Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

12 Manfaat Tulang Sotong Untuk Kenari : Cara & Waktu Pemberian

Manfaat Tulang Sotong Untuk Kenari

Manfaat Tulang Sotong Untuk Kenari – Sebagaimana diketahui, Kenari merupakan salah satu jenis burung kicau yang sudah terkenal dengan suara merdu dan panjang. Akan tetapi, supaya burung Kenari bisa mengeluarkan suara merdunya tersebut tentunya mereka harus mendapatkan perawatan yang baik dan benar setiap harinya, termasuk pemberian pakan tambahannya.

Di dalam dunia budidaya atau ternak khusus Kenari, umumnya para penangkar kerap memberikan asinan berupa tukang sotong sebagai pakan tambahan atau ekstra fooding (EF). Dimana pakan tambahan Kenari berupa tulang sotong sendiri biasanya mempunyai karakteristik warna putih dan sangat mudah ditemukan di daerah pesisir pantai.

Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya tulang sotong mempunyai berbagai macam kandungan gizi yang pastinya sangat bermanfaat untuk kesehatan Kenari. Namun sayangnya, masih ada sebagian besar penggemar Kenari khususnya bagi pemula yang masih belum paham mengenai apa saja manfaat jenis pakan tambahan tersebut.

Maka dari itu, pada kesempatan kali ini penulis akan membantu menjelaskan apa saja manfaat tulang sotong untuk semua jenis burung Kenari, entah itu Kenari jantan maupun betina. Selain itu, di bawah ini juga akan kami bahas secara lengkap bagaimana cara beserta waktu ideal pemberian tulang sotong untuk Kenari.

Manfaat Tulang Sotong Untuk Kenari

Manfaat Tulang Sotong Untuk Burung Kenari

Seperti dijelaskan sebelumnya, tulang sotong mempunyai berbagai macam kandungan seperti kalsium, yodium serta mineral yang tinggi sehingga sangat bermanfaat bagi Kenari. Bahkan tukang sotong tidak hanya bisa diberikan untuk burung Kenari dewasa saja, namun juga untuk Kenari anakan ataupun bakalan.

Akan tetapi, tentunya pemberian tulang sotong untuk Kenari ini perlu diperhatikan dengan teliti, entah itu dari segi porsi maupun durasinya. Daripada penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik manfaat tulang sotong untuk Kenari jantan dan betina berikut ini.

1. Membantu Pembentukan Cangkang Telur

Manfaat tulang sotong pertama yaitu membantu pembentukan cangkang telur Kenari. Sebab, semua anakan burung Kenari ataupun jenis burung lainnya membutuhkan asupan kalsium tinggi sehingga mereka bisa kuat sampai menetas hingga proses pertumbuhan tulangnya.

2. Mengasah Paruh Kenari

Manfaat tulang sotong selanjutnya yaitu untuk membantu mengasah paruh Kenari supaya tidak panjang. Hal ini dikarenakan apabila paruh Kenari bengkok, maka mereka akan kesulitan ketika mengalami paruh gajah. Dimana paruh gajah merupakan sebuah kelainan yang bisa membuat paruh Kenari menjadi sangat panjang sehingga mengganggu proses makan.

3. Memperkuat Rahang Kenari

Selain itu, tulang sotong juga sangat bermanfaat untuk memperkuat otot rahang kenari sehingga Kenari mampu berkicau dengan baik. Pasalnya, tulang sotong sendiri memiliki karakteristik bentuk cukup keras sehingga tanpa disadari hal ini juga mampu membuat Kenari terbiasa dengan makanan yang keras.

4. Meningkatkan Reproduksi Kenari

Seperti dijelaskan di atas, tulang sotong mempunyai kandungan yodium serta garam cukup tinggi. Mungkin sebagian besar dari kalian sudah mengerti bahwa garam mampu membuat burung menjadi over birahi. Nah, karena itulah kalian bisa memberikan Kenari tulang sotong supaya meningkatkan sistem reproduksinya.

5. Mengurangi Kerusakan Bulu Kenari

Umumnya, bulu Kenari terutama di bagian kepala dan leher kerap mengalami kerontokkan. Maka dari itu, cobalah berikan tulang sotong supaya bulu-bulu Kenari tidak mudah rontok. Bahkan tulang sotong juga memiliki manfaat untuk membantu pertumbuhan bulu burung Kenari menjadi lebih kuat.

6. Melancarkan Sistem Pencernaan Kenari

Sekedar informasi, ternyata tulang sotong memiliki beberapa tekstur yang hampir mirip seperti grit. Dimana tekstur tersebut pada tulang sotong tersebut yang sudah dihancurkan akan tampak seperti serbuk dan bisa membantu melembutkan biji-bijian sehingga melancarkan sistem pencernaan Kenari.

7. Meningkatkan Nafsu Makan Kenari

Manfaat terakhir tulang sotong untuk Kenari yaitu mampu meningkatkan nafsu makan Kenari. Hal ini sebenarnya sama seperti halnya manfaat daun ginseng untuk Kenari. Jadi, pemberian daun sotong sebagai penambah nafsu makan Kenari akan sangat cocok setelah burung tersebut mengalami sakit ataupun gangguan kesehatan lainnya.

Cara Pemberian Tulang Sotong Untuk Kenari

Cara Pemberian Tulang Sotong Untuk Kenari

Setelah mengetahui manfaat tulang sotong untuk Kenari, selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana tata cara serta waktu ideal pemberiannya. Untuk saat ini, sebenarnya kalian dapat memberikan tulang sotong untuk Kenari melalui beberapa cara. Agar lebih jelasnya, berikut adalah cara pemberian tulang sotong untuk Kenari.

1. Menggantung Tulang Sotong di Sangkar

Mungkin cara pemberian tulang sotong hampir sama seperti saat memberikan sayur gambas untuk Kenari. Kalian bisa menggantung tulang sotong di dinding sangkar atau kandang Kenari dengan cara melubanginya menggunakan ujung pisau sampai sedikit berlubang. Kemudian berikan pengait, gantungan ataupun kawat untuk menggantungkannya di dinding sangkar.

2. Menghancurkan Tulang Sotong

Cara pemberian tulang sotong untuk Kenari selanjutnya yaitu dengan menghancurkan atau menumbuknya sampai lembut. Kalian bisa menumbuknya menggunakan ulekan batu hingga benar-benar menjadi butiran kecil. Apabila sudah menjadi butiran kecil, silahkan masukkan serbuk tersebut ke dalam wadah cepuk pakan Kenari.

3. Mengikis Tulang Sotong

Cara terakhir pemberian tulang sotong untuk Kenari yaitu dengan mengerok atau mengkikisnya menggunakan pisau. Nantinya hasil pengerokan tersebut akan tampak seperti parutan. Jika sudah seperti itu, silahkan masukkan parutan tulang sotong tersebut ke dalam wadah cepuk pakan Kenari.

Efek Samping Tulang Sotong Untuk Kenari

Meskipun sebenarnya tulang sotong memiliki cukup banyak manfaat untuk burung Kenari, namun tetap saja bahwa jenis pakan tambahan atau EF tersebut mempunyai risiko atau efek samping. Dimana jika pemberian tulang sotong untuk Kenari dilakukan secara berlebihan, maka bisa menimbulkan efek penyempitan pembuluh darah.

Selain itu, jika Kenari mengonsumsi tulang sotong dalam jumlah sedikit karena kadar keasinannya cukup tinggi, maka kebutuhan mineralnya kadang tidak terpenuhi, khususnya dalam proses reproduksi. Maka dari itu, pastikan kalian memberikan tulang sotong untuk Kenari dengan porsi serta durasi yang pas.

Akhir Kata

Demikian sekiranya pembahasan dari Birdsny.com seputar manfaat tulang sotong untuk Kenari dilengkapi cara hingga waktu ideal pemberian beserta efek sampingnya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak memberikan tulang sotong untuk burung Kenari.

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.