Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

9 Manfaat Kacang Hijau Untuk Perkutut : Cara & Waktu Pemberian

Manfaat Kacang Hijau Untuk Perkutut

Manfaat Kacang Hijau Untuk Perkutut – Perkutut menjadi salah satu jenis burung yang seringkali dipelihara oleh sebagian besar masyarakat di Indonesia. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya Perkutut sendiri memiliki cukup banyak keunikan dan keistimewaan yang tidak dimiliki oleh burung jenis lainnya.

Agar Perkutut tetap sehat dan mampu mengeluarkan semua performa maksimalnya, tentunya dibutuhkan adanya pola perawatan harian yang baik dan benar. Dimana pola perawatan harian sendiri tidak hanya berasal dari kesehatan tubuh atau kandangnya saja, namun juga dari segi pemberian pakannya, entah itu pakan utama ataupun tambahan.

Berbicara mengenai pakan tambahan atau ekstra fooding (EF), saat ini banyak para penggemar yang memberikan Perkutut kacang hijau. Sebab kacang hijau menjadi salah satu jenis pakan tambahan yang mempunyai berbagai macam kandungan nutrisi dan gizi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh Perkutut.

Maka dari itu, apabila kalian berencana memberikan Perkutut kacang hijau sebagai pakan tambahannya, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu sejumlah manfaatnya. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai manfaat kacang hijau untuk Perkutut dilengkapi dengan cara hingga waktu ideal pemberiannya.

Kandungan Nutrisi Kacang Hijau

Kandungan Nutrisi Kacang Hijau

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, kacang hijau menjadi salah satu tanaman yang seringkali dijadikan sebagai pakan tambahan untuk Perkutut. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya kacang hijau sendiri memiliki sejumlah kandungan nutrisi dan gizi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh Perkutut.

Oleh sebab itu, sebelum membahas manfaat kacang hijau untuk Perkutut lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu beberapa kandungan nutrisi dan gizinya. Adapun beberapa kandungan nutrisi dan gizi di dalam kacang hijau tersebut diantaranya yaitu seperti berikut ini.

  • Protein.
  • Kalsium.
  • Zat besi.
  • Kalium.
  • Fosfor.
  • Magnesium.
  • Vitamin A.
  • Vitamin B.
  • Folat.
  • Vitamin C.
  • Vitamin E.
  • Vitamin K.

Manfaat Kacang Hijau Untuk Perkutut

Manfaat Kacang Hijau Untuk Burung Perkutut

Setelah mengetahui beberapa kandungan nutrisi dan gizi kacang hijau, selanjutnya kalian juga harus mengerti apa saja manfaatnya. Daripada penasaran, di bawah ini akan kami jelaskan secara lengkap mengenai manfaat kacang hijau untuk Perkutut, entah itu Perkutut jantan maupun betina.

1. Membantu Pembentukan Sel Otot Perkutut

Manfaat kacang hijau pertama untuk Perkutut yaitu mampu membantu dalam pembentukan sel-sel otot di dalam tubuhnya. Hal ini dikarenakan kacang hijau sendiri mempunyai kandungan protein sangat tinggi sehingga mampu menjadi sumber tenaga bagi Perkutut.

2. Membantu Fungsi Metabolisme Perkutut

Kemudian manfaat selanjutnya yaitu mampu membantu fungsi metabolisme Perkutut. Perlu diketahui, tidak hanya manusia saja yang perlu perbaikan metabolisme juga, tetapi burung juga, termasuk Perkutut. Maka dari itu, cobalah berikan Perkutut secara rutin supaya fungsi metabolisme tubuhnya tetap terjaga.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Perkutut

Hampir sama seperti halnya manfaat merica untuk Perkutut, pemberian kacang hijau secara rutin untuk Perkutut juga bisa membuat sistem kekebalan tubuhnya semakin meningkat. Senyawa fitonutrien di dalam kacang hijau dianggap mampu bekerja sebagai antipembengkakan serta mampu membantu dalam meningkatkan imun tubuh Perkutut.

4. Mencegah Penyakit Jantung Bagi Perkutut

Kacang hijau juga memiliki manfaat untuk mencegah atau menghindarkan Perkutut dari penyakit jantung. Menurut penelitian dari beberapa ahli, kacang hijau diklaim dapat menurunkan kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh Perkutut. Maka dari itu, kacang hijau mampu memperbaiki pembuluh darah yang rusak dan mengurangi pembengkakan.

5. Melancarkan Sistem Pencernaan Perkutut

Manfaat kacang hijau selanjutnya untuk Perkutut yaitu mampu memperlancar sistem pencernaannya. Pemberian kacang hijau untuk Perkutut mampu membuat pencernaannya lancar sehingga mereka mudah untuk makan ataupun mengeluarkan kotoran.

6. Membantu Menurunkan Berat Badan Perkutut

Apabila kalian mempunyai Perkutut dengan berat badan berlebih (kegemukan), maka kacang hijau bisa menjadi solusi tepat untuk mengatasinya. Tentunya berat badan berlebih bagi Perkutut akan membuatnya malas beraktivitas sehingga tidak mau bunyi. Jadi, cobalah berikan Perkutut kacang hijau secara rutin untuk membantu menurunkan berat badannya.

7. Membantu Perkutut Cepat Gacor

Ketika Perkutut macet bunyi, kacang hijau bisa menjadi salah satu jenis pakan yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah tersebut. Akan tetapi, perlu diingat bahwa supaya solusi ini dapat berhasil, maka kalian harus benar-benar memberikannya secara rutin dengan takaran pas.

8. Membunuh Racun di Tubuh Perkutut

Khasiat kacang hijau selanjutnya yaitu mampu menguras racun di dalam tubuh burung Perkutut. Jadi, pemberian kacang hijau sendiri sangat cocok dilakukan pada saat Perkutut sedang sakit. Sehingga racun atau bakteri di dalamnya akan dibasmi oleh kacang hijau tersebut.

9. Meningkatkan Stamina Perkutut

Manfaat terakhir kacang hijau untuk Perkutut yaitu mampu meningkatkan stamina dan tenaganya, hampir sama seperti manfaat kencur. Oleh sebab itu, supaya Perkutut bisa mengeluarkan semua performa maksimalnya, termasuk agar mereka lebih gacor, berikanlah kacang hijau secara rutin.

Cara Pemberian Kacang Hijau Untuk Perkutut

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai manfaat kacang hijau untuk Perkutut sesuai dengan kandungan nutrisi dan gizinya. Nah, selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana tata cara hingga waktu ideal pemberian kacang hijau untuk Perkutut.

Tata cara pemberiannya sendiri yaitu kalian harus merendam kacang hijau dengan air panas terlebih dahulu selama kurang lebih sekitar 6 sampai 7 jam. Setelah selesai direndam, lolohkan kacang hijau sebanyak 5 atau 6 butir saja. Pemberian ini sebaiknya dilakukan secara rutin setiap satu minggu sekali.

Kesimpulan

Demikian sekiranya penjelasan dari Birdsny.com seputar manfaat kacang hijau untuk Perkutut dilengkapi cara hingga waktu ideal pemberiannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak memberikan kacang hijau sebagai pakan tambahan bagi Perkutut.

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.