Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

10 Makanan Burung Perkutut Anakan Agar Cepat Tumbuh Besar!!

Makanan Burung Perkutut Anakan

Makanan Burung Perkutut Anakan – Mungkin sebagian besar para peternak pemula seringkali mendapati anakan Perkutut mati karena tidak diurus oleh induknya. Salah satu penyebab induk burung Perkutut enggan mengurus anaknya yaitu karena anakan Perkutut tersebut sering dipegang manusia ataupun karena sarangnya rusak.

Dimana ketika anakan Perkutut ditinggalkan oleh induknya, maka kemungkinan besar mereka akan mati karena kekurangan asupan pakan serta kehangatan. Oleh karena itu, kalian sebagai peternak ataupun pemelihara perlu memberikan pola perawatan yang baik serta makanan berkualitas untuk burung Perkutut piyik tanpa induk.

Namun sayangnya, masih ada sebagian besar orang khususnya peternak pemula di luar sana yang kebingungan mengenai apa saja jenis-jenis pakan untuk burung Perkutut anakan. Secara garis besarnya, jenis pakan yang wajib diberikan untuk burung Perkutut anakan biasanya ditentukan berdasarkan umur atau usianya.

Oleh sebab itu, apabila kalian berencana merawat burung Perkutut anakan dari baru menetas sampai dewasa, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu apa saja jenis-jenis makanannya. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai jenis makanan burung Perkutut anakan dilengkapi tata cara pemberiannya.

Makanan Burung Perkutut Anakan

Jenis Makanan Burung Perkutut Anakan

Seperti dijelaskan sebelumnya, makanan menjadi faktor penting yang harus diperhatikan ketika kalian memutuskan untuk memelihara burung Perkutut anakan baru menetas. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya jenis pakan yang diberikan nantinya akan mempengaruhi proses pertumbuhan dan perkembangan burung Perkutut anakan.

Untuk saat ini, para peternak burung Perkutut yang sudah berpengalaman biasanya membedakan jenis makanan Perkutut piyik berdasarkan umur ataupun usianya. Daripada penasaran, langsung saja simak baik-baik jenis makanan burung Perkutut anakan dilengkapi tata cara pemberiannya di bawah ini, mulai dari baru menetas hingga dewasa.

1. Perkutut Anakan Baru Menetas

Jenis makanan untuk burung Perkutut anakan yang baru menetas biasanya menggunakan campuran voer dengan air hangat. Pemberian campuran voer dengan air hangat untuk burung Perkutut anakan ini dilakukan karena tenggorokan dan pencernaannya masih sangat sensitif sehingga pakannya harus bertekstur cair.

Untuk tata cara pemberian pakan burung Perkutut anakan yang baru menetas ini sebaiknya dilakukan menggunakan sedotan atau suntikan pakan (spet lolohan) ukuran 55 cc. Kalian bisa memberikan pakan campuran voer dan air hangat untuk Perkutut piyik ini setiap 2 jam sekali.

2. Perkutut Anakan Umur 1 Minggu

Setelah burung Perkutut anakan atau Perkutut piyik sudah memasuki usia 1 minggu, racikan makanan cair yang sebelumnya bisa dibuat menjadi lebih kental. Dengan kata lain, kalian bisa membuat campuran pakan voer dan air hangat dengan porsi voer yang lebih sehingga menjadi lebih kental.

Waktu pemberian makanan Perkutut anakan umur 1 minggu ini sebaiknya dilakukan setiap 4 sampai 5 jam sekali. Sementara untuk tata cara pemberiannya sendiri kalian bisa melakukannya dengan melolohnya secara langsung ke tembolok atau mulut Perkutut anakan.

3. Perkutut Anakan Umur 2 Bulan

Ketika burung Perkutut anakan sudah berusia 2 bulan ke atas, maka biasanya mereka akan mulai belajar untuk mencari makan sendiri. Dimana pada umur tersebut burung Perkutut anakan sudah bisa diberikan makanan padat seperti voer, milet serta kacang hijau.

Selain itu, sebenarnya kalian juga bisa memberikan beberapa jenis pakan tambahan tau ekstra fooding (EF) seperti kacang hijau. Hal tersebut bukan tanpa alasan, sebab kacang hijau sangat bermanfaat untuk membantu pembentukan sel otot serta membantu menjaga sistem metabolisme burung Perkutut anakan.

Tips Merawat Burung Perkutut Anakan

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai jenis makanan untuk burung Perkutut anakan berdasarkan umur ataupun usianya. Selain jenis makanan hingga tata cara pemberiannya, sebenarnya Perkutut anakan juga membutuhkan pola perawatan yang baik dan benar dari para pemiliknya.

Oleh karena itu, di bawah ini akan kami berikan sejumlah tips merawat burung Perkutut anakan supaya bisa tumbuh besar dengan baik dan berkualitas hingga remaja ataupun dewasa.

  • Pastikan suhu di dalam kandang burung Perkutut anakan tetap terjaga.
  • Kemudian pastikan juga bahwa semua kebutuhan asupan dan nutrisi burung Perkutut anakan selalu tercukupi.
  • Selalu berikan penghangat di kandang atau sangkar burung Perkutut anakan pada saat malam hari.
  • Pastikan bahwa kandang burung Perkutut anakan selalu bersih supaya terhindar dari kuman ataupun bakteri yang akan menghambat proses tumbuh kembangnya.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa jenis pakan ternyata sangat berpengaruh terhadap proses tumbuh kembang burung Perkutut anakan dari saat mereka lahir hingga dewasa. Sementara untuk jenis makanannya sendiri sebenarnya bisa disesuaikan dengan usia burung Perkutut anakan.

Itulah sekiranya penjelasan dari Birdsny.com seputar jenis-jenis makanan burung Perkutut anakan dilengkapi dengan tata cara hingga waktu ideal pemberiannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak merawat burung Perkutut anakan liar hingga dewasa.

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.