Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

12 Manfaat Daun Dewa Untuk Kenari : Cara & Waktu Pemberian

Manfaat Daun Dewa Untuk Kenari
Advertisements

Manfaat Daun Dewa Untuk Kenari – Sebagaimana diketahui, Kenari merupakan salah satu jenis burung yang sudah sangat populer di kalangan para kicau mania. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya Kenari memiliki warna cukup beragam dengan suara cukup nyaring serta pola perawatannya juga tergolong mudah.

Di samping itu, pesonanya yang lumayan menonjol juga kerap menjadi sebuah alasan mengapa banyak orang memelihara burung Kenari. Akan tetapi, supaya Kenari dapat mengeluarkan performa atau kinerja maksimalnya, tentunya dibutuhkan adanya pola perawatan serta pemberian pakan yang tepat setiap harinya oleh pemilik.

Advertisements

Berbicara mengenai makanan kesehariannya, Kenari biasanya lebih menyukai beberapa jenis pakan berupa biji-bijian, buah hingga sayuran. Bahkan beberapa penggemarnya juga kerap memberikan Kenari pakan tambahan atau ekstra fooding (EF) seperti dedaunan supaya menambah sistem kekebalan tubuhnya, termasuk daun dewa.

Bagi para pemula, mungkin mereka belum tahu bahwa daun dewa kerap dijadikan sebagai pakan tambahan untuk Kenari. Maka dari itu, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai manfaat daun dewa untuk Kenari semua jenis dilengkapi dengan cara hingga waktu ideal pemberiannya.

Ciri Daun Dewa

Ciri Daun Dewa

Sebelum membahas poin utama mengenai manfaat daun dewa untuk Kenari lebih lanjut, mungkin sebagian besar dari kalian belum terlalu mengenal jenis tanaman tersebut. Oleh sebab itu, untuk memahaminya di bawah ini akan kami berikan beberapa ciri daun dewa.

  • Tinggi pohon daun dewa sekitar 30 sampai 40 cm.
  • Batang daun dewa pendek.
  • Tekstur daun dewa lunak.
  • Bentuk dan dewa segi lima dan berpenampang lonjong.
  • Permukaan daun dewa seperti terdapat rambut-rambut halus.
  • Bagian tepi daun dewa berwarna hijau keunguan.
  • Tangkai daun dewa pendek.

Manfaat Daun Dewa Untuk Kenari

Manfaat Daun Dewa Untuk Burung Kenari
Advertisements

Setelah mengetahui beberapa ciri daun dewa, selanjutnya kalian juga harus mengerti apa saja kegunaan ataupun manfaatnya. Akan tetapi, perlu diingat bahwa daun dewa hanya dijadikan sebagai pakan tambahan untuk Kenari saja. Agar lebih jelasnya, berikut adalah sejumlah manfaat daun dewa untuk semua jenis burung Kenari.

Advertisements

1. Memaksimalkan Suara Kenari

Manfaat daun dewa untuk Kenari pertama yaitu mampu membuat burung mengeluarkan seluruh kemampuannya, khususnya mengenai suara kicauannya. Dimana daun dewa sendiri mampu membuat Kenari rajin bunyi sehingga pastinya mereka akan mengeluarkan performa maksimalnya.

2. Menambah Stamina Kenari

Seperti halnya manfaat daun ginseng untuk Kenari, daun dewa juga bisa digunakan untuk menambah stamina dan energi burung. Jadi, ketika Kenari peliharaan ingin diikutkan lomba atau kontes, maka saran kami sebaiknya berikan daun dewa sebagai sumber makanan untuk menambah staminanya.

3. Obat Anti Radang Untuk Kenari

Manfaat daun dewa untuk Kenari berikutnya yaitu dapat dijadikan sebagai obat anti radang. Radang tenggorokan tentunya menjadi salah satu jenis masalah yang kerap dialami oleh beberapa penggemar burung kicauan. Maka dari itu, daun dewa dapat dimanfaatkan sebagai cara untuk mengatasi suara Kenari serak.

4. Mengatasi Kenari Stres

Selain serak, Kenari juga kerap mengalami beberapa masalah atau gangguan lainnya seperti stres. Dimana jika Kenari stres dibiarkan begitu saja, maka dapat dipastikan akan memengaruhi kinerja serta kesehatannya. Jika Kenari stres, cobalah berikan daun dewa secara rutin sampai mereka bisa kembali ke kondisi sehat seperti semula.

5. Menjaga Kesehatan Bulu Kenari

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, selain suara ternyata bulu indah Kenari juga menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang menggemarinya. Bahkan bulu kenari yang halus dan mengkilap juga mampu meningkatkan nilai jualnya di pasaran. Maka dari itu, untuk menjaga kesehatan bulu Kenari agar tetap halus dan mengkilap, berikanlah daun dewa secara rutin.

6. Mengatasi Kenari Nyilet

Kenari nyilet atau kurus mungkin juga termasuk ke dalam beberapa masalah penting untuk diperhatikan oleh kicau mania. Hal tersebut bukan tanpa alasan, sebab Kenari nyilet akan membuat kinerjanya semakin menurun. Meskipun demikian, jangan khawatir karena daun dewa memiliki manfaat untuk mengatasi Kenari nyilet.

7. Menambah Nafsu Makan Kenari

Apabila diantara kalian ingin badan Kenari lebih berisi, padat dan gemuk, maka berikanlah mereka daun dewa. Pasalnya daun dewa dapat dijadikan sebagai penambah nafsu makan Kenari. Akan tetapi kami ingatkan sekali lagi bahwa daun dewa hanya digunakan untuk makanan selingan saja, bukan makanan utama.

8. Mengobati Penyakit Snot Kenari

Manfaat daun dewa terakhir sebenarnya hampir sama seperti manfaat daun binahong untuk Kenari, yaitu sebagai cara dalam mengatasi penyakit snot. Dimana penyakit snot sendiri disebabkan oleh bakteri di lingkungan sekitar, salah satunya karena kurangnya kebersihan kandang atau sangkar. Nah, daun dewa sendiri dapat digunakan untuk mengobati penyakit snot pada Kenari.

Cara Pemberian Daun Dewa Untuk Kenari

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai manfaat daun dewa untuk Kenari semua jenis, entah itu Kenari jantan maupun betina. Seperti sudah disinggung sebelumnya, masih ada beberapa orang di luar sana merasa bingung mengenai bagaimana tata cara hingga kapan waktu ideal pemberian daun dewa untuk Kenari.

Sebenarnya, saat ini pemberian daun dewa untuk Kenari sebagai pakan tambahan dapat dilakukan melalui beberapa cara, mulai dari diberikan secara langsung ataupun dijadikan seperti biji-bijian. Agar lebih jelasnya, di bawah ini akan kami bahas secara lengkap mengenai cara pemberian daun dewa untuk Kenari.

1. Pemberian Digantung

Seperti halnya saat memberikan daun pace untuk Kenari, kalian juga memberikan daun dewa dengan cara digantung di dinding sangkar atau kandang. Namun sebelum memberikannya, pastikan daun sudah dicuci menggunakan air bersih terlebih dahulu agar terhindar dari bakteri dan kuman.

2. Pemberian Dijadikan Bulatan Kecil

Cara lain dalam memberikan daun dewa untuk Kenari yaitu dijadikan bulatan-bulatan kecil menyerupai milet atau biji jagung. Pertama-tama, silahkan bersihkan daun dewa menggunakan air terlebih dahulu. Kemudian remas dan bentuk daun dewa menjadi bulatan-bulatan kecil seperti seukuran biji jagung.

Setelah dibentuk menjadi bulatan-bulatan kecil, silahkan letakkan ke dalam wadah pakan burung Kenari di dalam sangkar ataupun dilolohkan secara langsung ke paruhnya. Untuk waktu pemberiannya sendiri saran kami sebaiknya dilakukan setiap 2 sampai 3 kali dalam seminggu.

Kesimpulan

Itulah sekiranya penjelasan dari Birdsny.com seputar manfaat daun dewa untuk Kenari semua jenis dilengkapi dengan cara hingga waktu ideal pemberiannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak memberikan Kenari daun dewa sebagai pakan tambahan.

Advertisements
Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.