Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

4 Manfaat Cuka Apel Untuk Merpati : Cara & Waktu Pemberian

Manfaat Cuka Apel Untu Merpati

Manfaat Cuka Apel Untuk Merpati – Pada umumnya, cuka apel digunakan untuk membuat salad dan penambah rasa asam alami pada makanan tertentu. Namun, setelah diuji coba ternyata cuka apel juga mempunyai segudang khasiat yang pastinya sangat bermanfaat untuk kesehatan burung, salah satunya yaitu Merpati.

Dimana cuka apel atau apple cidder sendiri merupakan produk olahan dari hasil fermentasi apel yang memiliki rasa asam cukup kuat. Meskipun begitu, pemberian cuka apel untuk untuk salah satu jenis burung peliharaan seperti Merpati balap, kolong ataupun Merpati tinggian tergolong aman, asalkan dilakukan sesuai prosedur.

Akan tetapi, masih ada sebagian besar penggemar Merpati khususnya di luar sana yang mengeluhkan bahwa mereka kebingungan mengenai tata cara pemberiannya. Perlu diingat, pemberian cuka apel untuk Merpati kesayangan harus dilakukan sesuai dengan porsi atau takarannya. Sebab, jika pemberian cuka apel berlebihan, maka akan menimbulkan efek samping negatif.

Maka dari itu, apabila kalian berencana memberikan cuka apel sebagai salah satu jenis pakan tambahan bagi Merpati, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu apa saja manfaatnya. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai manfaat cuka apel untuk Merpati dilengkapi cara hingga waktu ideal pemberiannya.

Kandungan Nutrisi Cuka Apel

Kandungan Nutrisi Cuka Apel

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, salah satu alasan kenapa banyak orang memberikan cuka apel untuk menunjang kesehatan tubuh burung Merpati yaitu karena sejumlah kandungan nutrisi dan gizi di dalamnya. Oleh sebab itu, sebelum membahas manfaat apel untuk Merpati lebih lanjut, sebaiknya pahami beberapa kandungan nutrisi dan gizinya di bawah ini.

  • Magnesium.
  • Zat besi.
  • Fosfor.
  • Mangan.
  • Asam amino.
  • Antioksidan.
  • Kalori.

Manfaat Cuka Apel Untuk Merpati

Manfaat Cuka Apel Untuk Burung Merpati

Pada intinya, pemberian cuka apel sebagai pakan tambahan Merpati sendiri dilakukan guna menunjang kesehatan tubuhnya. Daripada penasaran, langsung saja simak baik-baik sejumlah manfaat cuka apel untuk Merpati semua jenis berikut ini.

1. Membunuh Bakteri dan Virus di Tubuh Merpati

Perlu diketahui, kandungan di dalam cuka apel mampu membunuh 170 bakteri, termasuk bakteri e-coli dan salmonella. Dimana bakteri tersebut seringkali menyerang Merpati dan menyebabkan mereka berak hijau. Selain itu, cuka apel juga memiliki manfaat lain untuk Merpati, yaitu membunuh virus ND Newcastle Disease atau virus tetelo.

2. Menyehatkan Pencernaan Merpati

Manfaat cuka apel untuk Merpati selanjutnya yaitu mampu menyehatkan dan memperlancar sistem pencernaannya. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya cuka apel sendiri mengandung asam organik yang bisa mengurai makanan sisa dalam tembolok. Dengan begitu, sisa makanan yang tidak tercerna di dalam tembolok akan segera keluar dan tidak menyebabkan penyakit.

3. Penetralisir Parasit di Tubuh Merpati

Mungkin sebagian besar dari kalian sudah mengetahui bahwa Merpati kerap dijadikan sebagai tempat bersarang parasit seperti tungau, kutu halus sampai kutu Merpati besar. Melalui pemberian cuka apel secara rutin ini mampu membuat parasit di tubuh Merpati akan hilang sehingga mereka menjadi lebih nyaman dan aman.

4. Menurunkan Berat Badan Merpati

Manfaat cuka apel terakhir untuk Merpati yaitu mampu menurunkan atau mengurangi berat badan, hampir sama seperti manfaat beras merah. Sebab, cuka apel sendiri memiliki kandungan rendah lemak, rendah gula dan rendah karbo sehingga sangat cocok apabila digunakan ketika hendak menurunkan berat badan Merpati.

Cara Pemberian Cuka Apel Untuk Merpati

Setelah mengetahui sejumlah manfaat cuka apel sebagai pakan tambahan atau ekstra fooding (EF) untuk Merpati, selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana tata cara hingga waktu ideal pemberiannya. Pada umumnya, para pemilik Merpati memberikan cuka apel kurang lebih sekitar 5 sampai 10 ml per liter air.

Jika ingin lebih aman, kalian bisa memberikan cuka apel untuk Merpati kurang dari 5 ml per liter, seperti 3 ml banding 1 liter air. Tujuannya yaitu supaya minuman Merpati nantinya tidak terlalu asam. Pasalnya, apabila Merpati terlalu banyak meminum kandungan asam, maka justru malah akan menimbulkan efek buruk.

Efek Samping Cuka Apel Untuk Merpati

Seperti sudah disinggung sebelumnya, pemberian cuka apel untuk Merpati yang dilakukan secara berlebihan akan memberikan efek samping atau risiko buruk terhadap kesehatannya. Oleh sebab itu, sebagai gambaran di bawah ini akan kami berikan sejumlah efek samping pemberian cuka apel untuk Merpati secara berlebihan.

  • Menimbulkan masalah pencernaan atau gangguan pencernaan.
  • Mampu menghambat penyerapan nutrisi dalam tubuh Merpati.
  • Dapat membunuh bakteri baik yang bermanfaat untuk pencernaan Merpati.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa cuka apel seringkali dijadikan sebagai air minum dan pakan tambahan atau ekstra fooding (EF) untuk Merpati. Hal ini dikarenakan cuka apel mempunyai berbagai macam kandungan nutrisi dan gizi yang sangat bermanfaat bagi Merpati.

Demikian sekiranya penjelasan dari Birdsny.com seputar manfaat cuka apel untuk Merpati semua jenis dilengkapi dengan tata cara hingga waktu ideal pemberian beserta efek sampingnya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak memberikan cuka apel untuk Merpati kesayangan.

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.