Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

17 Manfaat Merica Untuk Perkutut : Cara & Waktu Pemberian

Manfaat Merica Untuk Perkutut
Advertisements

Manfaat Merica Untuk Perkutut – Tidak hanya dari bentuk fisik yang unik dan estetik, suara merdu Perkutut juga menjadi salah satu alasan kenapa banyak orang memelihara burung tersebut. Akan tetapi, supaya Perkutut bisa mengeluarkan semua performa maksimalnya, tentunya dibutuhkan adanya perawatan terbaik dari para pemiliknya.

Dimana perawatan Perkutut sendiri tidak hanya bisa didapatkan dari segi pola perawatan hariannya saja, namun juga berasal dari pemberian pakannya. Adapun makanan utama salah satu jenis burung peliharaan tersebut ialah pakan dari biji-bijian seperti kacang hijau, ketan hitam, beras merah, gabah, milet dan lain sebagainya.

Advertisements

Selain itu, beberapa penggemar Trucukan juga seringkali memberikan pakan tambahan atau ekstra fooding (EF) agar performanya semakin maksimal. Salah satu jenis pakan tambahan untuk Perkutut yang mungkin belum banyak orang mengetahuinya khususnya bagi para pemula yaitu merica atau biasa disebut sebagai lada.

Maka dari itu, apabila kalian berencana hendak memberikan Perkutut kesayangan merica sebagai pakan tambahan, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu apa saja manfaatnya. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai manfaat merica untuk Perkutut semua jenis dilengkapi cara dan waktu ideal pemberiannya.

Kandungan Nutrisi Merica

Kandungan Nutrisi Merica

Sebelum membahas poin utama mengenai manfaat merica untuk Perkutut lebih lanjut, ada baiknya pahami terlebih dahulu beberapa kandungan nutrisi dan gizi di dalamnya. Adapun beberapa kandungan nutrisi dan gizi di dalam merica tersebut diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

  • Protein.
  • Serat.
  • Kalsium.
  • Zat besi.
  • Magnesium.
  • Fosfor.
  • Kalium.
  • Vitamin A.
  • Vitamin B1.
  • Vitamin B1.
  • Vitamin B6.
  • Vitamin K.
  • Senyawa antioksidan.
  • Senyawa antibakteri.
  • Senyawa antiperadangan.

Manfaat Merica Untuk Perkutut

Manfaat Merica Untuk Burung Perkutut
Advertisements

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, merica mempunyai berbagai macam kandungan nutrisi dan gizi yang pastinya akan sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh burung Perkutut. Daripada penasaran, di bawah ini akan kami bahas secara lengkap sejumlah manfaat merica untuk Perkutut semua jenis, entah itu Perkutut jantan maupun betina.

Advertisements

1. Memperlancar Peredaran Darah Perkutut

Manfaat merica pertama untuk perkutut yaitu mampu melancarkan sistem peredaran darah di tubuh burung. Dengan lancarnya sistem peredaran darah di dalam tubuh Perkutut sendiri akan membuat burung tersebut jauh lebih sehat.

2. Menghangatkan Tubuh Perkutut

Seperti halnya manfaat bawang putih untuk Perkutut, merica juga sangat berguna untuk membuat tubuh burung tetap hangat. Oleh sebab itu, pemberian merica bisa menjadi salah satu cara paling efektif untuk menjaga agar tubuh Perkutut tetap hangat, terutama ketika saat musim penghujan tiba.

3. Meningkatkan Stamina Perkutut

Manfaat memberikan merica selanjutnya yaitu akan membuat stamina dan tenaga Perkutut menjadi semakin meningkat. Jadi, cobalah berikan Perkutut merica apabila mereka terlihat loyo atau kurang bersemangat untuk berkicau.

4. Membuat Perkutut Menjadi Lebih Aktif

Masih berkaitan dengan stamina Perkutut yang semakin meningkat karena diberikan merica, maka pastinya mereka juga akan mengeluarkan perilaku atau tingkah laku lebih aktif ketimbang biasanya. Dimana pemberian merica bisa dilakukan untuk membuat Perkutut menjadi lebih aktif serta rajin berkicau.

5. Meningkatkan Birahi Perkutut

Kemudian jika ingin mental dan fisik Perkutut lebih kuat, maka kalian juga bisa memberikannya merica. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya merica sendiri mampu membuat birahi Perkutut semakin meningkat sehingga mentalnya akan semakin bagus.

6. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Perkutut

Manfaat merica untuk Perkutut selanjutnya yaitu mampu meningkatkan sistem imunitas atau sistem kekebalan tubuhnya. Terlebih lagi saat ini memang cukup banyak bakteri atau kuman yang mampu menyebarkan penyakit pada Perkutut. Maka dari itu, berikan merica secara rutin kepada Perkutut supaya sistem kekebalan tubuhnya tetap terjaga.

7. Membuat Metabolisme Tubuh Perkutut Lebih Baik

Metabolisme tentunya sangat dibutuhkan oleh semua makhluk hidup, termasuk burung. Dimana metabolisme tubuh sendiri sangat berguna untuk membuat tubuh Perkutut tidak mudah terserang penyakit. Nah, ternyata merica mampu membuat proses metabolisme tubuh menjadi lebih baik.

8. Menurunkan Kolesterol Perkutut

Menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh Perkutut menjadi manfaat merica berikutnya. Menurut penelitian dari beberapa ahli, merica mengandung sejumlah senyawa guna mempercepat proses penyerapan komponen yang berperan di dalam tubuh dalam menurunkan kadar kolesterol di dalam darah.

9. Mencegah Gangguan Lambung Perkutut

Kemudian mencegah gangguan lambung pada Perkutut juga bisa dilakukan menggunakan merica. Dimana ekstrak merica sendiri mempunyai efek antiradang serta antibakteri sehingga dianggap sangat ampuh dalam mencegah dan menghambat pertumbuhan bakteri pada lambung Perkutut.

10. Mencegah Kerusakan Sel Tubuh Perkutut

Sebagaimana diketahui, merica memiliki kandungan senyawa antioksidan yang cukup tinggi. Adapun kegunaan senyawa antioksidan tersebut yaitu untuk menegah burung Perkutut dari kerusakan sel-sel tubuh serta membuatnya menjadi lebih sehat.

11. Menjaga Kesehatan Jantung Perkutut

Manfaat merica untuk Perkutut berikutnya yaitu menjaga kesehatan jantung. Hal ini dikarenakan merica mampu menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh Perkutut sehingga dianggap mampu membantu dalam mengontrol tekanan darah agar tetap stabil.

12. Mencukupi Kebutuhan Nutrisi Perkutut

Lalu merica juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan proses penyerapan nutrisi dengan lebih baik sehingga semua kebutuhan asupannya terpenuhi. Beberapa jenis penyerapan nutrisi tersebut diantaranya yaitu seperti selenium, kalsium hingga beberapa senyawa tanaman lainnya.

13. Memperlancar Sistem Pernapasan Perkutut

Hampir sama seperti manfaat kencur untuk Perkutut, merica juga ternyata berguna untuk memperlancar sistem pernapasan. Merica sendiri merupakan dekongestan alami yang mampu untuk mengencerkan lendir sebagai salah satu penyebab hidung tersumbat atau mampet. Jadi, pemberian merica sangat cocok apabila dilakukan pada saat mereka mengalami flu.

14. Menurunkan Gula Darah Perkutut

Sebuah penelitian kembali mengemukakan pendapat bahwa merica mengandung piperine yang terbukti mampu menurunkan gula darah. Maka dari itu, supaya Perkutut kesayangan terhindar dari gula darah tinggi, sebaiknya berikan merica secara rutin sesuai porsinya.

15. Bagus Untuk Kesehatan Otak Perkutut

Manfaat merica terakhir untuk Perkutut yaitu mampu meredakan gejala gangguan fungsi otak. Pada intinya, pemberian merica secara rutin akan membuat otak Perkutut tetap sehat. Namun, kami ingatkan sekali lagi bahwa pemberian merica pada Perkutut harus dilakukan sesuai porsinya.

Cara Pemberian Merica Untuk Perkutut

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai manfaat merica untuk Perkutut semua jenis, entah itu Perkutut jantan ataupun betina. Nah, selanjutnya kalian juga tentunya harus mengerti bagaimana tata cara hingga waktu ideal pemberian merica untuk Perkutut.

Perlu diketahui, pemberian merica lazimnya dilakukan untuk burung Perkutut beranjak dewasa yang mempunyai sistem pencernaan lebih kuat. Kalian bisa memberikan 3 butir merica dalam jangka waktu seminggu sekali ketika musim penghujan tiba.

Sebagai informasi tambahan, sebaiknya pemberian merica pada Perkutut jangan dilakukan pada saat musim panas. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya pemberian merica pada musim panas ini malah hanya akan membuat Perkutut enggan bunyi.

Kesimpulan

Itulah sekiranya penjelasan dari Birdsny.com seputar manfaat merica untuk Perkutut semua jenis dilengkapi dengan tata cara hingga waktu ideal pemberiannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak memberikan Perkutut merica sebagai pakan tambahannya.

Advertisements
Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.