Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

6 Manfaat Daun Pepaya Untuk Merpati : Cara & Waktu Pemberian

Manfaat Daun Pepaya Untuk Merpati

Manfaat Daun Pepaya Untuk Merpati – Seperti diketahui, Merpati menjadi salah satu jenis burung yang sudah dipelihara sejak lama, terutama di daerah pedesaan. Di dalam proses perawatannya, terdapat berbagai macam tahapan yang perlu diperhatikan supaya Merpati dapat selalu sehat serta memiliki kondisi sesuai keinginan pemiliknya.

Salah satu hal penting yang harus diperhatikan supaya burung Merpati bisa mengeluarkan performa maksimalnya yaitu tentang jenis pakan atau makanan kesehariannya. Untuk saat ini, berbagai macam jenis pakan burung tentunya mempunyai karakteristik serta manfaatnya tersendiri bagi burung Merpati, termasuk daun pepaya.

Umumnya para penggemar Merpati memanfaatkan daun pepaya sebagai pakan tambahan atau ekstra fooding (EF) ketika mereka hendak mengikuti perlombaan dan kontes. Akan tetapi, masih ada sebagian besar orang di luar sana khususnya pemula yang merasa bingung mengenai bagaimana cara dan waktu pemberian daun pepaya untuk Merpati.

Maka dari itu, apabila kalian berencana memberikan daun pepaya untuk Merpati, ada baiknya pahami terlebih dahulu beberapa manfaatnya. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap terkait manfaat daun pepaya untuk Merpati semua jenis dilengkapi dengan tata cara hingga waktu ideal pemberiannya.

Kandungan Nutrisi Daun Pepaya

Kandungan Nutrisi Daun Pepaya

Sebelum pembahasan poin utama mengenai manfaat daun pepaya untuk Merpati berlanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu sejumlah kandungan nutrisi beserta gizi di dalamnya. Adapun sejumlah kandungan nutrisi dan gizi di dalam daun pepaya tersebut diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

  • Air.
  • Energi.
  • Protein.
  • Lemak.
  • Karbohidrat.
  • Serat.
  • Abu.
  • Kalsium.
  • Fosfor.
  • Besi.
  • Natrium.
  • Tembaga.
  • Seng.
  • Beta karoten.
  • Karoten total.
  • Vitamin B1.
  • Vitamin B2.
  • Niasin.
  • Vitamin C.

Manfaat Daun Pepaya Untuk Merpati

Manfaat Daun Pepaya Untuk Burung Merpati

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, daun pepaya mempunyai berbagai macam kandungan gizi dan nutrisi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan burung Merpati. Akan tetapi, masih ada sebagian besar penggemar yang belum memahami benar apa saja manfaatnya bagi burung Merpati. Daripada penasaran, berikut adalah sejumlah manfaat daun pepaya untuk Merpati.

1. Jamu Tradisional Untuk Merpati

Manfaat daun pepaya untuk Merpati pertama yaitu seringkali dijadikan sebagai campuran untuk jamu tradisional. Dimana jamu tradisional tersebut biasanya digunakan untuk menjaga kondisi kesehatan Merpati supaya tetap terjaga dengan baik serta terhindar dari berbagai macam masalah seperti gangguan kesehatan atau penyakit.

2. Menambah Nafsu Makan Merpati

Kemudian manfaat selanjutnya hampir sama seperti manfaat jahe untuk Merpati yaitu mampu menambah nafsu makan. Jadi, apabila burung Merpati kesayangan kalian sulit atau bahkan tidak mau makan sama sekali, sebaiknya berikan daun pepaya secara rutin dan konsisten guna mendongkrak nafsu makannya.

3. Meningkatkan Stamina Merpati

Manfaat lain dari pemberian daun pepaya bagi Merpati yaitu membantu meningkatkan stamina. Dimana peningkatan stamina Merpati sendiri sangat dibutuhkan, khususnya ketika mereka ingin mengikuti sebuah perlombaan. Akan tetapi, pastikan kalian memberikan daun pepaya untuk Merpati sesuai dengan porsinya.

4. Melancarkan Sistem Pencernaan Merpati

Manfaat daun pepaya selanjutnya untuk Merpati yaitu bisa memperlancar sistem pencernaannya, mirip seperti manfaat kencur. Pastinya apabila kondisi sistem pencernaan lancar, maka mampu menjadikan berbagai macam nutrisi dan gizi di dalam makanan dan pakan yang dikonsumsi dapat terserap dengan baik sehingga manfaatnya akan jauh lebih terasa.

5. Menjaga Berat Badan Merpati

Sama seperti manusia, kondisi berat badan Merpati terutama untuk Merpati balap harus benar-benar terjaga dengan baik. Sebab, berat badan yang tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah akan membantu burung mempunyai kemampuan terbang lebih baik. Maka dari itu, untuk menjaga berat badan Merpati tetap ideal, berikan daun pepaya secara rutin.

6. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh Merpati

Manfaat daun pepaya untuk Merpati terakhir yaitu dapat menjaga sistem kekebalan tubuhnya. Hampir mirip seperti manfaat ketumbar untuk Merpati, daun pepaya dipercaya mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Merpati sehingga mereka tidak mudah terserang penyakit dan bahkan membuatnya bertahan hidup lebih lama.

Cara Pemberian Daun Pepaya Untuk Merpati

Cara Pemberian Daun Pepaya Untuk Merpati

Setelah mengetahui beberapa manfaat daun pepaya untuk Merpati, selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana tata cara hingga waktu ideal pemberiannya. Secara garis besarnya, pemberian daun pepaya untuk burung Merpati sendiri dapat dilakukan berdasarkan tujuannya.

Namun, pada intinya pemberian daun pepaya untuk Merpati dapat dilakukan menjadi dua cara, yaitu pemberian secara langsung atau dijadikan sebagai air minum. Jika diberikan secara langsung, kalian bisa memotong daun pepaya menjadi kecil-kecil dan bentuk menjadi seukuran biji jagung kemudian berikan secara langsung.

Sementara jika dijadikan sebagai air minum Merpati, kalian bisa mengambil daun pepaya segar, kemudian peras dan ambil sarinya. Cara ini dapat dilakukan apabila burung Merpati kesayangan tidak mau memakan daun pepaya secara langsung.

Untuk waktu ideal pemberian daun pepaya untuk Merpati sendiri dapat dilakukan secara rutin dan konsisten apabila burung tidak mengeluarkan gejala aneh. Akan tetapi, jika Merpati mengeluarkan gerak-gerik aneh seperti tidak menyukai daun pepaya, maka sebaiknya hentikan pemberiannya.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa daun pepaya memiliki sejumlah kandungan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan burung Merpati. Selain itu, tata cara pemberian daun pepaya untuk Merpati sendiri tergolong sangat mudah sehingga dapat dilakukan oleh semua penggemarnya, entah itu bagi pemula ataupun senior.

Demikian sekiranya pembahasan dari Birdsny.com seputar manfaat daun pepaya untuk Merpati semua jenis dilengkapi dengan cara hingga waktu ideal pemberiannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin memberikan daun pepaya sebagai pakan tambahan bagi Merpati.

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.