Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

9 Manfaat Apel Untuk Kenari & Cara Pemberiannya!

Manfaat Apel Untuk Kenari
Advertisements

Manfaat Apel Untuk Kenari – Sebagaimana diketahui, Kenari merupakan salah satu jenis burung peliharaan yang mempunyai bulu-bulu indah sehingga enak dipandang. Selain itu, Kenari juga mampu mengeluarkan suara merdu sehingga seringkali diikutsertakan ke dalam lomba ataupun kontes.

Akan tetapi, agar bisa mendapatkan performa terbaik dari burung Kenari, tentunya pada pemilik perlu merawatnya dengan baik dan benar. Dimana tata cara perawatan Kenari sendiri tidak hanya didapatkan dari perawatan tubuh dan kebersihan kandang saja, namun juga dari segi pemberian pakannya.

Advertisements

Perlu diketahui, selain memberikan pakan utama, para pemilik Kenari juga seringkali memberikannya pakan tambahan atau ekstra fooding (EF) berupa apel. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya apel sendiri mempunyai cukup banyak kandungan gizi dan nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh Kenari.

Maka dari itu, apabila diantara kalian berencana untuk memberikan apel sebagai pakan tambahan bagi Kenari, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu beberapa manfaatnya. Untuk membantunya, kali ini kami akan memberikan penjelasan mengenai sejumlah manfaat apel untuk Kenari dilengkapi cara pemberiannya.

Kandungan Nutrisi Apel

Kandungan Nutrisi Apel

Sebelum pembahasan poin utama mengenai manfaat apel untuk Kenari lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu beberapa kandungan nutrisi dan gizi di dalamnya. Adapun sejumlah kandungan nutrisi dan gizi yang terdapat di dalam buah apel sebagai pakan tambahan bagi Kenari tersebut diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

  • Sejumlah vitamin seperti vitamin A, C, B1, B2, B3, B5, B6 serta B9.
  • Mineral seperti kalsium, magnesium, pottasium, zat besi hingga zinc.
  • Zat fitokimia sebagai antioksidan.
  • Serat yang tinggi.
  • Zat tanin.
  • Baron.
  • Flavoid.
  • Zat quercetin.
  • Asam D-glucaric.
  • Asam tartar.

Manfaat Apel Untuk Kenari

Manfaat Apel Untuk Burung Kenari
Advertisements

Setelah memahami beberapa kandungan gizi dan nutrisi di dalam buah apel, maka selanjutnya tinggal masuk ke pembahasan utama mengenai sejumlah manfaat ataupun khasiatnya. Daripada penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik beberapa manfaat buah apel untuk burung Kenari semua jenis berikut ini.

Advertisements

1. Sebagai Extra Nutrition Bagi Kenari

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, buah apel mempunyai cukup banyak kandungan gizi dan nutrisi. Sehingga bisa dikatakan bahwa buah ini bisa menjadi sumber nutrisi tambahan bagi Kenari. Dengan begitu, nantinya Kenari tidak hanya mendapatkan asupan nutrisi dari pabrikan terus, namun juga mendapatkannya dari pakan alami berupa apel.

2. Membantu Melancarkan Pencernaan Kenari

Manfaat apel untuk Kenari selanjutnya yaitu membantu dalam melancarkan sistem pencernaannya. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya buah apel sendiri mempunyai kandungan serat cukup tinggi. Dimana kandungan serat tersebut nantinya akan membantu sistem pencernaan Kenari menjadi lebih mudah.

3. Sebagai Pembersih Tenggorokan Kenari

Selain bagus untuk pencernaan, ternyata kandungan zat tanin di dalam buah apel juga sangat bagi untuk tenggorokan Kenari. Hal ini dikarenakan sejatinya zat tanin mampu berfungsi dalam membersihkan tenggorokan burung Kenari sehingga sangat bagus dalam mencegah suara serak.

4. Menjaga Kepadatan Tulang Kenari

Menjaga kepadatan tulang Kenari menjadi manfaat buah apel selanjutnya. Dimana mineral yang terkandung di dalam apel sangatlah tinggi, terutama kadar kalsium yang sangat bagus bagi kepadatan tulang Kenari. Salah satu manfaat kandungan mineral di dalam apel yaitu supaya kaki-kaki burung tidak mudah patah.

5. Menghindarkan Kenari dari Bakteri Jahat

Perlu diketahui, ternyata kadar zat asam yang bernama tartar di dalam buah apel sangat berguna untuk membunuh bakteri jahat yang terdapat di dalam bagian pencernaan Kenari. Maka dari itu, pemberian apel secara rutin mampu mencegah bakteri tidak bisa masuk dan menyerang Kenari.

6. Penguat Daya Tahan Tubuh Kenari

Kemudian manfaat apel untuk Kenari selanjutnya yaitu dari segi kandungan quercetin. Dimana kandungan tersebut berguna sebagai antioksidan untuk memperkuat daya tahan dan sistem kekebalan tubuh Kenari dari berbagai macam serangan penyakit. Untuk bisa mendapatkan hasil maksimal, sebaiknya berikan apel secara rutin.

7. Mempertajam Mata Kenari

Hampir sama seperti manfaat kangkung untuk Kenari, ternyata apel juga sangat berguna untuk mempertajam mata Kenari. Hal ini dikarenakan buah apel sendiri mengandung vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata. Jadi, pemberian apel sangat berguna untuk menjaga pandangan Kenari menjadi sehat dan tajam.

8. Menjaga Kesehatan Persendian Kenari

Selain mengandung vitamin A, buah apel juga mengandung beberapa vitamin lainnya, salah satunya yaitu vitamin B. Seperti diketahui, kandungan vitamin B di dalam apel sangat berguna untuk membantu dalam menjaga kesehatan persendian burung Kenari.

9. Meningkatkan Birahi Kenari

Manfaat apel untuk Kenari terakhir yaitu mampu meningkatkan birahi Kenari, khususnya Kenari jantan. Maka dari itu, tak jarang beberapa kicaumania yang memanfaatkan apel sebagai salah satu jenis pakan tambahan untuk membuat Kenari jantan ngisi ketika sedang dikawinkan dengan Kenari betina dalam proses budidaya.

Cara Pemberian Apel Untuk Kenari

Di atas sudah dijelaskan mengenai beberapa manfaat buah apel untuk semua jenis burung Kenari berdasarkan kandungan nutrisi dan gizi di dalamnya. Nah, selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana tata cara pemberian apel sebagai pakan tambahan bagi Kenari kesayangan di rumah.

Adapun tata cara hingga waktu ideal menyajikan buah apel sebagai pakan tambahan bagi Kenari tersebut diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

  1. Pertama-tama, pilihlah buah apel yang bagus, bisa dilihat pada bagian luarnya yang bersih, agak keras serta tidak busuk.
  2. Kemudian cuci hingga bersih lalu belah menjadi dua dan iris secukupnya atau dipotong dengan ukuran sedang.
  3. Setelah itu, silahkan gantung potongan apel tersebut di sangkar atau kandang Kenari.
  4. Perlu diingat, sebelum diberikan pada Kenari, sebaiknya apel dibersihkan terlebih dahulu dari bijinya. Hal ini dikarenakan menurut para ahli biji apel mengandung zat racun berbahaya.
  5. Ketika pada sore hari, buang sisa buah apel agar tidak mengundang serangga ataupun semut.

Kesimpulan

Demikian sekiranya penjelasan dari Birdsny.com seputar manfaat apel untuk Kenari berdasarkan kandungan nutrisi dan gizi dilengkapi dengan cara hingga waktu ideal pemberiannya. Semoga informasi di atas bisa dijadikan sebagai referensi ketika ingin memberikan apel sebagai pakan tambahan bagi Kenari.

Sumber gambar : liputan6.com, sciencenews.org

Advertisements
Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *