenis makanannya. Dimana jenis pakan yang dikonsumsi oleh burung Pelatuk di kesehariannya sendiri dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu pakan utama serta pakan tambahan.

Maka dari itu, apabila diantara kalian berencana untuk memelihara burung Pelatuk di rumah, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu apa saja jenis-jenis makanannya. Untuk membantunya, kali ini kami akan menjelaskan mengenai makanan burung Pelatuk, baik itu pakan utama ataupun pakan tambahan dilengkapi dengan tata cara merawatnya.

Karakteristik Burung Pelatuk

Sebelum pembahasan poin utama mengenai jenis makanan burung Pelatuk lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu beberapa karakteristiknya. Adapun sejumlah karakteristik burung Pelatuk tersebut diantaranya yaitu seperti di bawah ini, terutama dari segi fisiknya.

  • Burung Pelatuk memiliki paruh yang sangat keras, kuat dan runcing seperti pahat.
  • Burung Pelatuk mempunyai lidah dengan ukuran cukup panjang dan lengket.
  • Burung Pelatuk memiliki kaki dengan cakar yang kuat.
  • Burung Pelatuk mempunyai bulu ekor yang sangat kaku.
  • Burung Pelatuk memiliki otot kepala dan otot leher yang sangat kuat.
  • Burung Pelatuk mempunyai bantalan yang terletak di kepala.

Makanan Burung Pelatuk

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, burung Pelatuk menjadi salah satu jenis burung peliharaan yang mempunyai karakteristik kuat, terutama pada bagian paruh dan kakinya. Namun, apabila burung Pelatuk tidak mendapatkan jenis makanan yang tepat, maka mereka bisa saja mengalami penyakit, bahkan bisa menyebabkan kematian.

Advertisements

Maka dari itu, sebagai penggemar dan pemilik burung Pelatuk, pastinya kalian harus mengetahui apa saja jenis-jenis pakannya. Daripada penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik daftar rekomendasi jenis makanan untuk burung Pelatuk di bawah ini, entah itu untuk Pelatuk jantan maupun betina.

1. Voer

Voer

Sama halnya seperti jenis burung peliharaan pada umumnya, burung Pelatuk juga harus mengonsumsi voer sebagai pakan utamanya. Kalian bisa memberikan makanan berupa voer untuk burung Pelatuk ini dalam bentuk voer halus maupun kasar. Saran kami sebaiknya sesuaikan dengan kebutuhan serta kebiasaan burung Pelatuk.

2. Jangkrik

Jangkrik

Selain harus memberikan pakan utama, burung Pelatuk juga harus diberikan pakan tambahan atau ekstra fooding (EF) guna menunjang kesehatannya. Salah satu jenis pakan tambahan untuk menunjang kesehatan burung Pelatuk yaitu jangkrik. Dimana jangkrik sendiri akan membuat burung Pelatuk menjadi rajin berkicau.

3. Belalang

Belalang

Kemudian jenis makanan untuk burung Pelatuk selanjutnya yaitu ada belalang. Adapun belalang ini berfungsi sebagai pakan tambahan atau ekstra fooding bagi burung Pelatuk. Hampir sama seperti jangkrik, belalang sangat bermanfaat untuk membuat burung Pelatuk lebih rajin dalam berkicau.

4. Ulat Hongkong

Ulat Hongkong

Selain jangkrik dan belalang, ulat hongkong juga termasuk ke dalam salah satu rekomendasi pakan tambahan bagi burung Pelatuk. Menurut pengalaman dari beberapa penggemar burung Pelatuk, ulat hongkong mempunyai sejumlah kandungan yang akan membuatnya lebih rajin dalam berkicau.

5. Kroto

Makanan Burung Pelatuk Kroto
Advertisements

Rekomendasi jenis makanan burung Pelatuk terakhir buat kalian yaitu Kroto. Kalian bisa memanfaatkan kroto sebagai pakan selingan atau pakan tambahan bagi burung Pelatuk selain beberapa jenis EF di atas. Pemberian kroto secara rutin juga bisa membuat burung Pelatuk kesayangan mempunyai suara merdu sehingga sangat cocok untuk dijadikan sebagai masteran.

Cara Merawat Burung Pelatuk

Di atas sudah dijelaskan mengenai beberapa rekomendasi jenis makanan untuk burung Pelatuk, entah itu makanan utama maupun tambahannya. Nah, di bawah ini juga akan kami berikan beberapa tips atau cara dalam merawat burung Pelatuk supaya bisa tetap sehat serta mampu mengeluarkan kicauan merdu.

  • Pastikan kalian menempatkan burung Pelatuk di dalam kandang berkualitas.
  • Bersihkan kandang atau sangkar burung Pelatuk secara rutin.
  • Lakukan pengembunan burung Pelatuk di pagi hari sekitar pukul 05.00 karena udara pagi sangat bagus untuk semua makhluk hidup.
  • Mandikan burung Pelatuk dengan cara menyemprotkan air dari luar kandang.

Kesimpulan

Itulah sekiranya penjelasan dari Birdsny.com seputar rekomendasi jenis makanan untuk burung Pelatuk jantan dan betina dilengkapi dengan beberapa cara merawatnya. Semoga informasi di atas bisa dijadikan sebagai referensi ketika ingin memelihara burung Pelatuk di rumah.

Sumber gambar : pinhome.id, liputan6.com, idntimes.com

Advertisements
Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *