Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

8 Manfaat Ulat Kandang Untuk Murai Batu & Efek Sampingnya!

Manfaat Ulat Kandang Untuk Murai Batu

Manfaat Ulat Kandang Untuk Murai Batu – Sebagaimana diketahui, hingga saat ini Murai Batu mungkin menjadi salah satu jenis burung kicauan yang paling terkenal di kalangan masyarakat Indonesia. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya Murai Batu sendiri sudah terkenal dengan suara kicauan merdu serta bulunya yang indah.

Akan tetapi, untuk mendapatkan performa maupun kinerja Murai Batu yang maksimal, dibutuhkan adanya pola perawatan harian yang baik dan benar oleh para pemiliknya. Dimana pola perawatan harian Murai Batu sendiri tidak hanya dari segi pakan utamanya saja, namun juga membutuhkan adanya pakan tambahan atau ekstra fooding (EF).

vitamin burung

Nah, mungkin ulat kandang menjadi salah satu jenis pakan tambahan atau ekstra fooding yang seringkali diberikan oleh pemilik burung Murai Batu. Pasalnya, ulat kandang sendiri mempunyai cukup banyak kandungan nutrisi dan gizi yang pastinya akan bermanfaat dalam menunjang kondisi kesehatan burung Murai Batu.

Oleh karena itu, apabila diantara kalian ingin memberikan Murai Batu pakan tambahan berupa ulat kandang, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu apa saja manfaatnya. Untuk membantunya, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai manfaat ulat kandang untuk Murai Batu dilengkapi cara pemberiannya.

Kandungan Nutrisi Ulat Kandang

Kandungan Nutrisi Ulat Kandang

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, salah satu alasan kenapa banyak orang memanfaatkan ulat kandang sebagai pakan tambahan bagi Murai Batu yaitu karena sejumlah kandungan nutrisi dan gizinya. Maka dari itu, sebelum membahas manfaat ulat kandang untuk Murai Batu lebih lanjut, berikut kami berikan beberapa kandungan nutrisi dan gizi di dalamnya.

  • Protein kasar.
  • Lemak kasar.
  • Kandungan abu.
  • Kandungan ekstrak non-nitrogen.
  • Kadar air.

Manfaat Ulat Kandang Untuk Murai Batu

Manfaat Ulat Kandang Untuk Burung Murai Batu

Memang benar bahwa ulat kandang kalah populer dengan jenis ulat hongkong. Akan tetapi, untuk penelitian atas kandungan nutrisi dan gizi ulat kandang bisa menjadi bukti bahwa pakan jenis tersebut ternyata mempunyai cukup banyak manfaat bagi burung kicauan. Agar lebih jelasnya, di bawah ini adalah sejumlah manfaat ulat kandang untuk Murai Batu.

1. Meningkatkan Mental Murai batu

Manfaat pertama ulat kandang untuk Murai Batu yaitu mampu membuat mentalnya semakin garang secara alami. Hal ini sebenarnya sudah dibuktikan oleh beberapa penggemar Murai Batu di luar sana yang sudah tergolong cukup senior. Bahkan tidak hanya bagi Murai Batu saja, namun ulat kandang juga bisa meningkatkan mental jenis burung lainnya seperti Kacer, Trucukan dan lain sebagainya.

2. Mencukupi Kebutuhan Nutrisi Murai Batu

Kemudian manfaat selanjutnya yaitu mampu mencukupi kebutuhan asupan nutrisi dan gizi Murai Batu. Seperti sudah kami singgung sebelumnya, ternyata ulat kandang mempunyai kandungan nutrisi dan gizi yang lebih tinggi apabila dibandingkan dengan ulat hongkong. Maka dari itu, tak heran jika banyak orang memanfaatkan ulat kandang sebagai salah satu jenis pakan tambahan bagi Murai Batu.

3. Menstabilkan Birahi Murai Batu

Menjaga agar birahi tetap stabil serta teratur juga menjadi salah satu manfaat ulat kandang untuk burung Murai Batu. Sebagian besar dari kalian pasti sudah mengetahui bahwa Murai Batu termasuk ke dalam jenis burung dengan tingkat birahi berbeda-beda. Dengan kata lain, kalian harus benar-benar memperhatikan jenis pakan hariannya.

4. Menambah Stamina Murai Batu

Hampir sama seperti khasiat cacing tanah untuk Murai batu, ternyata ulat kandang juga bermanfaat untuk meningkatkan stamina atau energinya. Dimana kandungan lemak dan protein di dalam ulat kandang ini mampu membuat stamina Murai Batu tetap terjaga. Oleh sebab itu, ulat kandang sangat cocok untuk dijadikan sebagai pakan tambahan sebelum Murai Batu mengikuti sebuah perlombaan.

5. Mudah Dicerna Oleh Murai Batu

Manfaat ulat kandang untuk Murai Batu terakhir yaitu mudah dicerna karena ukurannya jauh lebih kecil dibandingkan dengan jenis ulat lainnya. Selain itu, ulat kandang juga memiliki tekstur yang tidak begitu keras sehingga sangat mudah untuk dicerna oleh Murai Batu ataupun jenis burung peliharaan lainnya.

Cara Pemberian Ulat Kandang Untuk Murai Batu

Setelah mengetahui beberapa manfaat ulat kandang untuk Murai Batu berdasarkan kandungan nutrisi dan gizinya, selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana waktu ideal hingga tata cara pemberiannya. Secara garis besarnya, pemberian ulat kandang sebagai pakan tambahan bagi Murai Batu bisa disesuaikan dengan kebutuhannya.

Namun, seringkali para penggemar Murai Batu menjadikan ulat kandang sebagai pakan tambahan sebelum mereka memulai pertandingan di arena ataupun kontes. Biasanya pemilik Murai Batu akan memberikan satu sendok ulat kandang yang dimasukkan ke dalam cepuk khusus H-1 sebelum pertandingan di mulai.

Selain itu, sebenarnya ulat kandang juga bisa dijadikan sebagai pakan tambahan untuk Murai Batu di setiap harinya. Kalian bisa memberikan ulat kandang pada Murai batu sebanyak dua kali dalam sehari, yaitu pada saat pagi hari dan sore hari. Untuk sore hari, waktu ideal pemberian ulat kandang yaitu sekitar pukul 17.00.

Cuku berbeda dengan efek kelebihan jangkrik pada Murai Batu, untungnya ulat kandang tidak akan memberikan efek samping apapun terhadap kondisi kesehatan tubuhnya. Meskipun demikian, apabila Murai Batu menunjukkan penolakan terhadap pemberian ulat kandang dalam beberapa hari secara berturut-turut, sebaiknya hentikan terlebih dahulu pemberiannya.

Kesimpulan

Itulah sekiranya penjelasan dari Birdsny.com seputar manfaat ulat kandang untuk Murai Batu dilengkapi dengan waktu ideal hingga tata cara pemberiannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak memberikan ulat kandang sebagai pakan tambahan bagi Murai Batu kesayangan di rumah.

Sumber gambar : biggo.id, borneochannel.com

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.