Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

10 Manfaat Kunyit Untuk Perkutut : Cara & Waktu Pemberian

Manfaat Kunyit Untuk Perkutut

Manfaat Kunyit Untuk Perkutut – Sebagaimana diketahui, kunyit atau kunir diartikan sebagai salah satu jenis tanaman rempah, obat asli dari wilayah Asia Tenggara. Tentunya, hampir tiap orang di semua negara mengonsumsi kunyit, entah itu dijadikan sebagai bumbu masakan ataupun ketika membeli minuman tradisional dari penjual jamu.

Secara garis besarnya, kandungan nutrisi dan gizi di dalam salah satu jenis tanaman rempah tersebut sangat berkhasiat untuk kesehatan manusia. Bahkan, di kalangan para penggemar burung peliharaan, mereka seringkali menjadikan kunyit sebagai pakan tambahan atau ekstra fooding (ef), terutama untuk burung Perkutut.

Namun sayangnya, masih banyak sebagian besar penggemar Perkutut di luar sana khususnya bagi para pemula yang mengeluhkan bahwa mereka kebingungan mengenai bagaimana tata cara pemberiannya. Sebenarnya cara pemberian kunyit untuk Perkutut cukup mudah untuk dilakukan, asalkan mengetahui tahapan-tahapannya.

Oleh sebab itu, apabila kalian berencana memberikan kunyit sebagai pakan tambahan bagi Perkutut, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu sejumlah manfaatnya. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai manfaat kunyit untuk Perkutut dilengkapi dengan cara hingga waktu ideal pemberiannya.

Kandungan Nutrisi Kunyit

Kandungan Nutrisi Kunyit

Sebelum membahas poin utama mengenai manfaat kunyit untuk Perkutut lebih dalam, sebaiknya pahami terlebih dahulu apa saja kandungan nutrisi dan gizi di dalamnya. Adapun sejumlah kandungan nutrisi dan gizi di dalam tanaman kunyit tersebut diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

  • Protein.
  • Kalsium.
  • Magnesium.
  • Fosfor.
  • Kalium.
  • Vitamin C.
  • Zat besi.

Manfaat Kunyit Untuk Perkutut

Manfaat Kunyit Untuk Burung Perkutut

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, salah satu alasan kenapa banyak orang memanfaatkan kunyit sebagai pakan tambahan bagi Perkutut yaitu karena sejumlah kandungan nutrisi dan gizi di dalamnya. Daripada penasaran, langsung saja simak baik-baik beberapa manfaat kunyit untuk Perkutut berikut ini.

1. Membantu Pembentukan Tulang Perkutut

Manfaat kunyit untuk Perkutut pertama yaitu mampu membantu proses pembentukan tulang dan darah. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya di dalam tanaman kunyit sendiri terdapat kandungan mineral yang cukup banyak. Dimana kandungan mineral tersebut bermanfaat untuk mendapatkan syaraf yang sehat, cairan tubuh seimbang, memproduksi tenaga dan lain sebagainya.

2. Mengatasi Perkutut Lesu

Tidak hanya manusia, ternyata Perkutut juga dapat mengalami lesu. Salah satu alasan kenapa kunyit mampu mengatasi Perkutut kesu yaitu karena kandungan nutrisi dan gizi di dalamnya mampu menambah stamina dan energinya. Jadi, jika Perkutut kesayangan letih dan lesu, sebaiknya berikan kunyit secara rutin.

3. Sebagai Antibiotik Untuk Perkutut

Kemudian manfaat kunyit untuk Perkutut berikutnya yaitu bisa berguna sebagai antibiotik. Agar bisa mendapatkan fungsi tersebut, kalian bisa memberikan kunyit secukupnya kepada burung Perkutut. Pada intinya, pemberian kunyit sebagai antibiotik bagi Perkutut sendiri sama dengan pemberian vaksin khusus untuk menjaga kesehatan.

4. Mengatasi Perkutut Malas Bunyi

Sebagian besar penggemar burung kicau juga menganggap bahwa kunyit bisa dijadikan sebagai salah satu ramuan untuk mengatasi Perkutut malas bunyi. Pasalnya, beberapa orang sudah membuktikan bahwa khasiat kunyit akan sangat terasa bagi Perkutut apabila pemberiannya dilakukan secara rutin sesuai porsinya.

5. Mengatasi Perkutut Diare

Diare mungkin menjadi salah satu jenis penyakit yang paling sering dialami oleh Perkutut. Dimana diare sendiri dapat disebabkan karena sistem pencernaan Perkutut sedang tidak lancar atau sedang dalam masalah. Untuk mengobatinya, kalian bisa memberikan kunyit secara rutin agar diare bisa hilang dan sistem pencernaannya menjadi lancar.

6. Menanggulangi Serak Perkutut

Menanggulangi serak Perkutut juga masuk ke dalam daftar manfaat kunyit untuk salah satu jenis burung peliharaan tersebut. Kandungan nutrisi dan gizi di dalam tanaman kunyit ternyata mampu menanggulangi suara serak Perkutut. Dengan mengonsumsi secara rutin, dijamin suara Perkutut akan kembali jernih seperti semula.

7. Mengatasi Perkutut Flu

Manfaat terakhir ini sebenarnya hampir sama seperti manfaat kunyit untuk Lovebird, yaitu mengatasi Perkutut flu atau pilek. Hal ini dikarenakan kunyit mampu membuat metabolisme tubuh Perkutut tetap terjaga sehingga mereka tidak akan mudah terserang penyakit, termasuk flu dan pilek.

Cara Pemberian Kunyit Untuk Perkutut

Setelah mengetahui sejumlah manfaat kunyit untuk Perkutut berdasarkan kandungan nutrisi dan gizi di dalamnya, selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana tata cara hingga waktu ideal pemberiannya. Sebenarnya, tata cara pemberian kunyit untuk Perkutut dapat dilakukan melalui beberapa cara, yaitu dijadikan sebagai pakan ataupun minuman.

Apabila dijadikan sebagai pakan, kalian bisa memotong kunyit menjadi kecil-kecil seukuran biji kacang hijau kemudian lolohkan secara langsung ke Perkutut. Atau kalian juga bisa menghaluskan kunyit terlebih dahulu dengan cara di parut untuk dicampurkan ke dalam pakan utamanya.

Nah, sementara apabila ingin menjadikan kunyit sebagai air minum Perkutut, kalian hanya perlu memarutnya lalu ambil peras sarinya. Silahkan campurkan sari perasan kunyit tersebut ke dalam air minum Perkutut. Pemberian kunyit tersebut akan membuat sistem kekebalan tubuh Perkutut tetap terjaga.

Kesimpulan

Demikian sekiranya penjelasan dari Birdsny.com seputar manfaat kunyit untuk Perkutut dilengkapi dengan cara hingga waktu ideal pemberiannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak memberikan kunyit sebagai pakan tambahan bagi Perkutut kesayangan.

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.